Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

TREND HRD PERUSAHAAN TAHUN 2019

19 March 2019
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Kartika Anggraeni, S. Psi
TREND HRD PERUSAHAAN TAHUN 2019

Berbicara trimester awal disetiap tahun, tentunya merupakan waktu yang tepat untuk segera merealisasikan rencana – rencana yang telah disusun atau kita proyeksikan untuk tahun kedepan. Tidak ubahnya disebuah perusahaan, divisi HRD dari berbagai jenis industri melakukan prediksi terhadap tren yang akan terjadi atau mendominasi sepanjang tahun tersebut. sifat dari trend tentunya dapat dipelajari karena pada dasarnya hanya sebuah prediksi yang mengulang atau menyempurnakan dari tahun-tahun sebelumnya, namun sebenarnya hal ini cukup penting untuk dilakukan. Dengan mengetahui prediksi tren yang akan booming pada tahun tertentu, sebuah perusahaan bisa melakukan persiapan untuk menghadapinya, sehingga kita tidak kalah dan mampu beradaptasi mengatasi fenomena yang ada.

Tahun lalu, industri HR diramaikan oleh penerapan teknologi software yang memudahkan pekerjaan bersifat administrative sehingga karyawan dapat menyimpan banyak waktu dan tenaga untuk menyelesaikan pekerjaan. Lantas, bagaimana dengan tren yang terjadi tahun ini? Dikutip dari artikel Sleekr.co, terdapat 4 trend HRD perusahaan di tahun 2019 diantaranya :

1.Lebih Fokus pada Pengalaman Karyawan

Tahun 2019 diperkirakan akan menjadi titik awal bagi para pemilik bisnis untuk mulai fokus dalam meningkatkan pengalaman karyawan (employee experience). Menurut majalah Forbes, ada tiga hal yang amat mendukung terwujudnya hal tersebut, yakni budaya, engagement, dan manajemen performa. Perlu menjadi bahan pertimbangan bahwa saat ini kita berada pada fase generasi millennial yang menduduki jumlah terbanyak sebagai karyawan di sebuah perusahaan. Sehingga budaya dan lingkungan yang terbentuk mau tidak mau ikut mengadopsi dari latar belakang kareakteristik khas yang mereka miliki, yaitu menginginkan lingkungan kerja yang jauh lebih “menarik” dan “menyenangkan”. Calon karyawan saat ini tidak lagi concern dengan jenjang karir yang tinggi apalagi gaji yang selangit, ternyata para millennial meyakini bahwa work-life balance sangat mungkin diraih sehingga hal itulah yang menjadi pertimbangan utama mereka.

2.Digitalisasi Divisi HR

Bagaimana divisi Human Resource bisa menjadi Digitalisasi? Ternyata dengan kita telah menggunakan teknologi software HR, sebenarnya kita sudah memulai proses digitalisasi terhadap divisi HR karena hal-hal yang berhubungan dengan paperwork telah berkurang. Namun, di tahun 2019 era digitalisasi HR akan semakin naik ke level yang lebih tinggi. Penggunaan teknologi Artificial Intelligence dan machine learning akan lebih banyak dilakukan. Selain software HR, ada beberapa produk teknologi lain yang akan mendukung digitalisasi HRD perusahaan pada 2019 ini. Contohnya adalah marketplace yang bergerak dalam bidang rekrutmen. Jadi, perusahaan dan para calon karyawan bisa bertemu dalam satu platform, saling mengenal satu sama lain, untuk akhirnya dicocokkan sehingga perusahaan mendapatkan karyawan yang paling tepat.

3.Transparansi Kompensasi Karyawan

Isu transparansi untuk kompensasi karyawan mulai popular sejak Google mengumumkan bahwa mereka akan memunculkan informasi gaji di setiap post tentang pekerjaan. Aturan baru Google tersebut akan mendorong para pelaku usaha untuk memberi penjelasan mengenai penentuan gaji.

Transparansi terhadap kompensasi diyakini mampu meminimalisir banyak masalah dalam bisnis. Dengan adanya interaksi dan transparansi yang baik dari pihak perusahaan dengan para karyawan, maka akan menimbulkan efek Trust dari para karyawan untuk bisa berdedikasi dan mengabdikan diri secara maximal untuk perusahaan tanpa khawatir dicurangi.

4.Personalisasi terkait Kesejahteraan Karyawan

Pada tahun ini diprediksi untuk perusahaan akan berubah ke arah yang lebih baik dalam memberikan penawaran benefits atau imbal balik bagi para karyawan. Penawaran benefits akan lebih banyak melibatkan interaksi sehingga perusahaan bisa benar-benar memberikan keuntungan yang memang dibutuhkan karyawan, Misalnya edukasi tentang finansial, check up kesehatan secara rutin, paket pendidikan dan pengembangan baik skill maupun knowledge dan berbagai pilihan indikator lainnya.

Tidak ada yang dapat menjamin bahwa seluruh tren tersebut akan muncul. Namun, mempersiapkan diri dari sekarang tidak ada salahnya agar Anda bisa selangkah lebih maju dari kompetitor.

   For Further Information, Please Contact Us!