Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

4 KUNCI PRESENTASI BISNIS YANG HEBAT

15 September 2018
Category: SECRETARY
Penulis:         Ayun Dwi Oktora
4 KUNCI PRESENTASI BISNIS YANG HEBAT

Presentasi adalah menceritakan kisah yang berkelanjutan mulai dari awal, tengah hingga akhir. Sehingga audiens menjadi ingin tahu pembahasan selanjutnya. Lalu apa sih yang membuat presentasi itu menjadi HEBAT? Apakah desainnya? Kontennya? Struktur slidenya? Atau alat presentasinya?

Benar, itu semua adalah kunci-kunci untuk membuat presentasi menjadi HEBAT. Sebagai seorang Sekretaris harus memahami 4 kunci ini. Karena ini sangat menentukan keberhasilan pimpinan dalam menjalankan bisnis ketika presentasi, baik itu presentasi untuk intern perusahaan maupun ekstern relasi bisnis perusahaan. Berikut 4 kunci presentasi yang hebat:

    1.Konten yang tepat

    Setiap presentasi harus dimulai dengan konten yang tepat. Memiliki pesan yang jelas yang didukung dengan fakta. Fakta bisa berupa data, hasil survei, testimonial, foto atau pengalaman pribadi. Melibatkan audiens dengan beberapa pertanyaan-pertanyaan sehingga tidak membuatnya bosan. Jika memiliki banyak data, pilihlah yang paling menarik atau yang paling relevan.

    2.Desain yang efektif

    Semuanya dirancang untuk kejelasan dan konsistensi. Desain-lah presentasi tidak hanya desain yang cantik tetapi juga desain yang efektif. Dengan desain yang efektif membuat konten kita menjadi jelas. Mengarahkan audiens di sepanjang presentasi sehingga argumen atau cerita presentasi kita menarik. Untuk mendesain yang efektif tampak hebat, hanya perlu memiliki gagasan yang jelas tentang pesan yang akan disampaikan kepada audiens. Hindari terlalu banyak visual yang tidak ada hubungannya dengan pesan presentasi yang akan disampaikan.

    3.Struktur slide

    Menyusun slide presentasi sesuai dengan inti pesan yang akan dipresentasikan, mulai hal pendukung sampai dengan penyelesaian atau pemberian solusi. Presentasi yang hebat ditargetkan untuk para pendengarnya, baik dari segi pesan maupun konten. Menerapkan ide dalam struktur slide yang akan dipresentasikan akan mempermudah penyampaian informasi kepada audiens. Mampu secara efisien menyampaikan apa yang dibutuhkan audiens dan mengetahui keakuratan dan hal terbaru membuat kita menjadi presenter yang lebih efektif.

    4.Alat yang digunakan untuk menyampaikan presentasi

    Alat yang digunakan untuk menyampaikan presentasi adalah salah satu kunci presentasi yang paling diabaikan. Sama halnya seperti konten, desain dan struktur harus sesuai dengan situasi dan audiens, bagaimana kita bisa menyampaikan presentasi itu juga sangat penting. Cek tempat yang akan digunakan untuk presentasi. Apakah alat-alatnya kompatibel dengan materi yang akan dipresentasikan, sehingga tidak ada kendala pada saat presentasi. Dan juga memastikan apakah materi presentasi tersebut juga bisa di share kepada audiens, apabila dibutuhkan.

Ini merupakan 4 kunci untuk Presentasi yang hebat. Jika hanya memiliki beberapa dari kunci tersebut tidak akan menjadi presentasi yang hebat. Jika hanya memiliki konten bagus, desain bagus, tetapi alat yang digunakan untuk presentasi tidak kompatibel akan percuma saja. Sebaliknya, jika alat yang digunakan kompatibel tapi materi presentasi desainnya tidak bagus juga akan percuma saja. Menyatukan semua 4 kunci tersebut adalah akan membuat menjadi presentasi yang hebat. Seorang sekretaris harus bisa menyatukan 4 kunci ini untuk men-support pimpinan dalam melakukan presentasi yang hebat dalam menjalankan bisnis perusahaan.

***

   For Further Information, Please Contact Us!