Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Peran HRD Untuk Mendukung Finansial Perusahaan

08 March 2018
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Aini Nadiva, M. Psi
Peran HRD Untuk Mendukung Finansial Perusahaan

Financial Matter merupakan tangible asset yang bersifat kritikal dalam melakoni sebuah bisnis. Para pelaku bisnis pasti memikirkan cara bagaimana kondisi finansial mereka dapat terus memenuhi kebutuhan operasional dan perkembangan perusahaan. Hanya saja, framework seperti itu sudah tidak lagi berlaku sekarang. Tidak hanya tangible asset seperti financial matter yang menjadi centre point dalam mendukung perkembangan perusahaan, namun masih terdapat asset lain yang belum disadari para pelaku bisnis, yaitu Human Resource Development (HRD) sebagai intangible asset.

Seperti yang kita ketahui, professional HRD banyak dipandang sebelah mata oleh para pelaku bisnis. Hasil studi menunjukkan bahwa seringkali peran HRD tidak dilibatkan dalam evaluasi realisasi anggaran perusahaan pada akhir tahun. Fokus mereka lebih kepada realisasi omzet, laba rugi, nilai pendapatan, dan lain sebagainya. Aspek HRD seringkali dikesampingkan, padahal HRD juga dapat memberikan kontribusi guna mendukung finansial perusahaan. Masih ingatkah Anda dengan istilah 5 M, sebagai unsur-unsur dasar sebuah perusahaan yang harus diperhatikan? 5M tersebut terdiri dari Man, Machine, Material, Money, dan Methode.

Dari kelima unsur diatas, unsur pertama adalah Man, dimana kita mengetahui bahwa HRD merupakan penanggung jawab utama dari unsur tersebut. Artinya, peran HRD dapat memberikan kontribusi perusahaan, yaitu pada unsur Man dalam 5M, karena peran HRD-lah yang mencari, me-maintance, dan mengevaluasi kemampuan para karyawan perusahaan. Pertanyaannya adalah, bagaimana bentuk kontribusinya? Berikut ini akan dijelaskan peran dari HRD untuk finansial perusahaan:

    1.Penetapan Struktur Organisasi dan Job Description

    Struktur Organisasi dan Job Description adalah pondasi penting dalam menjalankan operasional perusahaan. Dengan adanya kedua hal tersebut, akan mempermudah karyawan dalam melakukan tugas koordinasi, tanggung jawab dan wewenang masing-masing. Dampaknya adalah karyawan menjadi paham output pekerjaan apa yang harus diselesaikan.

    Jadi, apa dampaknya untuk finansial perusahaan?

    Dengan adanya kejelasan garis koordinasi, tugas, dan tanggung jawab, perusahaan tidak banyak membuang waktu untuk mengarahkan karyawannya dan dapat lebih fokus dalam merencanakan strategi yang bisa berdampak pada omset perusahaan guna meningkatkan kondisi finansial perusahaan.

    2.Proses Recruitment

    Sebagaimana yang telah kita ketahui, pada saat perusahaan membutuhkan kandidat untuk menduduki suatu jabatan, mereka akan meminta bantuan HRD melakukan proses recruitment. Dalam proses recruitment, semaksimal mungkin akan mencari kandidat yang potential, dengan harapan dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab secara maksimal sesuai target yang diharapkan. Contohnya ketika perusahaan membutuhkan Staff Sales dan HRD bisa mendapatkan kandidat dengan kompetensi sesuai dengan harapan, maka dalam menjalankan tugas penjualan kandidat tersebut akan mudah mencapai target omzet. Hal tersebut tanpa kita sadari dapat berpengaruh pada finansial perusahaan.

    3.Penetapan Key Performance Indicator (KPI)

    Tidak banyak pelaku bisnis menyadari pentingnya penetapan KPI untuk perusahaan, dan HRD-lah yang menjadi fasilitator penting dalam menyusun KPI perusahaan. KPI adalah salah satu alat ukur dalam menetapkan target baik untuk perusahaan maupun karyawan. Dengan adanya penetapan KPI dapat memicu seluruh karyawan untuk mengupayakan kinerja terbaik guna mencapai target yang ditetapkan perusahaan. Dengan demikian, apabila karyawan mampu mencapai target, akan berdampak pada peningkatan produktivitas perusahaan, yang mengarah pada peningkatan finansial perusahaan.

Dari penjelasan yang telah dijabarkan di atas, dapat kita ketahui peran HRD memiliki kedudukan penting bagi financial matter perusahaan. Tanpa kontribusi HRD, perusahaan akan menjadi kesulitan dalam mengelola, mengembangkan, dan mempertahankan unsur Man sebagai intangible asset perusahaan yang dapat berpengaruh pada peningkatan produktivitas guna memaksimalkan kondisi finansial perusahaan.

   For Further Information, Please Contact Us!