Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

TREND PEKERJA FREELANCER

08 August 2018
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Yuanita Agata Talentine, S. Psi
TREND PEKERJA FREELANCER

Ada banyak trend yang berkembang dalam dunia kerja akhir-akhir ini. Adanya perkembangan teknologi digital yang begitu melesat membuat dunia bisnis juga semakin bersaing dalam perubahan. Kondisi yang demikian juga membuat para pekerja lepas (freelancer) semakin diuntungkan.Freelancer adalah pekerja yang tidak harus bekerja dalam kantor dengan batasan minimal 8 jam kerja tiap harinya. Mereka lebih fleksibel dalam mengatur kapan mereka akan bekerja, dimana dan dengan siapa mereka akan bekerja.

Kebebasan dalam bekerja, gaji yang bisa dinego, tidak terikat kontrak panjang, aturan yang tidak berbelit-belit dan lainnya menjadi keuntugan bagi para freelancer. Hal ini membuat pekerjaan sebagai tenaga freelancer saat ini semakin banyak diminati. Karena animo yang besar, bukan rahasia lagi bila banyak pekerja kantoran yang akhirnya berpindah menjadi tenaga freelance. Hal tersebut karena selain mereka dapat menentukan waktu bekerja, mereka juga lebih bisa fokus membagi waktu dengan keluarga.

Disisi lain permintaan dari perusahaan akan tenaga freelancer juga semakin meningkat, hal ini karena perusahaan mendapatkan banyak manfaat, antara lain memaksimalkan produktivitas karyawan dan perusahaan, efisiensi biaya rekrutmen, menambah ide-ide baru dan obyektif, dan fleksibilitas waktu. Berikut adalah beberapa pekerjaan yang biasa dilakukan oleh freelancer:

1.Internet Marketing

Saat ini kita sering melihat berbagai macam iklan yang ada di sosial media atau disaat browsing melalui internet. Meningkatnya pengguna internet membuka peluang para pelaku usaha untuk memasarkan produk ataupun jasa mereka melalui internet. Profesi seorang internet marketing sangat berperan agar target atau mekanismenya pasarnya tepat sasaran.

2.Website Development

Saat ini banyak orang dan perusahaan memanfaatkan perkembangan internet khususnya dalam pembuatan dan pengembangan website disetiap bidang pekerjaan mereka, kadangkala perusahaan tidak memiliki tenaga IT yang khusus mengerjakan hal tersebut sehingga profesi ini tentu masih menjanjikan.

3.Penerjemah

Dengan keahlian dalam berbahasa, seseorang bisa menjadi penerjemah. Seorang freelancer penerjemah bahasa biasanya menerjemahkan dokumen khusus, dengan upah yang lumayan tinggi.

4.Driver Online

Dulu menjadi driver bukanlah pekerjaan impian, namun saat ini pekerjaan ini banyak menjadi incaran di Indonesia karena waktu kerja yang cukup fleksibel dan penghasilan yang tidak sedikit.

5. Fotografer

Ada banyak sekali kebutuhan akan foto di dalam berbagai macam acara seperti pernikahan, acara ulang tahun maupun event event lainnya yang tentu akan diabadikan. Nah di sinilah peluang pekerjaan freelance yang memiliki skill foto maupun mengeditnya dengan membuka jasa fotografer pribadi.

Diatas adalah beberapa jenis pekerjaan freelance, namun masih ada banyak sekali yang pekerjaan lain yang bisa dikerjakan oleh tenaga freelance. Memang tidak mudah menemukan freelancer yang berkualitas dan terjamin aman. Ada baiknya sebelum menggunakan jasa freelancer, perusahaan memiliki data pribadi dan informasi mengenai kualitas freelancer yang bersangkutan. Hal inisangat penting untuk menjamin kelanjutan pekerjaan atau proyek, menjaga data data rahasia yang dikerjakan oleh para freelancer.

   For Further Information, Please Contact Us!