Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

Blockchain Sebagai Nyawa Baru Perkembangan Teknologi Sistem Akuntansi Perusahaan

22 September 2018
Category: MANAGEMENT SYSTEM
Penulis:         Arika Kamelia, S.E.
Blockchain Sebagai Nyawa Baru Perkembangan Teknologi Sistem Akuntansi Perusahaan

Blockchain (semula Block chain) adalah record (berbasis data) yang terus berkembang, disebut block karena terhubung dan diamankan menggunakan teknik kriptografi. Kata-kata “block” dan “chain” digunakan secara terpisah dalam penelitian asli Satoshi Nakamoto, namun akhirnya dipopulerkan sebagai satu kata “blockchain”, pada tahun 2016. Istilah blockchain 2.0 merujuk pada aplikasi basis data blockchain terdistribusi versi baru yang pertama kali muncul pada tahun 2014. Blockchain diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2008 dan dimanfaatkan sebagai buku besar untuk transaksi publik cryptocurrency bitcoin yang biasanya dikelola oleh sebuah jaringan pear to pear secara kolektif dengan mengikuti protokol tertentu untuk komunikasi antar node dan mengkonfirmasi blok-blok baru. Blockchain ini kemudian digunakan sebagai komponen inti bitcoin (bitcoin core). Dimana blockchain difungsikan sebagai buku besar publik untuk semua transaksi yang terjadi dalam jaringan. Penemuan blockchain untuk bitcoin menjadikannya mata uang digital pertama yang dapat mengatasi masalah double-spending tanpa memerlukan otoritas terpercaya atau peladen pusat.

Setiap blok dalam blockchain biasanya memuat hash kriptografis dari blok sebelumnya, timestamp, dan data transaksi. Secara desain, blockchain resistan terhadap modifikasi data. Setelah transaksi dilakukan, secara praktis hal tersebut tidak dapat diubah (kekal/abadi) kecuali mayoritas pengguna blockchain berkolusi. Blockchain dimanfaatkan untuk mencatat transaksi pada banyak komputer sehingga catatan tersebut tidak dapat diubah secara retroaktif tanpa mengubah seluruh blok setelahnya serta konsensus dalam jaringan. Hal ini memungkinkan peserta untuk memverifikasi dan mengaudit transaksi dengan mudah. Blockchain juga digambarkan sebagai protokol pertukaran nilai. Pertukaran nilai berbasis blockchain ini dapat diselesaikan dengan cepat, lebih aman dan lebih murah dibandingkan dengan sistem tradisional,

Blockchain dirancang dari awal agar aman (secure by design) dan merupakan contoh sistem komputasi terdistribusi dengan Byzantine Fault Tolerance (BFT) yang tinggi. Konsensus terdesentralisasi dapat dicapai dengan blockchain. Hal ini membuat blockchain cocok untuk merekam peristiwa, catatan medis, dan aktivitas pengelolaan record lainnya, seperti manajemen identitas, pemrosesan transaksi, dokumentasi barang bukti, ketertelusuran makanan, dan pemungutan suara. Blockchain merupakan sebuah teknologi yang menjanjikan untuk pencatatan akuntansi secara real-time dan pemantauan berkelanjutan. Teknologi Blockchain menyediakan metode untuk berbagi database di antara para peserta bahkan jika mereka tidak percaya satu sama lain, dan itu menciptakan pasar untuk mentransfer aset berdasarkan jaringan peer-to-peer tanpa otoritas pusat. Teknologi Blockchain telah menarik investasi yang signifikan dari pemodal ventura, bankir multinasional, dan perhatian dari regulator. Nasdaq mengumumkan pada bulan Desember 2015 bahwa emiten dapat melakukan transaksi efek pada blockchain pribadinya.

Prototipe blockchain pertama Sydney Stock Exchange (BES) diluncurkan pada Mei 2016, yang merupakan "langkah pertama mereka menuju platform pertukaran" settlement-and-transfer-upon-trade ". Sementara itu, eksplorasi aplikasi blockchain oleh perusahaan audit dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas audit. Konvergensi teknologi akuntansi dan blockchain menunjukkan harapan besar untuk mengurangi upaya manual redundan, meningkatkan kecepatan penyelesaian transaksi, dan mencegah penipuan pelaporan keuangan. Hal ini dapat secara drastis mengubah keuangan perusahaan dan pemerintahan seperti yang dilakukan oleh Securities and Exchange Acts pada tahun 1933 dan 1934.

Namun, salah satu tantangan yang menghambat penerapan blockchain adalah kekhawatiran manajer perusahaan tentang kerahasiaan keuangan dan rahasia bisnis mereka karena semua peserta dalam blockchain publik memiliki salinan lengkap dari setiap transaksi. Semakin banyak node ditambahkan ke jaringan, semakin dapat dipercaya datanya, dan semakin kurang kerahasiaan blockchain-nya. Kekhawatiran ini mengarah pada pengembangan private blockchain yang hanya mengizinkan pihak-pihak dapat membaca catatan dan membuat transaksi. Meskipun private blockchain menyediakan lingkungan bisnis yang relatif tertutup dan aman, namun ia mengorbankan transparansi data dan partisipasi publik, yang dapat membatasi hambatannya karena manajer memiliki kontrol penuh atas blockchain pribadi. Oleh karena itu, resistensi tamper private blockchain tidak dapat dijamin jika manajemen dapat memanipulasi data transaksi untuk keuntungan pribadi. Dilema mengadopsi blockchain dalam akuntansi dan audit adalah dalam menemukan trade-off antara kerahasiaan informasi dan transparansi. Pilihan harus dibuat antara private blockchain dengan resistensi tamper yang berkurang dan blockchain publik yang terkena risiko pelanggaran kerahasiaan.

   For Further Information, Please Contact Us!