Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

KEUNTUNGAN DAN KELEMAHAN PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING

20 December 2019
Category: SECRETARY
Penulis:         Nova Wuisan
KEUNTUNGAN DAN KELEMAHAN PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING

Saat ini sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0, dimana ini ditandai dengan masuknya teknologi digital di berbagai aspek kehidupan manusia, baik di sektor ekonomi, bisnis, perbankan, infrastruktur, maupun komunikasi.Seiring dengan perkembanganera teknologi yang berkembang pesat ini, media pemasaran pun kini telah beralih peran, dari semua yang memanfaatkan media cetak, radio ataupun televisi beralih ke digital marketing.

Diambil dari Wikipedia, pengertian digital marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merk dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi dan relevan. Digital marketing tentunya tipe marketing yang identik dengan menggunakan internet, dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada. Saat ini, gadget dan media sosial sudah hampir tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan sehari-hari manusia. Oleh karena itu, bidikan marketing dengan memaksimalkan fitur yang ada pada gadget adalah sebuah option yang cukup menggiurkan, dimana pesan yang akan disampaikan akan cepat tersebar, bahkan dalam hitungan detik.

Ditambah lagi dengan fenomena pengguna media sosial di negara kita, yang didominasi oleh kaum milenial, tentunya saat akan memposting iklan/pemasaran secara digital, harus dikemas seapik mungkin, baik dari segi gambar, warna dan juga video yang menarik.

Di dalam dunia usaha, pengusaha yang tidak bisa mengikuti arus perkembangan atau perubahan zaman akan ketinggalan semakin jauh. Bisa saja usahanya tetap stagnan atau mungkin malah bangkrut. Sama halnya dengan pemanfaatan teknologi yang ada. Karena saat ini sudah masuk pada era digital, bagi pebisnis start-up yang mencoba menggeluti dunia bisnis online bisa dikatakan cukup mudah. Oleh karena itu setiap pengusaha wajib mengikuti arus digital ini, agar tidak semakin tergerus dengan cepatnya arus digitalisasi, termasuk di dunia bisnis. Bahkan seiring dengan inovasi digabungkan dengan digitalisasi mampu menciptakan fenomena baru dengan berkembangnya konsep-konsep sharing economy, internet of things, e-commerce, financial technology dan artificial intelligence dalam berbagai kehidupan.

Setiap metode yang dipilih, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu kita wajib bijak untuk mengantisipasi hal tersebut, Dalam setiap perubahan yang dilakukan dalam hal pemasaran ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan juga dari sisi positif dan negatifnya, berikut pemaparannya:

    -Mampu menghubungkan produsen dengan konsumen melalui internet dengan lebih cepat tak terbatas ruang dan waktu. Adanya teknologi internet ini produsen dan konsumen terkoneksi dengan mudah tanpa perlu bertatap muka secara langsung.

    -Biaya untuk digital marketing jauh lebih murah bila dibandingkan dengan marketing cara tradisional. Apabila dulu kita harus mencetak brosur/flyer/pamflet atau media cetak lainnya, maka kini dengan pemasaran digital marketing kita tidak perlu mengeluarkan biaya mencetak brosur atau media cetak lainnya. Pemasaran secara‘paperless’ mengurangi kertas yang digunakan dan lebih murah dibandingkan ‘marketing’ menggunakan media cetak/koran/majalah, televisi ataupun radio.

    -Dengan digital marketing memberikan kesempatan luas bagi para pengusaha mikro untuk branding produknya dan dapat kesempatan bersaing dengan perusahan lain/makro secara terbuka di internet/media sosial.

Digital marketing juga memiliki beberapa hal kelemahan antara lain:

    -Konsep marketing era e-commerce ini pemasaran secara online dapat dengan mudah ditiru oleh kompetitor/pesaing bisnis lainnya, karena tidak ada lagi batasan teritori lagi yang bisa menghambat produsen memasarkan produknya.

    -Digital marketing ini sangat tergantung pada teknologi (internet), apabila suatu daerah masih belum dekat dengan teknologi maka sebagus apapun produk tersebut tidak akan dikenal oleh masyarakat.

    -Tidak semua orang paham internet hanya kalangan tertentu generasi produktif yang paham teknologi dapat mengakses internet (terutama generasi millennial)

    -Tidak semua produk cocok dipasarkan dengan pemasaran digital marketing/media online.

    -Dengan pemasaran di era keterbukaan ini maka bila setiap ada hal yang kurang sesuai/tidak memuaskan customer akan dapat langsung bercerita di sosial media dan bahkan menjatuhkan produk tersebut/produsen. Dan menimbulkan penilaian jelek produk tersebut di masyarakat.

Dari pemahaman berbagai keuntungan dan kelemahan menggunakan digital marketing, setiap produsen/perusahaan dapat mempertimbangkan sebaiknya metode dan media apa yang akan dipilih sebagai strategi pemasaran produk yang akan dilakukan gar tetap mampu bersaing di dunia bisnisnya dalam keadaan yang serba uncertainly seperti saat ini.

   For Further Information, Please Contact Us!