Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Etika Sekretaris Sebagai Representasi Perusahaan

27 July 2015
Category: SECRETARY
Penulis:         Endah Tyas Nur'aini
Etika Sekretaris Sebagai Representasi Perusahaan

Kehadiran seorang sekretaris profesional dalam sebuah perusahaan akan membawa dampak positif. Sekretaris melaksanakan semua pekerjaannya dengan “Excellent” sebagai seorang yang dipercaya oleh perusahaan atau sebagai orang kedua setelah pimpinan, sekretaris dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuan-tujuannya, dalam hal ini seorang sekretaris bisa berperan dalam menjalin relasi baik dengan rekan kerja atau rekan bisnis pada setiap perusahaan.

Seorang Sekretaris mutlak menjadi representasi perusahaan. Maksudnya adalah bahwa segala hal yang dilakukan dan diperankan oleh seorang sekretaris secara tidak langsung menggambarkan bagaimana perusahaan tempat sekretaris bekerja dan seorang sekretaris tidak boleh berprilaku buruk yang bertentangan dengan norma dan budaya kerja perusahaan.

Sekretaris yang berperan sebagai representasi perusahaan dituntut untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan profesional yang menyangkut pekerjaan. Untuk itu sekretaris profesional harus memiliki sifat-sifat profesional seperti: menampilkan citra perusahaan yang harus dijunjung tinggi, karena sekretaris adalah tangan kanan perusahaan, maka harus mampu menampilkan citra perusahaan yang baik dengan rekan perusahaan dan public. Disinilah etika dan tata krama sekretaris menjadi sangat penting. Kedua, pandai menjaga rahasia. Sebagai seorang sekretaris terkadang juga diberi kepercayaan oleh pimpinan untuk mengetahui dan menjaga rahasia perusahaan. Hal tersebut karena sekretaris selalu berhubungan dan mengetahui segala sesuatu tentang perusahaan dan organisasinya, untuk itu sekretaris harus pandai menjaga rahasia perusahaan maupun rahasia pribadi pimpinan. Ketiga, mengetahui teknologi terkini yakni sekretaris bukan hanya harus pandai berdandan, tapi seorang sekretaris juga harus update terhadap kemajuan teknologi misalnya kemajuan teknologi informasi dan internet dengan tentunya akan dapat memudahkan seorang sekretaris untuk mendapatkan informasi atau mengirim e-mail dan lain sebagainya. Keempat, harus bisa berbahasa asing. Menguasai bahasa asing merupakan nilai tambah yang harus dimiliki seorang Sekretaris. Karena biasanya sekretaris diminta bos untuk ketemu relasi dari luar negeri. Kelima, memahami karakter yang harus dimiliki oleh seorang sekretaris yang dituntut mampu memahami dan mengerti karakter pimpinan perusahaan dimana dia berada, agar semua program kerja dapat berjalan dengan baik tanpa miskomunikasi.

Jadi kesimpulannya, menerapkan tata krama yang baik adalah penting bagi seorang sekretaris agar dapat menjalin relasi yang baik, baik internal maupun eksternal perusahaan. Disamping itu, sebagai representasi perusahaan dengan tata krama yang baik, sekretaris juga turut menjaga nama baik perusahaan.

   For Further Information, Please Contact Us!