Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Improve Your Business In Millennial Era By Growing Your Innovation

07 September 2018
Category: SECRETARY
Penulis:         Brigita Ageng Cahyani, A.Md.
Improve Your Business In Millennial Era By Growing Your Innovation

Memasukimilennial era, tentu kita harus memiliki strategi yang tepat untuk mengembangkan perusahaan. Improvisasi adalah keharusan agar perusahaan mampu menempatkan dirinya dan dapat terus bersaing. Inovasi merupakan sebuah langkah strategis dalam melakukan improve bisnis, dan Inovasi yang tepat, tentu akan membantu kelangsungan usaha.

Dunia bisnis modern kini ditandai dengan iklim persaingan dan kompetisi yang ketat, ragam produk dan layanan baru yang bermunculan. Perusahaan yang terlena dengan kebesarannya tentu dapat terlindas oleh persaingan. Di sinilah letak pentingnya inovasi, agar bisnis dapat tetap bertahan dan tumbuh di Millenial Era.Lalu, bagaimana cara menumbuhkan inovasi dalam diri kita, agar bisnis kita dapat senantiasa bertahan di era yang saat ini? Berikut beberapa langkah yang dapat Anda terapkan.

    1.Change Your Mind

    Dalam melihat setiap masalah, cobalah mengubah sudut pandang. Umumnya orang memandang masalah sebagai hambatan dan beban, orang inovatif memandang masalah dalam kehidupan bisnis justru merupakan peluang emas.Peluang untuk menciptakan ide-ide baru kreatif dan segar yang memberi keyakinan serta harapan besar bagi kesuksesan di masa yang akan datang. Karena tanpa mengubah cara pandang kita, maka kita tidak akan maju ke level selanjutnya, sedangkan perubahan jaman menuntut hal tersebut.

    2.Dare to take risk

    Daya inovasi itu muncul dalam situasi penuh persaingan serta risiko bisnis yang tinggi. Untuk itu, sebagai wirausahawan harus berani ambil risiko yang ada di hadapan Anda.Mengambil risiko bukan berarti nekad. Namun tentunya Anda sudah memperhitungkan dampak negatif dan positifnya, karena di titik inilah Anda belajar untuk mematangkan tiap langkah dan rencana bisnis. Coba lakukan research and development yang baik dan benar, jika dirasa keputusan tersebut sudah cukup matang, terapkan hal tersebut perlahan-lahan dan evaluasi hasilnya apakah hal tersebut berhasil atau tidak. Yang bahaya, bukannya punya cita-cita tinggi dan tidak tercapai, Yang bahaya itu justru punya cita-cita rendah dan tercapai! – Michelangelo

    3.Stay calm and relax

    Bersikap tenang dan santai. Kendalikan emosi Anda. Biarkan otak berpikir bebas tanpa hambatan. Jika Anda ingin menemukan dan menggali inovasi, jangan memforsir pikiran terlalu keras.Upayakan dengan sikap tenang, rileks dan nyaman, karena dengan demikian justru ide-ide dahsyat akan muncul dalam pikiran Anda. Jika emosi atau terkesan buru-buru, maka bisa jadi keputusan yang diambil salah, karena tidak mempertimbangkan dampak negatif yang akan dihadapi ke depannya. So, breath and behave!

    4.Look, Copy and Modified the Strategy

    Secara sederhana, inovasi banyak dilakukan dengan cara ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). ATM tersebut tentu saja tak salah. Yang paling penting adalah unsur pembeda dengan produk pesaing harus ada. Modifikasi adalah cara jitu menampilkan unsur pembeda, karena jika kita meniru produk pesaing kita, maka publik akan lebih memilih produk pesaing karena sudah lama beredar di pasaran.

    5.Innovative Community

    Bergabunglah dengan orang – orang atau komunitas inovatif dan kreatif. Tentu tak sekedar bergabung. Tantangan Anda adalah bagaimana menyerap energi kreatif dan inovatif mereka, sehingga pada akhirnya Anda bisa menjadi salah satu orang inovatif/kreatif dalam lingkungan itu.Temukan mentor dan motivator yang membuat Anda selalu bersemangat untuk belajar dan mengikuti jejak suksesnya, karena dari mereka kita dapat belajar banyak hal, dan menerapkan langkah nomor 4 tadi!

Demikian langkah-langkah awal yang dapat Anda terapkan untuk dapat bersaing di dunia bisnis saat ini. Langkah sederhana yang apabila diterapkan akan membuat bisnis Anda terus tumbuh dan berkembang ditengah persaingan yang semakin ketat di era milenial yang serba cepat ini.

   For Further Information, Please Contact Us!