Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

CQI : Program Penanganan Kesehatan Yang Mendongkrak Produktivitas Di Segala Bidang

04 May 2015
Category: PRODUCTIVITY AND QUALITY
Penulis:         Fajar Rianto, S.T.
CQI : Program Penanganan Kesehatan Yang Mendongkrak Produktivitas Di Segala Bidang

Jika kita mendengar kalimat Continuous Quality Improvement maka dalam pikiran kita tentu langsung tertuju pada usaha-usaha perbaikan kualitas yang dilakukan secara terus menerus dan ini bisa berlaku di semua bidang pekerjaan mulai dari sekolah/kampus, perkantoran, pabrik/manufaktur atau apapun itu.Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya CQI (Continuous Quality Imptovement) secara ‘resmi’ hanya diperuntukkan bagi satu usaha tertentu yaitu Perawatan Kesehatan?

WHO mendefinisikan Continuous Quality Improvement (CQI) sebagai proses yang: ".....dibutuhkan oleh Tenaga Kerja Kesehatan yang harus jelas tentang arah kerja mereka untuk mengetahui perubahan yang akan mengarah pada perbaikan dan untuk mengetahui bagaimana mengevaluasi usaha mereka agar perbaikan yang dilakukan berikutnya masih berkesinambungan dengan apa yang sedang atau akan dikerjakan saat ini. Selain itu, hal itu mensyaratkan mereka untuk menerjemahkan bukti dari upaya-upaya perbaikan yang telah mereka lakukan sendiri ataupun yang telah dilakukan orang lain ke dalam tindakan yang nyata.... ".

Artinya dalam konteks ini jelas bahwa CQI memang dibentuk untuk lingkup kerja organisasi/perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan, misalnya rumah sakit ataupun poli kesehatan yang lain. Nah, hal pokok yang membedakan rumah sakit dengan industri manufaktur atau yang lainnya adalah tentang produk yang dihasilkan. Produk dari rumah sakit adalah jasa ‘pengerjaan tubuh manusia’ sedangkan produk dari manufaktur adalah barang sehingga beberapa konsep dari CQI tidak bisa diterapkan dalam industri manufaktur. Namun apakah yang bisa didapatkan oleh dunia industri non medis dari program-program CQI??

Sederhananya, CQI adalah filsafat yang mendorong semua anggota tim perawatan kesehatan untuk terus-menerus bertanya: "Bagaimana kita lakukan?" dan "Bisakah kita melakukannya lebih baik?" Lebih khusus lagi, bisakah kita melakukan itu lebih efisien? Bisakah kita lebih efektif? Bisakah kita melakukannya lebih cepat? Dan bisakah kita melakukannya dengan cara yang lebih tepat waktu? Sederetan pertanyaan diatas sangat baik jika ditujuan kepada pelaku bisnis apapun yang ingin mendongkrak kualitas produk dan produktifitasnya.

CQI lebih berfokus pada "proses" daripada individu, mengakui internal dan eksternal faktor dan meningkatkan kebutuhan untuk tujuan data analisis untuk meningkatkan proses.CQI adalah sebuah filosofi yang berpendapat bahwa kebanyakan hal dapat ditingkatkan. Filosofi ini menentang pendapat bahwa "jika tidak rusak, jangan perbaiki." Inti dari CQI adalah serial eksperimen (metode ilmiah) yang diterapkan untuk pekerjaan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan layanan. Dalam melaksanakan inisiatif CQI apapun, praktek atau tindakan yang dilakukan harus mempertimbangkan tiga komponen yaitu Struktur, Proses, dan Hasil.

Diagram-1:CQI Framework Model

   For Further Information, Please Contact Us!