Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

TAMPIL KREATIF DENGAN INSPIRASI TREND TAHUN 2020

25 April 2020
Category: SECRETARY
Penulis:         Dyah Vintocia
TAMPIL KREATIF DENGAN INSPIRASI TREND TAHUN 2020

Perubahan dunia desain memang menjadi hal menarik untuk diikuti, terutama bagi kita para pekerja di dunia seni desain. Tidak hanya industri kreatif yang mengalami perkembangan yang pesat, munculnya teknologi dengan bermacam-macam trend yang hadir di sekitar kita juga bermunculan tanpa henti menjadikan dunia design menjadi semakin berwarna, kreatif dan inovatif.

Dunia desain memungkinkan kita untuk lebih terbuka dan mengikuti perkembangan jaman. Dengan memahami esensi dari perubahan, akan membantu menjaga pekerjaan kita tetap berada di tingkat tinggi dan kita juga akan mendapat umpan balik yang positif pula. Dan di tahun 2020 ini, dunia desain akan memiliki evolusi trend yang menjadi tombak terpenting dalam sejarahnya. Dengan bergantinya dekade ini, tentu saja akan membawa harapan serta potensi baru yang telah dinantikan banyak orang, termasuk di dunia desain.

Sebenarnya ada beberapa trend yang memang sudah muncul sejak beberapa tahun lalu dan tetap menjadi trend hingga saat ini. Nah, berikut adalah beberapa inspirasi trend yang akan bermunculan di sekitar kita:

    1.Tema warna

    Trend warna yang mucul di tahun 2020 ini adalah warna-warna ala cyberpunk. Persiapkan diri kita untuk menyambut evolusi baru dengan warna-warna yang ceria, bold, dan berani.

    Oleh karena itu, desain grafis terutama dalam mendesain logo penerapan warna memainkan peranan yang sangat besar dan akan menciptakan kesan suatu proyek. Namun, adanya warna gelap atau yang sering disebut warna “kegelapan” juga menjadikan trend tersendiri, hal ini lebih kepada warna hitam ketimbang biru gelap atau hijau gelap. Warna hitam yang memiliki kesan elegan dengan kombinasi warna yang minimalis akan menarik jumlah pengguna yang sangat besar pula.

    2.Perkembangan Interaktif

    Salah satu tujuan dari pemilihan desain ini adalah menarik perhatian para pengguna. Trend ini lebih mengacu pada produk atau layanan digital berbasis media komputer yang merespon tindakan pengguna dengan menyajikan konten berupa teks, gambar bergerak, audio dan lain sebagainya.

    3.Deformasi Visual

    Bagian ini biasanya banyak digunakan para designer UX, dimana perancang mencoba membuat atau menentukan apa pengalaman untuk pengguna tertentu. Dengan kata lain, kita mampu menciptakan persepsi optik seseorang. Karena memang sebagian otak kita dirancang berdasarkan pola, antara lain garis lurus dan simetris. Keseruan dari trend ini adalah ia menciptakan rasa dinamisme gambar yang sebenarnya statis. Hal ini bisa menambah keinginan pengguna untuk melihat-lihat gambar.

    4.Pola Futuristic

    “Kembali ke masa depan?” hal itu pasti akan sangat lama dan memunculkan berbagai hal-hal yang tidak terpikirkan oleh kita. Penggunaan elemen ini dalam dunia desain bisa berupa elemen tunggal, pola-pola geometris atau keseluruhan dari gambar yang di buat menjadi satu kesatuan yang berbeda.

    5.3D

    Tiga Dimensi Ini merupakan puncak bagi para designer, bentukan ini juga selalu ada di setiap industri, baik perfilman, website, game, percetakan, animasi, logo, arsitek, dan lain sebagainnya. 3D Ini adalah salah satu platform yang bagus untuk merealisasikan imajinasi-imajinasi para designer.

    6.Pola Asimetris

    Merupakan salah satu trend di abad 21. Kotak persegi sudah kehilangan relevansinya karena membosankan. Sesuai dengan Namanya, pola ini memiliki bentuk yang tidak beraturan.

    Namun, setelah di susun menggunakan layout yang sesuai, akan menghasilkan sebuah kejutan dari hasil yang diciptakan.

    7.Isometri

    Adalah menggambar objek 3 dimensi dalam dimensi 2 dimensi merupakan trend lain yang akan muncul di tahun ini. Dengan isomteri, akan dapat lebih jelas menunjukkan efek dari suatu program ke suatu medan.

    8.Font Serif yang kreatif

    Tidak di pungkiri, tulisan tangan dengan lengkungan yang menarik akan menjadikan font jauh lebih menyenangkan. Ini akan membangun reputasi suatu merek lebih menonjol. Menciptakan font serif di tahun 2020 akan menjadikan sebuah trend.

    9.Simplicity

    Trend ini sudah ada dalam beberapa tahun terakhir, namun dalam dunia desain dan web, penggunaan konsep ini relatif cukup baru digunakan. Desain harus memiliki point of view dalam 8 detik dan point of view tersebut berfokus pada element utama yang memiliki pesan untuk pembaca.

Lalu apa saja yang menjadi Out of Date dalam dunia desain? Yang pertama adalah keanekaragaman dalam mendesain, sebagai salah satu contoh memiliki lebih dari 3 font dalam satu desain, bentuk dan corak yang berbeda. Lalu ada juga komposisi yang rumit, hal ini dimaksudkan karena gambar yang di hias terlalu sulit tidak akan diminati oleh pengguna, karena pengguna akan kesulitan dalam memahami gambar tersebut dan akan membatasi dari segi waktu. Mengunakan pola minimalis merupakan salah satu solusinya. Dan yang terakhir adalah muted shade, seperti yang telah di tulis diatas trend yang akan muncul di tahun ini adalah penggunaan warna-warna yang cerah, bold dan berani, tidak pudar. Walaupun penggunaan metode muted shade ini masih digunakan dalam beberapa hal, misalnya tipografi. Penggunaan metode muted shade menggambarkan kesan masa lalu dan tidak dapat dibandingkan dengan trend.

Apapun trend grafisnya, hal itu semua bergantung pada kita dan apa yang kita butuhkan. Desain yang nantinya akan kita ciptakan juga akan memberikan pesan dan kesan yang berbeda pula bagi para pembacanya.

   For Further Information, Please Contact Us!