Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Pentingkah Sistem Administrasi Bagi Usaha Anda?

26 April 2016
Category: MANAGEMENT SYSTEM
Penulis:         Evelyn Sharlica, S.Ak.
Pentingkah Sistem Administrasi Bagi Usaha Anda?

Setiap bidang usaha memiliki sistem administrasi yang berbeda-beda tergantung pada usaha yang dijalankannya, namun pada prinsipnya sistem administrasi di setiap perusahaan adalah untuk kelancaran kinerja perusahaan. Secara umum, dapat dikatakan bahwa administrasi itu dapat dilaksanakan jika banyak orang yang berkepentingan terhadap administrasi itu sendiri. Kemudian ciri-ciri yang melekat pada sistem administrasi itu sendiri adalah: Terdapat kerjasama, Terdapat proses atau usaha, Terdapat bimbingan, kepemimpinan, pengawasan serta tujuan.

Setiap perusahaan pasti menuntut karyawannya agar dapat bekerja dengan baik dan dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan, karena itu setiap perusahaan pasti mempunyai strategi untuk menjalankan administrasinya pada setiap bagian dalam perusahaan. Untuk mendukung strategi dari administrasi itu sendiri, Fungsi dari Administrasi adalah:

    1.Planning (Perencanaan)

    Dalam kegiatan administrasi pasti memerlukan perencanaan yang baik, seperti pengumpulan data dimana dalam mengumpulkan data pasti diperlukan sistem administrasi yang baik.

    2.Organizing (Pengorganisasian)

    Kegiatan-kegiatan organisasi pasti membutuhkan administrasi, seperti penetapan petugas/pekerja.

    3.Staffing

    Penetapan tenaga kerja sesuai dengan bidang dan keahliannya agar dapat menambah nilai bagi perusahaan.

    4.Directing (Pengarahan)

    Memberikan bimbingan dan pengarahan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

    5.Coordinating

    Pengkoordinasian dimana seluruh kepentingan perusahaan dapat terlaksanakan sesuai dengan tujuan.

    6.Reporting

    Cara untuk memberikan informasi dari apa yang telah dilakukan sebagai pertanggungjawaban.

    7.Budgeting

    Perencanaan hingga perhitungan keuangan perusahaan serta pengawasan yang dilakukan.

    Fungsi dari administrasi itu sendiri diyakini dapat memperlancar kinerja perusahaan, banyak hal yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk dapat melakukan sistem administrasinya dengan baik, misalnya saja membuat struktur organisasi untuk membantu perencanaan dan pengaturan kegiatan perusahaan, dimana terbentuk rangkaian pertanggungjawaban. Kemudian yang menjadi pertanyaan setelah kita melakukan sistem administrasi dengan baik.

    Apa manfaat dari sistem administrasi bagi perusahaan?

  1. Mendapatkan informasi atas kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan.
  2. Mendapatkan data yang akurat yang dapat membantu manajemen dalam mengambil keputusan.
  3. Mendapatkan informasi atas perkembangan perusahaan.
  4. Dapat membantu masing-masing bagian dalam menjalankan pekerjaannya.

Kesimpulannya adalah sebelum menggerakkan proses usahanya, seharusnya para pemilik perusahaan/pengusaha harus memahami sistem administrasinya dan organisasinya terlebih dahulu. Dengan demikian usaha tersebut dapat dikembangkan dengan baik. Kenyataan pada umumnya banyak orang beranggapan bahwa sistem administrasi adalah pekerjaan yang mencatat-catat saja yang justru menghambat dalam kegiatan operasional. Namun anggapan adalah salah, karena setiap kerjasama yang terjadi dalam organisasi tidak terlepas dari kegiatan administrasi.Dan bisa dikatakan bahwa bilamana sistem administrasi tidak berjalan dengan baik semua pekerjaan tidak akan berjalan dengan lancar dan sebaliknya bila sistem administrasi berjalan dengan baik maka semua pekerjaan dalam setiap bagian akan berjalan dengan lancar. Jadi, seberapa penting sistem administrasi bagi perusahaan Anda? Jawabannya adalah penting demi kelancaran proses usaha Anda.

   For Further Information, Please Contact Us!