Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

Strategi Meningkatkan Dan Memaksimalkan Kinerja Pengelolaan Kas Perusahaan, Apa Yang Harus Dilakukan

27 September 2016
Category: ACCOUNTING
Penulis:         Arief Dharmawan, S.E.
Strategi Meningkatkan Dan Memaksimalkan Kinerja Pengelolaan Kas Perusahaan, Apa Yang Harus Dilakukan

Pengertian kas adalah modal kerja yang sifatnya sangat likuid (lancar). Semakin besar jumlah nominal kas yang terdapat pada suatu perusahaan artinya makin tinggi tingkat likuiditasnya. Karena itu masalah utama bagi pengelolaan kas adalah menyediakan kas yang memadai, tidak terlalu banyak (agar keuntungan tidak berkurang terlalu besar) tetapi tidak terlalu sedikit (sehingga akan mengganggu likuiditas perusahaan). Pada dasarnya ada beberapa tujuan perusahaan dalam pengelolan kas ini yaitu sebagai berikut:

  • Penyediaan kas yang cukup untuk operasi jangka pendek dan jangka panjang.
  • Melaksanakan efisiensi anggaran.
  • Penetapan tanggung jawab untuk penerimaan kas dan pemberian perlindungan yang cukup sampai dana disimpan.
  • Mengontrol pengeluaran secara menyeluruh.
  • Mengurangi pinjaman

Dalam hal ini sehubungan dengan adanya pengelolaan kas perusahaan, diperlukan suatu hubungan kerja sama pihak controller dan kepala keuangan perusahaan, untuk tugas dan tanggung jawab akan berbeda tergantung dari jenis dan besarnya perusahaan. Yang mana kepala bagian keuangan ini akan bertanggung jawab dalam memelihara hubungan baik dengan bank dan para investor lain, dimana tugasnya akan menyediakan pembayaran bunga dan pokok pinjaman tepat pada waktunya dan mengivestasikan dana yang berlebihan.

Nantinya dengan strategi perusahaan dalam pengelolaan kas harus dapat memperhatikan ukuran finansial seperti profitabilitasnya, penjualan, laba operasi, biaya per unit, pertumbuhan penjualan, dan arus kas yang meningkat dan lainnya. Dengan ukuran finansial pada prinsipnya akan dapat memberikan ringkasan atas konsekwensi tindakan ekonomis yang sudah diambil oleh perusahaan. Untuk ukuran finansial dapat memberikan petunjuk apakah strategi perusahaan dan implementasinya bisa memberikan kontribusi atau tidak kepada peningkatan efisiensi, produktivitas yang pada akhirnya laba. Selain itu juga tujuan lain dari pengelolaan kas perusahaan terkait finansialnya harus mempertimbangkan risiko perusahaan seperti risiko bisnis, finansial, operasi dan beberapa risiko lainnya yang mungkin akan dihadapi perusahaan kedepannya. Denganpersaingan yang semakin tinggi dan terbukanya pasar dalam dan luar negeri, perusahaan kecil, menengah dan besar dituntut untuk melakukan inovasi produk secara terus menerus, perbaikan manajemen keuangan khususnya dalam pengelolaan kas dan pembiayaan yang kreatif untuk tidak hanya meningkatkan laba, akan tetapi lebih daripada itu perusahaan dapat mengoptimalkan pertumbuhan secara berkesinambungan.

Dengan melakukan review periodic terhadap laporan penjualan dan laporan laba rugi, maka perusahaan juga harus selalu mereview neraca dan analisa laporan keuangan. Analisa dapat digunakan sebagai patokan perusahaan dalam melakukan perencanaan pola cashflow pada periode berikutnya. Dalam hal ini, harus dipastikan data terkait semua pemasukan kas dan biaya yang akan terjadi pada periode tersebut.

Pada intinya bagi kebanyakan perusahaan ketika mulai menjalankan sebuah bisnis selalu memikirkan strategi apa yang akan dilakukan dan bagaimana caranya untuk melancarkan penjualan pada bisnisnya, dan dengan mengelola kas sebaik mungkin sehingga menghasilkan sebuah profit. Apa yang diketahui bagi perusahaan terkadang mereka memahami bahwa yang namanya menjalankan sebuah bisnis adalah bisa mempunyai banyak waktu dalam menerapkan strategi perusahaan. Perusahaan diharuskan untuk mengetahui bagaimana caranya me managetidak hanya kas perusahaan, juga kinerja untuk dievaluasi setiap kali perusahaan mendapatkan keuntungan maupun kerugian. Berbagai macam perhitungan seperti biaya promosi, budget untuk mengeluarkan diskon maupun berbagai macam seperti; pengeluaran gaji untuk karyawan dan profit perusahaan harus dihitung dengan tepat agar tidak terjadi kerugian pada perusahaan.

Langkah awal yang harus diambil untuk meningkatkan margin keuntungan pada perusahaan adalah selalu memperhitungkan segala pengeluaran yang telah direncanakan yang mana diperlukan strategi perusahaan untuk dapat meningkatkan dan memaksimalkan kinerja pengelolaan kas agar penerimaan dan pengeluaran kas dapat terkontrol dengan baik dan digunakan dengan seefisien mungkin dalam menjalankan bisnisnya.

   For Further Information, Please Contact Us!