Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

PROBLEM IS A BLESSING

24 May 2019
Category: SECRETARY
Penulis:         Brigita Ageng C., A.Md.
PROBLEM IS A BLESSING

Dalam kehidupan manusia tidak terlepas dari problematika. Tidak dapat dipungkiri semakin dewasa seseorang akan semakin banyak masalah yang akan dihadapi serta semakin kompleks. Hal tersebut terjadi dalam kehidupan pribadi maupun lingkungan pekerjaan. Terkadang masalah yang dihadapi enteng dan ada juga yang berat, hingga membuat stress dan depresi bagi kita. Sebagai manusia tentunya kita menginginkan kehidupan yang tenang, bahagia, serta apa yang dikerjakan berhasil semuanya.

Tingkat kedewasaan seseorang berbeda dalam menanggapi dan menyelesaikan masalah demi masalah yang tengah dihadapinya. Ada yang dengan kondisi marah-marah sampai tidak terkendali, menangis, lari dari kenyataan, cuek dan sebagainya, yang ujungnya malah mempersulit masalah tersebut. Setiap masalah harus diselesaikan dengan baik, bagaimanapun caranya. Lalu apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut? Yang harus kita lakukan adalah menenangkan diri dan motivasi diri sendiri bahwa kita dapat melampaui ini semua. Dalam ketenangan pasti kita dapat berpikir lebih jernih dan lebih masuk akal, dapat memikirkan langkah yang harus diambil untuk menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi. Dengan memotivasi diri sendiri untuk memiliki pikiran positif, bahwa masalah ini bukan hambatan besar bagi Anda. Jangan ikuti emosi kita, pikirkanlah bahwa emosi tidak akan menghasilkan apapun. Cari sumber dari permasalahannya dan tentukan jalan yang harus ditempuh untuk menyelesaikannya.

Berhentilah berpikir bahwa Tuhan menciptakan masalah untuk kita untuk menyengsarakan kita, namun berpikirlah secara positif untuk mendewasakan kita dan agar kita mempelajari sesuatu. Berhentilah berpikir bahwa hanya kita manusia yang tidak beruntung, yang paling mempunyai masalah yang tidak dapat dipecahkan daripada orang lain. Anda tidak akan pernah tahu, mungkin saja diluaran sana banyak yang masalahnya lebih berat daripada yang sedang kita alami. Percayalah bahwa masalah dapat membuat kita menjadi manusia yang lebih baik, kita dapat mempelajari hal baru dengan menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi, karena manusia tidak dituntut kesempurnaan dalam setiap aspek hidupnya, namun dituntut agar kehidupannya pada hari ini lebih baik daripada hari sebelumnya dan hari berikutnya harus lebih baik daripada hari ini. Masalah akan membuat kita berusaha lebih baik lagi esok hari. Mungkin di kemudian hari kita menemui masalah yang sama, maka kita tidak perlu bingung bagaimana menghadapinya.

Gagal dalam penyelesaian masalah adalah wajar, jangan berputus asa terlebih dahulu dalam mencari cara lain. Bangun kembali kepercayaan terhadap diri sendiri, motivasi diri sendiri untuk bangkit kembali, begitu seterusnya hingga masalah bisa terselesaikan dengan baik. Kita dapat belajar dari masalah orang lain, bagaimana mereka menyelesaikannya, tidak menutup kemungkinan di kemudian hari kita juga akan mengalami masalah yang sama, sehingga kita sudah tahu harus bagaimana menyelesaikannya. Jangan takut untuk menghadapi masalah, karena masalah bukan untuk dihindari tetapi untuk dicari pemecahannya.

Satu hal yang harus kita tanam dalam pikiran kita adalah harus yakin bahwa apapun masalahnya pasti bisa diselesaikan, hanya butuh kesabaran dan menunggu waktu yang tepat. The only difference between a problem and a blessing is a THOUGHT.

   For Further Information, Please Contact Us!