Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

HOW TO BE A GREAT LEADER

06 June 2017
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Dian Khalisha, S.M.
HOW TO BE A GREAT LEADER

“The Strength of The Group is The Strength of The Leaders” – Vince Lombardi

Kalimat tersebut sudah banyak diketahui oleh para pelaku bisnis, khususnya pemimpin baik level koordinator, supervisor, ataupun manajer. Namun, diantara pemimpin tersebut, ada beberapa yang masih tidakmemahami maknanya, bahkan mungkin belum berupaya untuk mengaplikasikan dalam kehidupan kerja sehari-hari.

Hal ini merupakan fenomena yang harus mulai kita sadari dan perhatikan. Keberhasilan dari sebuah tim bergantung pada bagaimana leader yang mengepalainya. Jika kita ingin tim berhasil, maka kita harus berupaya untuk menjadi leader yang baik.

Bagaimana cara menjadi leader yang baik?

Kouzes dan Posner, menyampaikan 5 Practices of Exemplary Leadership, yang sekaligus menjadi tuntutan dan tantangan bagi seorang leader, antara lain:

  1. Model the way. Seorang pemimpin harus bisa menjadi contoh bagi tim nya. Karena apa yang ia lakukan, merupakan perhatian bagi tim. Jika leader tidak bisa memberi contoh yang baik dalam bekerja, tentu saja tim akan kesulitan untuk melakukan hasil kerja yang baik pula.
  2. Inspire a shared vision. Pemimpin yang baik harus bisa menjadi petunjuk bagi tim nya. Mereka harus menunjukkan bagaimana yang benar, dan bagaimana yang salah. Selain itu juga memberikan arahan terhadap potensi kendala yang akan dihadapi sehingga membentuk kesiapan bagi tim dalam melaksanakan kerja
  3. Challenge the process. Seorang pemimpin harus dapat melihat proses sebagai sebuah tantangan untuk mencapai keberhasilan. Rangkul tim untuk bersama-sama melalui proses kerja, kendala, maupun rintangan, sehingga dapat melampaui proses tersebut dengan maksimal dan meraihtujuan yang diharapkan bersama.
  4. Enable others to act. Pemimpin yang baik tentu menyadari bahwa keberhasilan sebuah tim tidak akan tercapai tanpa dukungan anak buah yang dikelolanya. Oleh karena itu, seorang pemimpin yang baik tentu akan mendorong anak buahnya untuk berperan secara aktif dalam operasional kerja, menerima segala masukan dan aspirasi karyawan, serta memberikan kesempatan kepada tim untuk mengeksplor apa yang dimiliki.
  5. Encourage the heart. Pemimpin yang baik akan mensupport segala tindakan positif yang dilakukan tim nya. Mereka akan memberikan semangat dengan tulus, dan ketika tim berhasil, ia menyadari bahwa keberhasilan tersebut tidak akan dapat diraih tanpa keberadaan tim, bukan mengharapkan pujian untuk diri sendiri.

5 Practices of Exemplary Leadershipmerupakan dasar yang harus diperhatikan dan diterapkan oleh seorang pemimpin. Dengan menerapkan kelima poin tersebut, maka bawahan akan percaya kepada kita serta terdorong untuk bersama-sama melakukan kinerja terbaik guna meraih keberhasilan pencapaian tujuan tim.

   For Further Information, Please Contact Us!