Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Teknologi Penggerak Utama Bisnis Masa Depan

29 June 2018
Category: MANAGEMENT SYSTEM
Penulis:         Angelina Hutomo Chandra, S.E.
Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Teknologi Penggerak Utama Bisnis Masa Depan

Penggunaan teknologi yang digunakan dalam dunia bisnis adalah terkait teknologi informasi & komunikasi yang didalamnya didukung dengan alat utama yaitu komputer. Penggunaan awal sebagai media dalam pengolahan data administratif internal secara lokal dalam perusahaan dengan memanfaatkan konfigurasi jaringan (Networking). Perluasan kemampuan komputer dengan konfigurasi networking mengembangkan pola bisnis yang turut berkembang yang pada awalnya dengan memanfaatkan internet sebagai media marketing berupa promosi produk dan perluasan pengenalan profil perusahaan, berkembang menjadi media komunikasi berupa pembentukan komunitas sesama pemakai produk dan produsennya dengan mediator e-mail dalam internet sehingga perusahaan dapat dengan mudah mendekatkan diri dengan pelanggannya. Lalu, perkembangan berlanjut menjadi proses transaksi jual beli produk (e-trade / online trade) serta transaksi pertukaran financial dalam dunia perbankan (e-payment dan e-banking) dan kemudian dikembangkan lebih luas lagi menjadi berbagai pola bisnis komersial secara online (e-commerce dan e-business).

Perkembangan masih berlanjut dengan pergeseran elektronik secara desktop / personal computer menjadi portable atau mobile sehingga tercipta berbagai media transaksi on-line dengan penggunaan mobile-phone.

Keunggulan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Teknologi Informasi:

Sistem informasi akuntansi dalam perusahaan yang sudah didukung oleh teknologi informasi (SIA berbasis komputer) merupakan bagian dari sistem yang ada yang dapat memberikan informasi bagi semua tingkat manajemen, mulai dari manajemen tingkat atas (Top Level Management) seperti direktur dan Eksekutif, manajemen menengah (Middle Level Management) seperti kepala cabang, divisi serta manajemen tingkat bawah (Lower Level management) seperti mandor, supervisor. Berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki oleh sistem informasi akuntansi yang didukung teknologi informasi (SIA berbasis komputer), yaitu:

a.Proses Pengolahan Data yang Cepat

Salah satu ciri atau karakteristik dari suatu informasi yang berkualitas adalah ketepatan waktu informasi yang diterima artinya jika infromasi yang diterima terlambat maka ini akan mengurangi nilai manfaat infromasi itu sendiri. Sedangkan salah salah satu manfaat informasi bagi penerimanya adalah menjadikannya sebagai referensi dalam pengambilan keputusan (decision maker). Dalam bisnis keterlambatan pengambilan keputusan akan dapat menghilangkan peluang emas yang seharusnya di raih. Tidak terlalu berlebihan jika ada yang mengatakan bahwa keputusan yang cepat meski sedikit kurang tepat akan jauh lebih baik dibandingkan dengan keputusan tepat namun terlambat. Faktor kecepatan dalam mendapatkan informasi ini sering menyebabkan menjadi mahalnya informasi. Masalah kecepatan proses pengolahan data sampai menjadi informasi dalam sebuah sistem informasi ini akan terjawab jika sistem informasi didukung oleh teknologi informasi.

b.Memiliki Tingkat Akurasi Informasi Yang Tinggi

Informasi yang akurat adalah informasi yang penuh dengan kepastian, yang sesuai dengan tujuan pengolahan data, yang tidak bias atau tidak mengandung kesalahan. Sebuah informasi yang akan dijadikan referensi dalam pengambilan keputusan atau pembuatan kebijakan organisasi haruslah akurat sehingga dampaknya dapat dirasakan dari produk keputusan atau kebijakan yang di ambil akan benar atau tidak menghasilkan keputusan atau kebijakan yang salah. Bila informasi di dalam proses sistemnya sangat bergantung pada kemampuan manusia (sistem manual) akan banyak kelemahan yang sudah barang tentu akan mengurangi akurasi informasi yang dihasilkan. Kita tahu
manusia bila mengerjakan sesuatu pekerjaan dengan rutinitas yang tinggi akan mengalami tekanan mental (stressing) atau kelemahan mental. Hal ini tidak akan terjadi bila sistem informasi sudah berbasis komputer atau sudah didukung oleh teknologi informasi.

c.Efesiensi Sumber Daya Manusia

Pada sistem informasi akuntansi yang manual dengan jumlah data transaksi yang banyak akan membutuhkan lebih banyak tenaga kerja yang melakukan tugas sebagai pemroses data. Ada petugas pencatatan jurnal, petugas buku besar (ledger), Petugas Adjustment sampai pada petugas pembuat laporan keuangan. Di dalam sistem informasi akuntansi yang sudah berbasis komputer hanya dibutuhkan satu operator sistem saja yang bertugas sebagai entry data transaksi saja, selebihnya proses pengolahan data dilakukan secara otomatis. Dalam hitungan detik jika proses input data telah selesai informasi keuangan atau laporan keuangan apapun yang diinginkan akan dapat ditampilkan sehingga operator yang ada bisa dialokasikan untuk melaksanakan pekerjaan yang lain.

   For Further Information, Please Contact Us!