Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

TIPS MEMILIH BUKU BERKUALITAS BAGI PEMBACA PEMULA

02 December 2019
Category: SECRETARY
Penulis:         Wita Arizana, A.Md
TIPS MEMILIH BUKU BERKUALITAS BAGI PEMBACA PEMULA

Memiliki hobi membaca? mengapa tidak? karena pada dasarnya hobi membaca berawal dari hal yang rutin dilakukan dan akhirnya menjadi sebuah kebiasaan yang positif. Hal ini mengingat sebagian besar generasi milenial jarang membaca buku, hal ini tentunya didukung dengan kemajuan digitalisasi, dimana proses pembelajaran sudah bisa dilakukan secara online, sehingga generasi milenial merasa hal ini jauh lebih praktis dan efisien dibandingkan membaca buku. Bagi beberapa orang bahkan mengatakan bahwa membaca buku sebagai suatu kegiatan yang membosankan. Apa benar kegiatan membaca buku adalah membosankan? Jangan cepat berasumsi dulu sebelum mencoba hobi yang relatif dikatakan cukup mahal ini. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan memiliki hobi membaca buku.

Dengan membaca berbagai jenis buku bersifat informatif, edukatif atau buku pengetahuan yang menunjang skill dan kemampuan maka pembaca akan mendapatkan informasi dan pengetahuan yang selalu up to date. Dari beberapa kisah serta latar belakang kesuksesan seseorang diantaranya karena mereka memiliki kebiasaan bahkan hobby membaca buku dengan keinginan sebagai suatu kebutuhan untuk selalu menambah berbagai informasi, pengetahuan dan hal-hal baru.

Pada beberapa perusahaan pasti pernah melihat ruangan pimpinan ataupun manager perusahaan yang memiliki rak besar yang dipenuhi buku. Koleksi buku-buku tersebut bukan hanya sebagai penghias belaka, melainkan suatu koleksi dari hobi membaca. Pada umumnya ciri-ciri dari orang sukses adalah selalu ingin mencari informasi baru, hal-hal baru, pengalaman baru mengisi waktu luangnya dengan membaca buku. Dengan banyaknya orang-orang sukses dan berhasil itu, maka orang-orang yang memiliki hobi membaca buku tentu akan sukses, minimal akan sukses kedepannya, karena memiliki pengetahuan yang luas.

Beberapa hal yang dapat dilakukan bagi pembaca pemula diantaranya membuat daftar pertanyaan. Misalnya, apa jenis buku yang paling disukai? Lalu Siapa penulis yang Anda suka? Apakah ada jenis buku tertentu yang belum dan ingin dibaca? Nah, jika sudah menemukan buku yang Anda nilai menarik, ambillah, dan baca bagian belakang buku atau penutup yang menjadi ringkasan buku tersebut. Kalau memang dari judul buku tersebut sudah menarik perhatian, maka cobalah baca halaman pertama atau lebih. Jika masih menarik perhatian, maka itu mungkin adalah buku yang menarik untuk dibaca. jadi judul buku mungkin menarik perhatian, tetapi gaya penulisan atau isi buku keseluruhan bisa menjadi kunci untuk menikmatinya. Sebagai pembaca pemula, tujuh tips ini dapat diterapkan untuk memilih dan mendapatkan buku yang berkualitas:


1. Kenali Penulisnya

Seperti kata pepatah.’tak kenal maka tak sayang. Ungkapan ini juga berlaku saat memilih buku. Sebelum membeli buku, cari tahu siapa penulis buku tersebut. Hal ini dapat diabaikan jika sebelumnya pembaca telah mengenal atau mengetahui latar belakang pengarang buku tersebut sebagai penulis buku yang berkualitas, dan yakin bahwa buku tersebut yang akan dibeli adalah buku-buku berkualitas. Sebaiknya harus diketahui bahwa, sebuah buku yang baik biasanya ditulis penulis yang memiliki keahlian atau kompeten di bidangnya. Misalnya, ketika ingin mencari buku tentang ekonomi, maka mencari buku tersebut ditulis oleh penulis yang berlatar belakang bidang ekonomi, bidang information & technology maka juga harus yang memiliki kompetensi di bidang IT.

