Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

Akuntansi, Seberapa Pentingkah Pengaruhnya Dalam Dunia Bisnis?

03 November 2017
Category: ACCOUNTING
Penulis:         Arief Dharmawan, S.E.
Akuntansi,  Seberapa Pentingkah Pengaruhnya Dalam Dunia Bisnis?

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kesejahteraan pemiliknya.

Pengertian Akuntansi secara umum adalah suatu proses mencatat, meringkas, mengolah, mengklasifikasi dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh pihak yang berkepentingan untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya. Akuntansi sering disebut sebagai bahasa bisnis atau lebih tepatnya sebagai bahasa pengambil keputusan. Pihak yang berkepentingan dalam perusahaan, seperti manajer, calon investor, maupun kreditur akan mempertimbangkan keputusan yang digunakan dengan mempelajari informasi akuntansi yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

Lalu, seberapa pentingkah informasi akuntansi ini dalam dunia bisnis? Hal tersebut dapat terjawab ketika seorang akuntan menjalankan peranannya dalam menyajikan informasi akuntansi. Yang pertama, peran akuntansi sebagai alat evaluasi perusahaan. Dalam hal ini, laporan akuntansi yang dibuat oleh suatu perusahaan berguna dalam menunjukkan kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya. Dengan informasi tersebut, maka pihak yang berkepentingan akan melakukan evaluasi terhadap kinerja perusahaan tersebut. Dengan hasil evaluasi tersebut, laporan tersebut juga berguna untuk planning perusahaan kedepannya.

Yang kedua, laporan akuntansi yang dihasilkan oleh seorang akuntan bisa menjadi media komunikasi antar manajemen, dengan pengguna informasi dan merupakan bentuk pertanggungjawaban manajemen kepada shareholder. Seorang akuntan akan menyajikan report kinerja keuangan perusahaan. Dari situ, shareholder memperoleh gambaran apabila dari laporan keuangan yang bernilai positif pada akhirnya dapat memberikan keuntungan yang sepadan dengan nilai yang diinvestasikannya.

Yang terakhir, akuntansi juga berhubungan dengan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) yang berperan dalam mengumpulkan dan menyimpan segala macam aktivitas ekonomi. Sistem Informasi Akuntansi akan memproses data aktivitas transaksi menjadi sebuah informasi yang dapat diolah dalam proses pengambilan keputusan dan pengontrolan terhadap aset yang dimiliki perusahaan. Oleh karena itu, sistem informasi akuntansi yang baik diperlukan dalam menghasilkan informasi yang relevan dan tepat. Sistem Informasi Akuntansi yang baik dapat digunakan oleh perusahaan dalam pengambilan keputusan.

Dari beberapa penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa akuntansi memiliki peranan penting dalam bisnis. Oleh karena itu, seorang akuntan memiliki peranan penting dalam perkembangan perusahaan. Seorang akuntan yang menghasilkan laporan akuntansi memiliki pengetahuan dalam menilai kinerja dan kondisi ekonomi perusahaan dan hal tersebut dapat berguna bagi kelangsungan hidup perusahaan dan juga sebagai salah satu instrumen bagi manajemen dalam pengambilan keputusan.

   For Further Information, Please Contact Us!