Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Pentingnya Pemisahan Fungsi Dalam Sistem Manajemen

09 February 2019
Category: MANAGEMENT SYSTEM
Penulis:         Angelina Hutomo Chandra, S.E.
Pentingnya Pemisahan Fungsi Dalam Sistem Manajemen

Sistem pengendalian internal merupakan hal yang perlu diperhatikan bagi perusahaan, karena dengan adanya sistem pengendalian internal perusahaan tersebut akan mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan seperti terciptanya lingkungan pengendalian yang baik. Tanpa adanya sistem pengendalian internal, tujuan-tujuan tersebut tidak akan pernah tercapai secara efektif dan efisien. Semakin besar perusahaan maka membutuhkan sistem pengendalian internal yang optimal bagi perusahaan. Pengendalian internal merupakan bagian dari masing-masing sistem yang dipergunakan sebagai pedoman dan prosedur operasional perusahaan di sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan menggunakan sistem pengendalian internal umumnya untuk mencegah penyalahgunaan sistem dan untuk mengarahkan operasi perusahaan.

Tanggung jawab atas adanya sistem pengendalian internal yang baik terletak pada manajemen. Manajemen mempunyai tugas atas perancangan dan penetapan sistem pengendalian internal, selain itu manajemen juga harus melakukan pengawasan terhadap pengendalian internal yang sedang berjalan. Salah satu sistem pengendalian internal yang perlu dilakukan adalah pemisahan fungsi terhadap bagian-bagian dalam suatu perusahaan.

Pemisahan tugas yang efektif dicapai ketika fungsi-fungsi berikut dipisahkan :

    a.Otorisasi – menyetujui transaksi dan keputusan

    b.Pencatatan – mempersiapkan dokumen, memelihara catatan jurnal, buku besar dan file lainnya; mempersiapkan rekonsiliasi, serta mempersiapkan laporan kinerja.

    c.Penyimpanan – mengolah kas, memelihara tempat penyimpanan persediaan, melakukan pembelian

Beberapa contoh pemisahan tugas :

    ·Orang yang melakukan pembelian barang atau jasa tidak boleh orang yang menyetujui pembelian.

    ·Orang yang menyetujui pembelian barang atau jasa tidak boleh menjadi orang yang mencatat laporan keuangan bulanan.

    ·Orang yang menyetujui pembelian barang atau jasa tidak boleh mengeluarkan uang / menerima cek

    ·Orang yang melakukan pencatatan akuntansi tidak boleh menyimpan/mengolah kas.

    ·Orang yang melakukan pencatatan akuntansi tidak boleh menyimpan/mengolah persediaan.

Pemisahan tugas memisahkan fungsi operasi dan penyimpanan dari fungsi akuntansi (pencatatan). Dan suatu fungsi tidak boleh melaksanakan semua tahap suatu transaksi. Dengan pemisahan fungsi operasi dan penyimpanan dari fungsi pencatatan, pelaporan akuntansi yang disiapkan dapat mencerminkan transaksi yang sesungguhnya. Apabila semua fungsi disatukan, maka akan membuka kemungkinan terjadinya penyimpangan seperti pencatatan transaksi yang sebenarnya tidak terjadi, sehingga informasi akuntansi yang dihasilkan tidak dapat dipercaya kebenarannya, dan sebagai akibatnya kekayaan perusahaan tidak terjamin keamanannya.

Pemisahan Fungsi sebagai salah satu bagian dari pengendalian internal yang baik mensyaratkan bahwa tidak ada pegawai yang diberi tanggung jawab terlalu banyak. Seorang pegawai seharusnya tidak berada dalam posisi untuk melakukan penipuan dan menyembunyikan penipuan atau kesalahan yang tidak disengaja.

   For Further Information, Please Contact Us!