Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

SEBERAPA PENTING QUALITY ASSURANCE BAGI JASA AUDIT??

08 December 2017
Category: AUDIT
Penulis:         Lujain Ayu Astuty, S.E.
SEBERAPA PENTING QUALITY ASSURANCE BAGI JASA AUDIT??

Saat ini jasa akuntan publik berkembang sangat pesat. Berkembangnya jasa akuntan publik ini tidak terlepas dari pengaruh kegiatan ekonomi yang semakin maju dan mengharuskan entitas untuk menjelaskan prinsip akuntabilitas maupun transparansinya. Sehingga kantor akuntan publik dituntut untuk memberikan kualitas yang baik atas jasanya. Agar jasa audit yang diberikan berkualitas, kantor akuntan publik membutuhkan quality assurance.

Apa itu Quality Assurance?

Menurut para ahli quality assurance secara garis besar adalah profesi atau bagian dari sebuah perusahaan yang menjalankan fungsi monitoring, uji tes, dan memeriksa semua proses yang terlibat dalam produksi suatu produk. Quality assurance adalah orang-orang kepercayaan perusahaan yang bertugas untuk memastikan standar kualitas suatu produk yang diproduksi oleh perusahaan tersebut.

Jika dikaitkan dengan kantor akuntan publik yang memberikan jasa audit pada suatu entitas maka quality assurance merupakan bagian dari kantor akuntan publik yang menjalankan fungsi monitoring hingga memastikan bahwa hasil audit telah sesuai dengan prosedur dan sesuai standar kualitas berlaku. Dengan kata lain, quality assurance merupakan pemberi jaminan bahwa hasil audit yang diberikan berkualitas.

Bagaimana Quality Assurance dilakukan?

Qulity assurance bisa dilakukan dengan supervisi. Supervisi yang dimaksud adalah proses kontinyu dan difokuskan pada evaluasi atas setiap penugasan atau bagian dari pekerjaan penugasan audit. Supervisi memberikan kepastian bahwa pekerjaan audit telah sesuai dengan apa yang diharapkan. Di samping itu, supervisi juga dimaksudkan untuk menilai keputusan (judgment), simpulan, maupun metodologi atau pendekatan audit yang digunakan.

Dalam melakukan supervisi jangan hanya sekedar pengecekan mekanis dari suatu proses pekerjaan audit, melainkan lebih merupakan evaluasi atas kepatutan suatu hasil audit. Supervisi dilakukan untuk memastikan, antara lain:

    ·Pekerjaan audit direncanakan dengan baik dan memadai

    ·Ruang lingkup audit sesuai dengan tujuan dan sasaran audit

    ·Rekomendasi didukung oleh bukti factual

    ·Staf audit mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang memadai

    ·Kegiatan audit telah mendapatkan bukti-bukti audit yang cukup dan kompeten

    ·Dalam merumuskan simpulan, auditor telah memperhatikan faktor-faktor yang menguatkan dan faktor-faktor yang melemahkan secara seimbang dan tepat

Mengapa Quality Assurance diperlukan dalam audit?

Ikatan Akuntan Indonesia menyatakan bahwa audit yang dilakukan auditor dikatakan berkualitas jika memenuhi standar auditing dan standar pengendalian mutu. Untuk memenuhi standar audit dan standar pengendarian mutu, quality assurance dibutuhkan dalam rangka mengevaluasi serta memonitor hasil audit sebelum diserahkan ke pengguna jasa. Hal tersebut berguna untuk memastikan agar laporan audit yang dihasilkan sudah sesuai dengan standar dan telah dilakukan sesuai prosedur yang seharusnya. Untuk itu quality assurance sangat dibutuhkan dalam pemberian jasa audit untuk menjaga kualitas audit.

   For Further Information, Please Contact Us!