Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

HOW TO BE “RISING STAR” AT WORKPLACE

18 August 2018
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Rizki Faradila, S.Psi
HOW TO BE “RISING STAR” AT WORKPLACE

Memiliki karyawan yang extra ordinary atau dapat dikatakan karyawan teladanmerupakan dambaan setiap perusahaan. Karyawan teladan diharapkan dapat menguntungkan perusahaan dan membuat lingkungan kerja menjadi produktif. Karena dengan kemampuan serta kepribadian yang dimiliki, ia mampu mengerahkan segenap potensi yang dimiliki untuk teraktualisasi menjadi prestasi di tempat kerja.Seperti halnya kata pepatah bahwa karyawan hanya dapat dilihat mengacu pada dua aspek menjadi rising star atau sebaliknya trouble maker. Tidak ada kamus “average” dalam kacamata manajemen karena setiap karyawan bisa saja dengan prestasi yang biasa-biasa.

Meski demikian untuk menjadi rising star bukan persoalan yang mudah dimana tidak hanya sekedar kemauan atau hanya wacana di kepala namun juga sejumlah aksi yang harus dilakukan guna mendorong untuk dapat menjadi karyawan teladan sesuai dengan yang diharapkan perusahaan. Tentu saja karyawan teladan ini bukan semata untuk kepentingan dirinya namun juga perusahaan secara keseluruhan. Dimana perannya juga memberikan arti bagi orang lain disekitarnya bilamana perlu juga menjadi role model orang lain disekitarnya untuk berprestasi yang sama.

Untuk dapat mengetahui karakteristik rising star atau karyawan teladan, berikut ciri-cirinya:

    1.Fleksibel dalam tuntaskan tugas

    Karyawan 'rising star' tidak hanya bekerja berdasarkan rutinitas atau dalam pengertian mengikuti Standar Operasional Prosedur. Karyawan teladan justru suka dengan suatu bentuk kreativitas serta inovasi sehingga cara kerja menjadi lebih efektif. Tidak segan ia berupaya proaktif mengusulkan cara-cara lain diluar kebiasaan sebagai cara kerjanya. Meski demikian dengan tetap tidak melanggar ketentuan serta mengacu pada ketentuan yang ditetapkan perusahaan.

    2.Kreatif dan Inovatif

    Rising star kerap berbeda dengan rekan kerja lainnya, mereka gemar menjadi sosok yang tidak biasa (out of the box). Hal ini tercermin dari wawasan cara memandang sesuatu termasuk dari aktivitas yang dilakukan sebagai eksekusi atas perbuatannya di lapangan. Ia tidak takut berbeda dengan pandangan orang lain bahkan bila perlu memancing ide-ide sehingga lebih kaya dalam pengambilan keputusan. Hal ini sangat berkaitan juga dengan tips sebelumnya sehingga lebih luwes dalam beradaptasi dengan segala situasi.

    3.Dapat menempatkan diri dengan baik

    Dalam berinteraksi dengan lingkungan, rising star paham batasan. Biasanya mereka tergambar sebagai pribadi yang menyenangkan, supel dan ramah, namun tetap dalam konteks professional. Dalam beberapa hal ini dapat memodifikasi prilakunya sehingga mudah diterima dan memfokuskan dirinya sehingga menjadi jujugan solusi diantara rekan-rekan sekitarnya.

    4.Aktif berbicara/ Asertif

    Karyawan rising star tidak ragu dan segan untuk mengutarakan pendapatnya dalam suatu forum. Ia pun juga tidak ragu untuk mengajukan pertanyaan jika memang terdapat hal yang kurang dipahami olehnya. Bahkan tidak jarang ia berani beradu argumen selama hal ini merupakan prinsip yang benar tentu saja ia tetap mencoba memahami serta menghargai pandangan berbeda dari orang. Ia juga berani mengambil resiko atas setiap tindakan serta perkataan yang dilakukan.

    5.Selalu ingin menjadi yang terbaik

    Rising star merupakan sosok yang ambisius, ingin berusaha tampil lebih daripada orang di sekitarnya. Kembali karena ia tidak ingin menjadi orang yang biasa-biasa saja.

    6.Tidak cepat puas dan pantang menyerah

    Seperti halnya gelas kosong maka untuk menjadi rising star selalu ingin belajar dari waktu ke waktu. Karena baginya ia tidak mudah puas dengan kondisi yang ada. Kembali bahwa mereka suka “hal berbeda” dimana jika dirasa banyak rekan sudah melakukan hal yang sama maka dia akan mencoba tantangan yang berbeda. Sebaliknya dalam meraih apa yang menjadi impian serta keinginannya ia akan mengerahkan seluruh potensi yang dimilikinya untuk mencapai target dari keinginannya tersebut. Bahkan dalam beberapa hal baginya kegagalan disikapi dengan prilaku positif sebaliknya ia juga tidak mudah menyerah dalam pencapaiannya.

    Dengan beberapa karakteristik diatas apakah hal tersebut sudah mewakili kondisi Anda? Jika jawabannya belum maka Anda harus berupaya untuk mencoba dengan mempelajari beberapa karakteristik diatas. Tentu saja bukan hal mudah jika saat ini posisi Anda berada pada posisi comfort zone karena ini sebenarnya penyebab dari keseluruhan kegagalan. Apalagi jika di dalam mindset kita sudah mengarah bahwa melakukan upaya diatas adalah merupakan sesuatu hal yang sulit. Namun tentu saja akan berbeda jika didalam diri baik itu dalam mindset serta perbuatan ada upaya untuk mau melakukan perubahan. Tentu saja mengarahkan diri untuk menjadi rising star.

Menyadari hal ini sulit perubahan dari dalam diri dapat dimulai dari gugus terkecil yaitu team di departemen atau divisinya hingga kemudian kepada gugus yang lebih luas kepada korporasi. Sekarang tergantung kepada Anda semua sejauh mana peran Anda di Perusahaan. Apakah Anda sudah berada di posisi rising star atau dalam pengertian sebagai mercusuar bagi rekan lainnya atau sebaliknya keberadaan Anda di perusahaan justru merugikan orang lain? Kembali itu semua tergantung kepada Anda.

   For Further Information, Please Contact Us!