Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

KOMPETENSI HUMAN RESOURCE YANG MEMBANTU PERUSAHAAN MENUJU KEBERHASILAN

10 May 2019
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Ketut Dewi Pramadiningtyas, S. Psi
KOMPETENSI HUMAN RESOURCE YANG MEMBANTU PERUSAHAAN MENUJU KEBERHASILAN

Setiap perusahaan memiliki masing-masing tujuan yang harus dicapai, dengan berpedoman pada core bisnis yang dimiliki. Sebut saja perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur, mereka menargetkan produksi serta kualitas barang yang baik dan unggul, demi memenuhi kebutuhan konsumen. Ada juga perusahaan yang bergerak di bidang retail, dimana mereka berupaya menerapkan startegi bisnis terbaiknya, agar dapat merajai pasar. Sedangkan perusahaan yang bergerak dibidang jasa, mereka berupaya memberikan pelayanan terbaik, agar pelanggan memiliki value postif terhadap peruahaan.

Terlepas dari perbedaan karakteristik bisnis masing-masing perusahaan, terdapat suatu kesamaan yang dimiliki oleh semua organisasi bisnis, yaitu Human Resource. Dapat dikatakan bahwa apapun hal-hal yang menjadi tujuan dan fokus tiap perusahaan, tentunya mereka tidak terlepas dari peran Human Resource sebagai salah satu motor pengerak keberhasilan. Untuk itu, terdapat beberapa kompetensi yang harus dimiliki Human Resource, yang akan membantu mengembangkan budaya yang tepat dan juga menuntun perusahaan menuju keberhasilan.

1.Organization Designing: Membuat desain organisasi, tentunya tidak dapat dilakukan secara individu, melainkan diperlukan sumbangsih dari seluruh departeman HR. Yang pasti, kompetensi dan juga peran departemen HR dalam pembentukan desain organisasi adalah sebagai partner dari para direksi agar lebih memperhatikan “sense of human” supaya pola hubungan antar berbagai komponen dalam organisasi dapat berfungsi secara lebih efektif dan humanis.

2.Business Acumen: Meski berada dalam ranah sumber daya manusia, namun sebagai seorang HR harus memiliki kompetensi dalam mendayagunakan kapasitas berpikir secara analitis dan kreatif, agar dapat memanfaatkan suatu peluang bisnis yang ada, seperti tren bisnis saat ini hingga tantangan akan yang dialami dalam dunia bisnis. Hal ini bertujuan agar departemen HR dapat membantu dalam pembentukan startegi pengembangan bisnis yang tepat.

3.Culture dan Change Expert: SeorangHR harus dapat menjadi teladan bagi individu lainnya, dalam rangka menerapkan budaya kerja serta kebijakan yang ada di perusahaan. Hal ini bertujuan agar segala visi misi perusahaan dapat diterapkan oleh semua karyawan. Selain itu, dalam proses bisnis tentunya tidak terlepas dari adanya proses perubahan, disini peran HR harus dapat memotivasi karyawan lain untuk dapat menyikapi perubahan dengan bijaksana.

4.Analytical Player dan Crtical Thinker: Kedua kompetensi ini penting untuk dimiliki karena sejatinya pekerjaan sebagai HR akan mempertemukan mereka dengan berbagai macam orang yang memiliki perbedaan karakter. Untuk itu dibutuhkan kemampuan dalam menganalisa suatu permasalahan serta berpikir secara kritis. Kedua kompetensi tersebut akan berpengaruh pada HR dalam mengambil suatu keputusan bila dihadapkan dengan masalah.

5.An Ethical Approach for Human Resource: Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya bahwa seorang HR bertugas dalam menghadapi berbagai macam karakter manusia. Dengan begitu, mereka harus memiliki pendekatan yang smoot terhadap tiap individu, dengan tidak melupakan etika yang telah ditetapkan perusahaan

6.Operational Excellence: Tidak dipungkiri bahwa HR juga memiliki tanggung jawab dalam melakukan pekerjaan operasional dan aministratif. Untuk itu diperlukan kompetensi dalam melakukan kegiatan oprasional secara tepat. Sejalan dengan bisnis yang telah mengalami transformasi menuju era dijital, maka departeman HR dapat menggunakan kemudahan yang telah tersedia, misalnya memanfaatkan Artificial Intelligence.

7.Communication: Komunikasi yang efektif memainkan peran penting dalam mewujudkan setiap kompetensi yang telah disebutkan sebelumnya. Komunikasi juga membantu dalam menumbuhkan hubungan karyawan yang positif, menciptakan transparansi, mengelola konflik, membangun kepercayaan dan memimpin inisiatif keanekaragaman.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tujuh kompetensi tersebut harus dimiliki oleh seorang yang berada dalam departemen Human Resource. Adanya ke-tujuh kompetensi ini akan membantu perusahaan dalam mencapai tujuan serta keberhasilan. Namun perlu juga di ingat, bahwa selain departemen HR, diperlukan juga komitmen dari seluruh karyawan perusahaan, agar semakin menguatkan goals yang dimiliki perusahaan.

   For Further Information, Please Contact Us!