Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Operational Audit

21 February 2017
Category: AUDIT
Penulis:         Cindy Westefina Tatiwakeng, S.E. Ak
Operational Audit

Sasaran utama pelaksanaan pekerjaan operasional audit adalah meyakinkan bahwa praktik-praktik operasi perusahaan sudah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dengan kondisi yang efektif, efisien, dan ekonomis.Untuk mencapai sasaran tersebut, pemeriksaan harus mencankup struktur organisasi, rencana-rencana yang ada, kebijaksanaan-kebijaksanaan, metode operasional dan penggunaan sumber daya secara fisik dan sumber-sumber keuangan. Pada prinsipnya, evaluasi yang dilakukan terhadap manajemen adalah bahwa manajemen telah melaksanakan 3 E’s dengan memperhatikan objektivitas berikut:

  • Efektivitas: menyelesaikan sasaran yang dipilih setelah mempertimbangkan alternatif yang ada.
  • Efisiensi: menyelesaikan sasaran dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia dengan biaya yang serendah mungkin.
  • Ekonomis: menghapuskan/menghindari pemborosan dan duplikasi pekerjaan.

Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan operational audit tidak banyak perbedaan dalam konsep dengan financial audit.

Pelaksanaan operational audit yang dibatasi oleh 3 E’s adalah sebagai berikut:

  • Efektivitas: tindakan uatama yang harus dilakukan dalam operasional audit adalah meyakinkan bahwa target perusahaan telah dicapai: bahwa perusahaan telah dijalankan dengan efektif. Jika sasaran tidak tercapai, analisis keadaan dan untuk memperbaiki masalah yang ada dan masalah khusus harus disampaikan secara tertulis kepada manajemen dalam bentuk laporan audit.
  • Efisiensi: meyakinkan bahwa operasi perusahaan telah dijalankan dengan efisien, dengan cara me-review control system atas semua objek yang memengaruhi tercapainya sasaran perusahaan. Misalnya, usaha sedang baik, praktik yang sehat, staf yang berpengalaman, dan hal lain yang berpengaruh secara umum terhadap jalannya perusahaan. Jika operasi perusahaan tidak efisien, maka penyebabnya harus segera dianalisis dan harus dibuat rekomendasi untuk memperbaiki sistem tersebut.
  • Ekonomis: menentukan tingkat ekonomis dari perusahaan yang diperiksa, yang dilihat dari sudut pandang auditing, dan harus bersifat jangka panjang.

Operational audit terhadap suatu perusahaan bisa sangat efektif dan efisien tetapi tidak ekonomis untuk jangka panjang. Evaluasi harus dilakukan untuk rencana jangka panjang yang dibuat oleh Executive Manajemen.

Adapun manfaaat yang dapat diperoleh dengan adanya aduit operasional menurut Tunggal (2000: 14-15) adalah:

  1. Memberi informasi operasi yang relevan dan tepat waktu untuk pengambilan keputusan
  2. Membantu manajemen dalam mengevaluasi catatan, laporan-laporan dan pengendalian\
  3. Memastikan ketaatan terhadap kebijakan manajeerial yang ditetapkan, rencana-rencana, prosedur serta persyaratan peraturan pemerintah.
  4. Menigidentifikasi area masalah potensial pada tahap dini untuk menentukan tindakan preventif yang akan diambil
  5. Menilai ekonomimsasi dan efisiensi penggunaan sumber daya termasuk memperkecil pemborosan.
  6. Meniliai efektivitas dalam mencapai tujuan dan sasaran perusahaan yang telah ditetapkan
  7. Menyediakan tempat pelatihan untuk personil dalam seluruh fase operasi perusahaan.

   For Further Information, Please Contact Us!