Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Pentingnya Kepercayaan Diri Bagi Seorang Sekretaris

25 June 2015
Category: SECRETARY
Penulis:         Elyzha Restri
Pentingnya Kepercayaan Diri Bagi Seorang Sekretaris

Dewasa ini rasa percaya diri adalah modal utama untuk mencapai kesuksesan dalam segala hal termasuk dalam dunia pekerjaan. Oleh karena itu penting bagi seseorang untuk dapat menunjukan kelebihan dari dirinya untuk dapat mencapai prestasi didunia pekerjaan dengan rasa pecaya diri yang tinggi. Apalagi untuk seorang sekretaris, dimana saat ini sekretaris sudah memasuki era global dan dituntut untuk dapat menjadi pribadi yang profesional, dan dapat menjadi kepercayaan dari pimpinannya.

Seorang pimpinan membutuhkan sekrertaris yang dapat membawa diri didepan umum dengan rasa percaya diri yang tinggi. Hal ini dapat dicapai dengan cara menunjukan cara komunikasi yang baik serta penggunaan tata bahasa yang baik, selain itu penampilan yang menarik dari seorang sekretaris juga berpengaruh terhadap penilaian orang lain terhadapnya. Dalam pelaksanaan tugas, seorang sekretaris pun akan melalui sesi dimana dia harus mengungkapakan pendapatnya didepan umum. Contohnya ketika pimpinan kita akan mengadakan pertemuan dengan klien untuk menyampaikan hasil pekerjaan namun karena pimpinan kita berhalangan hadir maka sekretarisnya lah yang ditunjuk untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya tersebut. Oleh karena itu seorang sekretaris harus memiliki tutur kata yang baik, dimana seorang sekretaris harus menggunakan gaya bahasa yang positif sehingga lawan bicara merasa dihargai. Selain itu attitude yang tercermin dari seorang sekretaris dalam menghadapi situasi tertentu atau dalam berhadapan dengan orang lain sangatlah penting untuk memunculkan citra yang baik serta mencerminkan kepribadian yang menarik.

Tuntutan sebagai sekretaris profesional di era global, memang tidak dapat dielakkan lagi, dengan tuntutan dunia bisnis yang semakin ketat persaingannya, yang mengharuskan siapa saja yang bekerja dalam suatu perusahaan untuk memberikan pelayanan yang unggul kepada setiap pelanggannya, membuat peran sekretaris menjadi semakin berkembang. Bahkan sekretaris bisa berperan sebagai mitra runding dari atasan, yang bisa memberikan saran dan rekomendasi yang positif untuk kemajuan perusahaan.

Untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri dari seorang sekretaris maka harus memiliki sikap fokus dalam berkontribusi disuatu perusahaan. Jadi jika seorang sekretaris diminta untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, maka dia harus mampu menunjukkan seluruh kemampuannya dengan percaya diri kepada pimpinan sehingga pimpinan dapat mempercayai sekretaris tersebut. Selain itu seorang sekretaris harus memiliki pengetahuan yang luas sehingga dia dapat menyampaikan pendapatnya dengan percaya diri.

Salah satu cara agar kita terlihat percaya diri adalah, perhatikan dalam tata cara berkomunikasi dengan orang lain, serta hasil yang tercermin dari pekerjaan kita. Ada beberapa prinsip yang bisa diterapkan antara lain prinsip attitude yaitu perilaku yang tercermin pada diri seseorang ketika menghadapi situasi tertentu atau ketika berhadapan dengan orang lain, contohnya dalam melayani pelanggan hendaknya dengan penampilan yang serasi, berpikir positif dan sikap menghargai, selanjutnya prinsip attention yaitu sikap menunjukkan kepedulian dan perhatian terhadap sesuatu, misalnya memperhatikan akan kebutuhan pelanggan/relasi dengan memahami perilaku dan kritik sarannya, dan yang terakhir adalah prinsip actionyaitu prinsip untuk melakukan tindakan yang berupa perbuatan nyata dengan tujuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Selain itu seorang sekretaris harus dapat mengembangkan dinamika pribadi, keterampilan diri yang perlu dilatih/dikembangkan diantaranya keterampilan mengungkapkan ide-ide yang dimiliki, keterampilan menunjukkan perilaku yang tegas, anggun, serasi dan berwibawa serta kemampuan melaksanakan nilai tata krama dan etika yang berlaku di lingkungan kerja.

Dari penjelasan diatas maka dapat kita simpulkan bahwa seorang sekretaris harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk dapat menunjang prestasi kerja serta akan berbanding lurus pada produktivitas perusahaan. Maka jika anda seorang sekretaris mulai lah belajar dari sekarang untuk dapat membawa diri didepan umum dengan lebih banyak belajar untuk berkomunikasi dengan baik dan berpenampilan lebih profesional.

   For Further Information, Please Contact Us!