Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

STRATEGI MARKETING UNTUK BISNIS JASA

22 March 2016
Category: ACCOUNTING
Penulis:         Fenny Wati Sofyan, S.E.
STRATEGI MARKETING UNTUK BISNIS JASA

Bisnis jasa merupakan bisnis yang menjual layanan kepada para konsumen yang membutuhkan. Berbeda dengan bisnis yang menjual barang, bisnis jasa menyediakan produk yang tidak berwujud dan tidak menyebabkan kepemilikan apapun bagi konsumen yang menggunakannya. Jika bisnis produk atau barang dapat dimiliki konsumen setelah terjadi transaksi, bisnis jasa hanya bisa memberikan kualitas pelayanan yang diharapkan pelanggan setelah mereka melakukan transaksi walaupun tidak dapat memilikipelayanan tersebut seterusnya.

Dalam melakuan marketing untuk bisnis jasa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu:

1. Memberikan pelayanan secara efisien.

Dengan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat sesuai dengan harapan klien, secara tidak langsung mampu mempengaruhi klien untuk kembali lagi menggunakan jasa yang kita tawarkan.

2.Peran staff membangun citra

Staf merupakan wujud nyata dari orang yang akan menjalankan jasa yang akan ditawarkan. Untuk itu, dibutuhkan kinerja staff yang baik untuk dapat menentukan citra dari perusahaan. Apabila citra perusahaan baik, maka klien akan percaya terhadap jasa yang ditawarkan.

3. Persaingan Harga

Tinggi rendahnya harga yang ditawarkan sebaiknya di sesuaikan dengan besar kecilnya manfaat yang diperoleh klien dari produk jasa yang kita tawarkan. Semakin besar manfaat atau nilai yang dirasakan konsumen, semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan klien. Hal ini juga harus di bandingkan dengan pesaing sejenis.

4. Perkembangan teknologi dan inovasi

Untuk menghasilkan produk jasa yang mampu memberikan solusi terbaik bagi para klien, tidak ada salahnya konsulan juga mengikuti teknologi dan inovasi yang sedang berkembang. Dengan teknologi yang semakin maju, kita juga bisa memberikan pelayanan yang cepat bagi klien dan juga solusi bisnis yang komprehensif.

5.Penyesuaian budaya yang berkembang

Peluang pasar bisnis jasa juga dipengaruhi dengan budaya yang berkembang saat ini. Hal ini harus bisa dipahami dan dimanfaatkan sebagai peluang bisnis yang ditawarkan kepada klien.

Strategi pemasaran untuk bisnis jasa, antara lain:

    1.Mencari database Klien

    Point pertama ini adalah poin yang cukup sulit, apalagi harus memulai dari awal. Langkah yang dapat dilakukan adalah dengan cara mencari data-data perusahaan yang ada di website internet. Pada umumnya, saat ini semua perusahaan terutama perusahaan yang cukup besar sudah memanfaatkan internet. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan putus asa untuk selalu mencari database yang baru.

    2.Melakukan Pendekatan kepada calon klien

    Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pendekatan kepada calon klien, antara lain adalah dengan mengadakan pertemuan atau juga melalui telepon. Seringkali calon klien sudah jenuh jika dilakukan follow up atau penjelasan mengenai jasa melalui telepon. Oleh karena itu, sebisa mungkin dilakukan pertemuan dengan calon klien apalagi jika jasa yang kita tawarkan cukup besar.

    3.Menggunakan Internet Marketing

Salah satu strategi pemasaran yang sedang gencar dilakukan ialah internet marketing. Dengan menampilkan jasa yang ditawarkan pada situs jejaring sosial, maka calon klien juga dapat melihat apa yang ditawarkan. Selain itu, kita juga dapat melihat pesaing kita menawarkan jasa apa saja. Hal ini bertujuan agar kita aware bahwa semakin hari, bisnis jasa juga berkembang. Kita harus dapat menjadi lebih baik dari apa yang pesaing tawarkan.

Demikian strategi marketing yang dapat dicoba untuk bisnis jasa. Ingat, dalam menjual bisnis jasa yang perlu diperhatikan adalah “CITRA PERUSAHAAN”. Untuk itu, jangan sekali-kali membuat citra perusahaan menjadi buruk karena pasti akan berdampak pada pendapatan perusahaan juga.

   For Further Information, Please Contact Us!