Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

3 PROGRAM UNGGULAN UNTUK MEREKRUT GENERASI MILENIAL

01 November 2019
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Ketut Dewi .P, S.Psi
 3 PROGRAM UNGGULAN UNTUK MEREKRUT GENERASI MILENIAL

Berbicara mengenai trend rekrutmen sumber daya manusia pada beberapa tahun-tahun belakangan ini, tentu tidak terlepas dari adanya peran generasi milenial sebagai sasaran “tembak” para perusahaan sebagai pihak pemberi kerja. Karena memang generasi milenial diprediksi masih akan mengisi pasar tenaga kerja selama beberapa tahun kedepan. Namun, apakah dengan mengusung metode rekrutmen dan placement saja akan menjamin perusahaan memenangkan persaingan dalam hal mendapatkan generasi milenial sebagai tenaga kerja yang berkualitas?

Jawabanya belum tentu iya. Mengapa? Karena generasi milenial dikenal sebagai generasi yang berbeda dengan generasi X ataupun generasi sebelumnya. Bila dahulu dengan bermodalkan metode rekrutmen placement serta menonjolkan “nama dan gaji yang besar di perusahaan”, maka bukan-lah perkara yang sulit untuk bisa mendapatkan atensi dari para generasi X. Karena generasi X dikenal memiliki pride yang besar, terlebih bila mereka dapat diterima di perusahaan yang besar, sehingga dapat meningkatkan status sosial mereka. Namun, lain hal-nya dengan generasi milenial saat ini. Bekerja di perusahaan dengan gaji yang besar bukan satu-satunya hal yang mereka inginkan. Mereka ingin adanya pengembangan diri, karir dan fleksibilitas dalam bekerja. Dengan kata lain, segala skill yang mereka miliki harus dapat tertampung dengan baik. Untuk itu perusahaan harus memiliki strategi rekrutmen ataupun program-program yang dapat menarik minat generasi milenial agar dapat bergabung di perusahaan. Tidak hanya itu, para milenial yang telah direkrut nantinya akan memiliki kualitas serta kompetensi yang dapat mendorong perusahaan pada keberhasilan. Berikut adalah program-program yang dapat diterapkan:

1.Program Management Trainee: Management trainee atau yang biasa dikenal dengan MT merupakan proses pencarian SDM, yang dilatih untuk ‘menduduki’ posisi kunci dalam sebuah perusahaan. Management trainee telah banyak diterapkan oleh perusahaan besar di Indonesia dengan antusiasme pelamar yang tinggi. Karena memang, management trainee banyak menyasar kepada fresh graduate yang sedang dalam masa transisi menuju pencarian pekerjaan. Lalu, hal apa yang membuat generasi milenial akan melirik program management trainee?

a.Adanya jenjang karir yang lebih pasti;

b.Learing by doing and get paid, mereka mendapatkan pembelajaran dan tentunya disertai dengan adanya imbalan;

c.Mereka dapat mengembangkan jalur karier melalui preferensi; dan

d.Mereka dapat mengembangkan kemampuan komunikasi dan kepemimpinan oleh orang yang berpengalaman.

2.Program Talent Pool: Hampir sama seperti management trainee, talent pool juga mengusung konsep menyatukan kandidat yang memiliki kualitas terbaik. Karakteristik generasi milenial yang flexible dan terbuka, sesuai dengan konsep yang ditawarkan oleh talent pool. Ketika perusahaan tengah membutuhkan posisi tertentu, perusahaan dapat membuka database kandidat talent pool untuk melihat kembali kandidat terbaik yang dirasa cocok untuk mengisi posisi tertentu.

3.Program Corporate University: Corporate university merupakan entitas yang menjalankan kegiatan pendidikan dan pengembangan karyawan untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan. Perusahaan yang mampu mendirikan corporate university ialah perusahaan yang telah memiliki strategi bisnis yang matang untuk mengembangkan kompetensi yang diperlukan demi masa depan perusahaan. Generasi milenial yang menginginkan adanya ilmu sebanyak-banyaknya tentu akan menyambut dengan antusias adanya program corporate university yang dimiliki oleh perusahaan.

Tidak mudah memang untuk dapat mendirikan program-program yang telah disebutkan diatas. Dibutuhkan adanya perencanaan dan strategi yang matang. Namun, tidak ada salahnya bila perusahaan mulai meluangkan waktunya untuk menginvestasikan pada aspek sumber daya manusia. Karena dengan sumber daya yang unggul akan membawa perusahaan kepada keberhasilan baik secara mental dan financial.

***

   For Further Information, Please Contact Us!