Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

Sel Manufaktur

22 May 2015
Category: PRODUCTIVITY AND QUALITY
Penulis:         Cyprianus Iwan Permono, S.T.
Sel Manufaktur

Tuntutan pelanggan sudah berubah drastis, permintaan pelanggan cenderung lebih beragam tetapi dalam jumlah yang lebih kecil. Dengan keadaan yang seperti ini maka akan banyak sekali terjadi interupsi dalam proses produksi, dimana harus melakukan set-up ulang berdasarkan produk-produk yang berubah tersebut Atau resiko lain adalah dengan tetap berjalan dengan sistem produksi sekarang dengan menyimpan persediaan yang sangat besar untuk menghadapi perubahan yang sangat cepat, apakah anda akan melakukan hal seperti ini? Dan apakah anda sudah memprediksi dampak tindakan tersebut?

Kasus ini sudah menjadi kecenderungan perubahan perilaku pelanggan secara global. Untuk menyikapi keadaan tersebut banyak berbagai cara dilakukan oleh perusahaan-perusahaan baik di Indonesia maupun di dunia, salah satu yang mampu menghadapi berbagai perubahan tersebut adalah dengan menciptakan sistem proses yang mengalir dengan jalur yang lebih pendek atau mini line yang disebut dengan istilah “sel manufaktur”

Sel manufaktur adalah sebuah kelompok mesin atau proses yang ditempatkan secara berdekatan dan berfungsi untuk memperoleh sebuah part family. Dalam sel manufaktur terdapat istilah sistem manufaktur selular (CMS) yang merupakan aplikasi dari Group Technology (GT) yang melibatkan pengelompokan mesin berdasarkan komponen-komponen manufaktur yang dibuat sendiri. Tujuan pembuatannya adalah mengidentifikasi sel-sel mesin dan part family secara simultan serta mengalokasikan part family ke sel-sel mesin. Sel mesin adalah kumpulan beberapa mesin atau mesin tunggal yang berfungsi memproduksi beberapa komponen.

Atau sel manufaktur adalah suatu sistem proses manufaktur dimana peralatan dan stasiun kerja ditata/disusun dengan urutan yang lebih efisien dimana aliran, persediaan dan material untuk membuat produk dari awal hingga akhir dalam single process flow, serta membuat proses transportasi dan waktu menunggu yang minimal.

Persyaratan aliran produksi yang baik adalah:

    1.Penempatan mesin sesuai dengan urutan proses;

    2.Gunakan mesin yang compact;

    3.One piece flow;

    4.Cycle time;

    5.Multi process operation;

    6.Multi skill worker;

    7.Produksi dengan berdiri (tanpa kursi), perlu dilihat jenis pekerjaannya.

Proses penerapan sel manufaktur:

    1.Memahami kondisi saat ini;

    2.Mengantisipasi desain aliran ke depan;

    3.Mengubah dan mengaplikasikan aliran proses menjadi orientasi produk layout;

    4.Perbaikan terus menerus kinerja dari cell.

Dan manfaat dari pada system sel ini adalah mempercepat respon terhadap perubahan permintaan pelanggan dengan cepat dikarenakan sel ini didesain dengan proses yang cepat atau dengan kata lain lead time-nya sangat pendek sekali, biaya persediaan akan turun drastis karena sistem sel ini memudahkan anda untuk menemukan permasalahan dengan mudah dan cepat dalam melakukan tindakan perbaikan. Meningkatkan ketrampilan pekerja dikarenakan sistem sel menuntut pekerjaan lebih dari satu atau disebut multi tasking, dan produktifitas akan meningkat dengan signifikan. Dan lebih dari itu adalah kepuasan pelanggan akan terpenuhi dengan menggunakan sel ini.

   For Further Information, Please Contact Us!