Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

ADAKAH JALUR KARIR BAGI SEKRETARIS?

16 August 2019
Category: SECRETARY
Penulis:         Ayun Dwi Oktora
ADAKAH JALUR KARIR BAGI SEKRETARIS?

Seorang Sekretaris merupakan “mata dan telinga” bagi perusahaan, memiliki wawasan yang unik dan kuat tentang budaya perusahaan, kinerja dan arah masa depan perusahaan. Di era yang terus berkembang saat ini, dimana keterampilan sama pentingnya dengan pengetahuan dan pengalaman teknis. Ada lebih banyak jalur karir yang terbuka untuk Sekretaris. Sekretaris dapat berpindah ke peran yang berbeda yaitu ke urusan umum. Sekretaris bahkan dapat pindah ke karir dalam manajemen proyek dan fungsi sumber daya manusia. Pada akhirnya, kemana karir seorang Sekretaris tergantung pada jenis posisi Sekretaris dan keterampilan yang diasah selama sebagai Sekretaris.

Bagaimana cara dapat mengembangkan keterampilan dan kemajuan dalam karir sebagai Sekretaris?

Mentransfer Keahlian Berorganisasi & Berkomunikasi

Sekretaris yang terbiasa dengan kemampuan berorganisasi dan keterampilan manajemen waktu yang efisien, ini membantu untuk dapat bergerak ke peran yang mengharuskan melakukan banyak tugas, bekerja dibawah tekanan atau tenggang waktu yang cepat. Hal ini memungkinkan untuk dapat mudah beralih fungsi dalam manajemen proyek, yang membutuhkan semua rangkaian keterampilan tersebut.

Sebagai penjaga gerbang para eksekutif, seluruh tim yang ada di perusahaan bahkan klien, ini berarti Sekretaris sebagai titik kontak pertama atau orang yang bisa diajak berbicara. Selain ramah dan terampil berkomunikasi secara profesional, sekretaris biasanya memiliki gaya telepon yang ramah dan bakat untuk membawa citra perusahaan. Sikap kepribadian dan kemampuan untuk berinteraksi dengan banyak orang ini, memungkinkan Sekretaris ditempatkan dengan baik untuk pindah ke peran humas atau Public Relations (PR) yang lebih baik.

Walaupun ini adalah umum yang dapat dikembangkan oleh setiap profesional selama bekerja, seorang Sekretaris pada khususnya akan mengasah keahlian ini karena ini merupakan pekerjaan sehari-hari.

Membawa Ketrampilan Untuk Masa Depan Karir

Setiap Sekretaris pasti memiliki tugas yang berbeda-beda di setiap perusahaan, tetapi ada aset yang paling berharga bagi profesi Sekretaris yaitu kemampuan untuk berpikir. Pekerjaan khusus dalam menulis surat, mengelola korespondensi, koordinasi dan mengatur perjalanan, terampil dalam mengoperasikan komputer terutama Microsoft office dan dapat mengetik dengan cepat. Tugas-tugas ini adalah keterampilan yang dapat diterapkan ke berbagai jenis pekerjaan.

Membangun Karir

Seorang Sekretaris yang ambisius akan menyegarkan karir mereka setiap beberapa tahun, begitu mereka menguasai peran terbaru. Ini adalah waktu yang tepat untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab, mengembangkan program-program yang ada di perusahaan dengan mengasah ketrampilan dalam aspek pengawasan. Ini dapat dilakukan dengan mencari peran umum yang terkait dengan program-program yang ada di perusahaan.

Para eksekutif akan mencari CV Sekretaris yang dapat menunjukkan sesuatu yang berharga seperti ketahanan dalam bekerja, kemampuan untuk mengambil keputusan, komitmen dan berpikir kritis.

Jalur karir bagi Sekretaris dapat mengarah ke sejumlah arah, tergantung individu Sekretaris tersebut untuk membuat jalur yang mereka inginkan untuk meng-aspirasi karir masing-masing.

***

   For Further Information, Please Contact Us!