2. Kenali penerbit yang telah berpengalaman dan buku-buku terbitannya terkenal berkualitas. Di Indonesia ada ratusan penerbit, akan tetapi tidak semua penerbit memiliki kemampuan untuk menerbitkan buku yang berkualitas. Biasanya penerbit yang sudah cukup lama, telah memiliki kemampuan tersebut. Selain itu, penerbit yang berpengalaman umumnya memiliki penulis-penulis buku yang baik. Jadi, carilah buku-buku apa saja yang diterbitkan oleh penerbit yang telah dikenal dengan terbitan buku-bukunya.

3. Bila telah yakin penulis dan penerbit buku tersebut berkualitas, maka coba lihat sekilas isi buku. Amatilah desain buku tersebut, apakah memudahkan membacanya ataukah agak kesulitan memahami isi buku. Desain yang ditata dengan baik dan indah akan membantu pembaca dapat memahami isi buku dengan lebih baik. Perhatikan juga teks atau huruf dari isi buku tersebut. Syarat buku yang berkualitas, baik teks isi maupun tipografi atau jenis huruf pada buku tersebut dapat membantu pembaca untuk menyerap isi buku tersebut dengan baik. Sebaiknya dari buku tersebut, seharusnya menggunakan hurufnya tidak terlalu besar ataupun tidak terlalu kecil, dari buku tersebut, seharusnya tampak tipografi hurufnya sederhana namun jelas.

4. Kenali Illustrasinya. Saat ini, buku-buku tidak hanya berisi huruf-huruf saja, baik ilustrasi maupun foto telah menjadi bagian dari buku. Penambahan ilustrasi dalam buku maksudnya ialah untuk menambah keindahan buku dan membantu pembaca memahami isi buku. Jadi, jika membeli buku yang terdapat ilustrasi atau foto di dalamnya, cobalah perhatikan apakah ilustrasi tersebut mendukung isi buku ataukah tidak. Percuma saja ilustrasinya bagus, tetapi ilustrasi tersebut sama sekali tidak berhubungan dengan apa yang diterangkan dalam buku. Sebaliknya, meski ilustrasi tersebut sesuai isi buku, jika tidak menarik dan jelas, justru akan mengganggu keseluruhan buku.

5.Perhatikan sampul buku atau cover buku seharusnya mampu mencerminkan gambaran isi buku secara keseluruhan. Jadi jika sampul bukunya saja sudah tidak menarik, asal-asalan dibuatnya, juga dari bahan kertas yang mudah rusak, bagaimana yakin jika buku tersebut berkualitas? Buku yang baik seharusnya memiliki cover yang memiliki desain menarik dan terbuat dari bahan yang kuat atau tidak gampang rusak.

6. Usahakan membaca dulu synopsis dari isi buku beserta kelebihan-kelebihannya. Biasanya isi sinopsis ini ditampilkan pada sampul belakang buku. Sebelum memutuskan membeli sebuah buku, alangkah baiknya apabila menyempatkan membaca sekilas isi sinopsis buku tersebut. Cara tersebut akan sangat berguna untuk memastikan bahwa buku tersebut itu telah sesuai dengan kebutuhan informasi yang dibutuhkan.

7. Cek daftar isinya

Daftar isi merupakan poin-poin atau bab-bab yang terdapat di buku tersebut. Biasanya, daftar isi terdapat pada halaman awal dalam sebuah buku. Sebuah buku yang baik seharusnya memiliki daftar isi yang mampu mencerminkan materi dalam isi buku tersebut.


Dengan memahami beberapa tips diatas maka kemungkinan sering kecewa saat membeli sebuah buku dapat dihindari. Karena uang yang dikeluarkan untuk mendapatkannya sebuah buku cukup besar. Akan tetapi, isi buku tidak seperti yang diharapkan. Bahasanya sulit dipahami, berbelit-belit, dan membosankan. Banyak ejaan yang salah, hasil cetakannya buram, atau bahkan ada halaman yang kosong. Hal tersebut dapat dihindari oleh pembaca pemula dengan mengetahui tips cara memilih buku yang berkualitas dengan baik. Semoga bermanfaat.

   For Further Information, Please Contact Us!