Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

KENALI LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN ANDA

14 June 2017
Category: MANAGEMENT SYSTEM
Penulis:         Evelyn Sharlica, S.Ak.
KENALI LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN ANDA

Mengenal perusahaan anda dengan baik merupakan tanggung jawab bagi seluruh orang yang menjalakan usaha tersebut, terutama untuk manajemen yang mempunyai kendali dan peran terhadap perusahaan, makaanda wajib dan berhak untuk mengetahui laporanyang dihasilkan oleh perusahaan yang anda pimpin. Terutama untuk Laporan Keuangan, mengapa demikian? Karena laporan yang dihasilkan perusahaan merupakan acuan perusahaan anda untuk dapat berkembang dan maju.

Untuk itu poin penting yang wajib ditanyakan untuk perusahaan anda adalah :

1.pertama, kenali terlebih dahulu apa saja laporan keuangan yang dapat dihasilkan maupun wajib dihasilkan untuk perusahaan anda?

2.Kedua, Apa manfaat dari laporan keuangan yang dihasilkan dari perusahaan anda?

3.Dan kemudian Dapatkah perusahaan anda berkembang dari laporan keuangan yang dihasilkan dari perusahaan anda?

Apa saja laporan keuangan yang dapat dihasilkan oleh perusahaan? Apa manfaatnya? Seperti yang kita ketahui bahwa dalam sebuah perusahaan untuk mempermudah perusahaan membuat laporan adalah diperlukannya pencatatan yang baik agar laporan yang dihasilkanpun dapat diyakini benar. Berikut terdapat 3 (tiga) laporan penting yang seharusnya wajib diterbitkan oleh perusahaan, diantaranya terdapat laporan :

-Neraca

Neraca atau dalam bahasa inggris disebut Balance Sheet atau Statement Financial , dalam definisi akuntansi, laporan neraca adalah bagian laporan keuangan yang mencatat informasi mengenai aset, kewajiban pembayaran pada pihak-pihak yang terkait dengan operasional perusahaan dan tentunya modal. Seperti definisi dari Neraca tersebut, Neraca sendiri mempunyai 3 (tiga) bagian utama, yaitu Aset, Kewajiban dan Modal. Neraca juga harus seimbang (Balance) tidak boleh jika aset lebih besar daripada kewajiban.

jika dilihat dari gambar diatas Neraca dirumuskan dengan Aset = Kewajiban + Modal. Suatu perusahaan dapat menjadikan Neraca sebagai informasi mengenai aset yang dimiliki oleh perusahaan.

-Laba Rugi

Laporan Laba Rugi atau disebut dalam bahasa inggris sebagai Income Statement, dan merupakan salah satu dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan dalam suatu periode akuntansi yang menjabarkan tentang pendapatan dan beban dalam perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba ataupun rugi bersih. Kemudian unsur-unsur yang ada dalah laporan laba rugi adalah pendapatan yang didapatkan dari perusahaan, harga pokok penjualan, beban usaha, penghasilan ataupun biaya lain-lain. Kemudian, bagaimana si bentuknya?

Nah, dari gambar diatas maka dapat dilihat bahwa Pendapatan akan dikurangkan dengan harga pokok penjualan sehingga menghasilkan laba kotor perusahaan, dan total dari biaya operasional akan mengurangi dari laba kotor sehingga menghasilkan laba usaha. Sedangkan menghasilkan laba bersih maka Laba Usaha ditambahkan dengan pendapatan lain-lain (jika terdapat biaya lain-lain maka akan jadi pengurang) dan bunga serta dikurangkan dengan Pajak. Manfaatnya apa si dari laporan laba rugi ini? Dari namanya saja kita juga bisa menyimpulkan, yaitu untuk mengetahui laba atau rugikan perusahaan yang sedang dijalankan.

ยทLaporan Arus Kas

Laporan Arus Kas (Cash Flow) adalah salah satu dari Laporan Keuangan yang menunjukkan aliran masuk dan keluarnya uang perusahaan. Unsur dari Laporan Arus Kas ini adalah Arus Kas yang berasal dari kegiatan usaha, kegiatan investasi, dan pendanaan. Kemudian Apa si manfaat adanya Arus Kas ini?Laporan Arus Kas ini adalah sebagai sumber informasi untuk mengetahui indikator jumlah arus kas dimasa yang akan datang serta taksiran arus kas yang telah dibuat sebelumnya, sebagai alat pertanggungjawaban arus kas masuk dan arus kas keluar selama periode pelaporan, dan sebagai evaluasi perubahan kekayaan bersih/ ekuitas dana entitas pelaporan.

Jadi kesimpulannya, mengenali laporan yang ada pada perusahaan adalah penting dan harus, seperti yang dibahas diatas mengenai manfaat dari neraca, laba rugi dan arus kas karena sebagai tolak ukur ataupun evaluasi perusahaan untuk dapat maju dan berkembang.

   For Further Information, Please Contact Us!