Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

7 PENGGUNA INFORMASI LAPORAN KEUANGAN

24 August 2019
Category: ACCOUNTING
Penulis:         Stephanie Margareth Wiguna, S.E
7 PENGGUNA INFORMASI LAPORAN KEUANGAN

Kemajuan dan reputasi sebuah perusahaan dapat dilihat dari laporan keuangan yang sehat. Laporan keuangan memberikan informasi mengenai keadaan keuangan serta kelancaran bisnis suatu perusahaan. Namun untuk siapa saja informasi tersebut diberikan?

Pengguna informasi laporan keuangan dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu pengguna eksternal dan pengguna internal. Pengguna internal merupakan orang – orang yang berada dalam perusahaan tersebut. Berikut ini adalah pengguna internal laporan keuangan:

    1.Pemilik (Owner)

    Pemilik merupakan bagian terpenting dalam hal ini untuk mengetahui laporan keuangan perusahaan. Sehingga mereka dapat mengetahui apakah bisnis perusahaannya lancar atau tidak.

    2.Manajemen

    Pihak manajemen dapat mengetahui keuntungan maupun kerugian suatu kegiatan bisnis perusahaan. Sehingga fungsi pihak manajemen mengetahui laporan keuangan perusahaan adalah agar mereka dapat membuat strategi di masa depan supaya perusahaan dapat semakin maju dan berkembang.

    3.Karyawan

    Pihak ini memerlukan informasi laporan keuangan jika upah atau bonus mereka didasarkan pada laba atau profit suatu perusahaan.

Pengguna eksternal merupakan orang – orang yang berada di luar perusahaan. Berikut ini adalah pengguna eksternal laporan keuangan:

    1.Kreditor

    Kreditor merupakan perseorangan maupun organisasi yang memberikan pasokan barang secara kredit ataupun pemberian pinjaman sejumlah dana. Fungsi mereka mengetahui laporan keuangan adalah agar mereka dapat mengetahui tingkat kesehatan keuangan suatu perusahaan sebelum memberikan kredit. Tujuannya agar kreditor dapat menentukan tingkat kemampuan perusahaan untuk mengembalikan dana yang mereka pinjamkan. Hal utama untuk mengetahui tingkat kesehatan perusahaan adalah laba rugi dan neraca.

    2.Investor

    Hal ini berlaku baik untuk calon investor maupun investor. Investor merupakan penanam modal di suatu perusahaan maka sangat penting bagi mereka untuk mengetahui mengenai kemajuan dan kemakmuran perusahaan.

    3.Pemerintah atau Otoritas Pajak

    Fungsi pemerintah mengetahui umumnya adalah untuk tujuan perpajakan.

    4.Konsumen

    Kelompok ini tertarik untuk memperoleh barang yang dijual oleh perusahaan lebih murah. Sehingga berkaitan dengan pengurangan biaya produksi yang akan berdampak pada harga jual suatu produk pula.

Itulah beberapa pihak yang membutuhkan informasi laporan keuangan suatu perusahaan dengan tujuan dan kebutuhan yang berbeda-beda. Tentunya tidak semua pihak tersebut dapat memahami isi dari laporan keuangan. Perusahaan dapat menggunakan jasa konsultan seperti jasa supervisi laporan keuangan. Melalui jasa tersebut pengguna laporan keuangan dapat mengerti fungsi dari setiap komponen di laporan keuangan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

   For Further Information, Please Contact Us!