Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Nyaman

19 December 2015
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Ursula Maghfiro, S.M
Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Nyaman

Tanpa disadari bahwa rata-rata dalam satu hari kita menghabiskan 50% waktu di tempat kerja. Oleh sebab itu lingkungan kerja menjadi salah satu aspek penting yang perlu dikelola dengan baik supaya siapa saja yang berada didalamnya dapat merasa nyaman dan menunjang untuk perform secara maksimal.

Berbicara tentang lingkung kerja bukanlah merupakan sesuatu yang baru. Berbagai kajian teori dan penelitian tentang lingkungan kerja sebenarnya sudah ada sejak tahun 1930an dengan tokoh legenda seperti Mayo dan Stephen Robbin. Lingkungan kerja adalah tempat dimana kita melakukan pekerjaan dan rutinitas kita sehari-sehari. Selanjutnya lingkungan kerja ini terbagi menjadi dua jenis yaitu lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik. Lingkungan kerja fisik dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang berada disekitar tempat kerja kita yang berwujud fisik misal, kondisi suhu ruangan, pencahayaan, kebersihan dan lain sebagainya. Sedangkan lingkungan kerja non fisik dapat kita artikan sebagai segala keadaan yang berkaitan dengan hubungan kerja misal, hubungan dengan rekan kerja, hubungan dengan atasan dan sebagainya.

Selanjutnya yang menjadi pertanyaan adalah mengapa lingkungan kerja menjadi salah satu aspek yang penting?

Sumber: AISEC, Vietnam Youth Speak 2014

Dari hasil survey tersebut dapat kita ketahui bahwa faktor lingkungan menjadi aspek terpenting bagi generasi Y untuk memilih perusahaan tempat mereka bekerja. Jika kita lihat dari kondisi sekarang, jumlah generasi Y yang ada dalam perusahaan sudah mendominasi jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Generasi Y inilah yang nanti akan menjadi bussiness driver dari sebuah perusahaan. Bahkan sudah tidak sedikit lagi perusahaan-perusahaan yang mulai menyiapkan generasi Y yang bertalenta untuk menjadi leader masa depan penerus perusahaan.

Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bukan berarti harus memenuhi segala fasilitas yang diinginkan oleh karyawan tetapi lebih mengarah kepada bagaimana perusahaan dan karyawan yang ada didalamnya memiliki kesadaran untuk dapat mengelola lingkungan fisik dan non fisik secara seimbang. Misal untuk lingkungan fisik dilakukan pengecekkan secara berkala atas kelayakan sarana prasaran kerja yang digunakan. Sedangkan untuk lingkungan non fisik perusahaan dapat melakukan program internalisasi value perusahaan kepada karyawan sehingga dapat dipastikan bahwa karyawan memiliki budaya kerja yang sama.

Berikut beberapa upaya sederhana yang dapat kita mulai dari sendiri untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman:

    1.Apabila mengetahui ada sarana prasarana yang memerlukan perbaikan maka segera laporkan kepada pihak yang bertanggung jawab misal ke bagian maintenance atau GA untuk dilakukan perbaikan.

    2.Jangan segan untuk memberikan apresiasi kepada rekan kerja yang berprestasi dan belajarlah dari mereka. Ucapkan terima kasih kepada siapa saja yang telah membantu baik dari segi pekerjaan atau masukan untuk kebaikan kita.

    3.Jangan mudah terpengaruh orang lain. Apabila mendengar hal-hal yang masih simpang siur dan bersifat argumentatif sebaiknya tidak perlu kita perhatikan terlalu dalam dan kita tidak perlu menyampaikan kepada yang lain

    4.Bersikap ramah kepada semua orang. Menangkap seekor lebah dengan madu akan lebih mudah jika dibandingkan dengan menembaknya. Apabila mendapati rekan kerja yang berperilaku buruk maka sebaiknya tetap hadapi dengan kepala dingin. Meskipun benyak yang berpendapat cara seperti ini tidak begitu efektif tetapi jangan sampai kita membuat lingkungan menjadi lebih buruk dengan sikap kita ketika emosi.

    5.Ciptakan komunikasi secara terbuka. Sampaikan apa yang menjadi aspirasi kita disertai dengan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Berikan saran dan solusi yang dapat dipertimbangkan untuk kebaikan perusahaan maupun rekan kerja.

Dari urain diatas dapat kita simpulkan bahwa upaya menciptakan lingkungan kerja yang nyaman tidak hanya menjadi tanggung jawab perusahaan tetapi seluruh karyawan didalamnya. Dengan adanya lingkungan kerja yang nyaman maka seluruh karyawan akan memiliki motivasi untuk senantiasa bekerja secara maksimal.

   For Further Information, Please Contact Us!