Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

HOW TO COMMUNICATE WITH YOUR BOSS IN A BEST WAY?

12 April 2019
Category: SECRETARY
Penulis:         Brigita Ageng C., A.Md.
HOW TO COMMUNICATE WITH YOUR BOSS IN A BEST WAY?

Komunikasi merupakan elemen penting dalam keberhasilan sebuah bisnis. Tidak hanya dengan cara bertatap muka secara langsung, dengan kemajuan teknologi kita juga bisa melakukan komunikasi lewat media sosial maupun email. Tidak semua orang dapat berkomunikasi dengan “luwes”, apalagi di lingkup organisasi dimana setiap gesekan yang terjadi tentu berawal dari kesalahan dalam berkomunikasi. Hal tersebut menjadi sebuah challenge tersendiri bagi para staff pada saat berkomunikasi dengan manajemen atapun atasannya. Setiap atasan mempunyai karakter masing-masing dalam berkomunikasi, hendaknya kita sebagai staff dibawahnya dapat mempelajari bagaimana berkomunikasi secara efektif terutama kepada atasan.

Berkomunikasi dengan baik tentu memiliki keuntungan, diantaranya mempermudah pendelegasian tugas dari atasan kepada bawahan dan staff pun akan mendapatkan kenyamanan dalam penyelesaian pekerjaan. Penting bagi staff untuk memahami kebutuhan daripada atasan, oleh karena itu bila kita tidak dapat berkomunikasi dengan baik dengan atasan bagaimana bisa menangkap kebutuhan yang ingin disampaikan. Mungkin terkadang kita bekerja secara asal-asalan, karena tidak tahu apa tujuan atau harapan tertentu yang dimiliki oleh atasan. Sehingga pada akhirnya staff yang akan terkena dampaknya karena tidak dapat memenuhi keinginan atasan. Bagaimanapun juga atasan biasanya melihat hasil akhir bukan prosesnya.

Apakah Anda sudah berkomunikasi dengan baik dengan atasan? Berikut 5 tips yang bisa dicoba untuk mempermudah berkomunikasi dengan atasan, antara lain:

    1.Active Listening

    Aturan pertama dalam komunikasi adalah menjadi pendengar yang aktif. Keterampilan mendengarkan yang baik membantu karyawan memahami dan mengantisipasi kebutuhan atasannya. Siapkan notepad/memo untuk mencatat ketika atasan Anda memberi arahan. Dengan mencatat, Anda akan lebih mengingat percakapan. Disamping itu tidak ada informasi yang terlewat sehingga pekerjaan Anda tentu akan dapat terselesaikan dengan maksimal.

    2.Stay on the same path

    Perbanyak berkomunikasi dengan atasan, apalagi jika Anda adalah seorang Manager atau eksekutif di sebuah perusahaan. Dengan banyak berkomunikasi dengan atasan, bawahan akan jadi tahu apa tujuan atasan atau apa rencana kedepan yang akan dilakukan oleh atasan. Dengan begitu kita sudah mendapat gambaran tentang tujuan yang ingin dicapai oleh atasan.

    3.Think ahead and offer solutions to problems

    Setelah mengetahui keinginan atasan, staff dapat mempersiapkan lebih dini rencana ke depan. Selalu membiasakan diri mengevaluasi dan memberikan solusi atau usulan tentang langkah apa yang harus diambil tanpa diminta. Dengan begitu, atasan akan memandang Anda sebagai staff yang baik dan cekatan. Disamping itu dengan membiasakan diri memberikan ide kreatif, atasan akan selalu mencari Anda untuk bertukar pikiran. Hal tersebut penting untuk menjaga komunikasi tetap intens.

    4.Communicate effectively at work

    Setiap atasan pasti punya gaya berkomunikasi masing-masing, ada yang suka berhadapan secara langsung, ada yang suka berbicara lewat telepon, melalui email dan masih banyak lagi. Employee needs to know their boss! Mengetahui apa yang paling disuka atau dirasa mudah oleh atasan dapat membantu staff untuk berkomunikasi lebih baik dengan atasan.

    5.Ask for feedback or help

    Mayoritas karyawan tidak tahu apakah kinerja mereka yang selama ini dikerjakan sudah memenuhi harapan dari atasan atau belum. Ini dapat berdampak pada performance karyawan dan penilaian dari atasan. Salah satu caranya adalah bertanya atau meminta umpan balik kepada atasan atas kinerja Anda. Ini akan membantu Anda apakah yang selama ini dikerjakan sudah sesuai dengan harapan dari atasan. Apabila ada yang dirasa kurang maksimal, tanyakan apa ada hal yang bisa Anda perbuat untuk memaksimalkan kinerja Anda.

Meningkatkan komunikasi antara atasan dan karyawan adalah salah satu langkah paling penting yang dapat dilakukan perusahaan untuk menciptakan tempat kerja yang kondusif dan kolaboratif. Mulailah berkomunikasi secara terbuka dan bebas, namun tetep memperhatikan norma yang berlaku dalam suatu organisasi.

   For Further Information, Please Contact Us!