Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Maximize Opportunities In Business

15 March 2018
Category: SECRETARY
Penulis:         Nurul Hidayati, S.E.
Maximize Opportunities In Business

Peluang merupakan salah satu elemen penting dalam bisnis. Esensi dari peluang adalah asas manfaat. Dimana segala sesuatu yang muncul dianggap sebagai sesuatu yang bernilai dan dimaksimalkan keberadaannya. Lantas bagaimanakah cara memanfaatkan peluang terutama peluang yang muncul dalam dunia bisnis? Berikut beberapa tips yang dapat di terapkan :

1.Build Your Thoroughness

Berbisnis membutuhkan suatu perencanaan yang matang dan kemampuan untuk memaksimalkan setiap peluang yang ada. Dengan sistematika yang tepat serta kejelian menangkap peluangdiharapkan membantu Anda dalam mengorganisir semua kepentingan bisnis. Dimulai dari membuat catatan kecil untuk menetapkan skala prioritas berikut target-target yang harus kita raih maka kita dapat memutuskan tahapan apa yang harus dilakukan berikut cara mencapainya. Catatan disini termasuk memaksimalkan poin-poin penting diantaranya pos pengeluaran serta pemasukan. Disinilah diperlukan ketelitian guna melihat serta menghitung sejauh mana perkembangan bisnis Anda. Apakah effort serta biaya yang Anda keluarkan sebanding dengan pemasukan yang Anda peroleh.

2.Focus

Ketertarikan untuk memulai sebuah bisnis yang baru, disebabkan karena kita selalu ingin memaksimalkan keuntungan. Memang cara seperti ini cukup menjanjikan, namun tanpa disadari bahwa ketidakkonsisten pada diri anda justru menjadi bumerang yang bisa menghancurkan bisnis yang dirintis. Memaksimalkan setiap peluang menjadi keuntungan memang hal yang penting tetapi bukan berarti dengan membuka bisnis baru pasti didalamnya ada keuntungan. Sebaiknya tetap fokus untuk menjalankan satu bisnis terlebih dahulu, melakukan pembelajaran… dan yang terpenting ditinjau kembali apakah bisnis ini akan kita teruskan ataukah sebaliknya harus beralih kepada bisnis lain?? Jika bisnis sudah berjalan stabil maka barulah Anda dapat memikirkan untuk menambah bisnis lain. Satu hal lain yang juga tidak boleh dilupakan, membangun sebuah bisnis juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Tetap fokus adalah pilihan bijak guna membangun strategi bisnis jangka panjang.

3.Dont Avoid Competition

Persaingan dalam dunia bisnis itu sudah menjadi hal yang wajar. Karena masih banyak pebisnis lain diluar sana yang ingin meraih kesuksesan seperti yang Anda raih. Jangan pernah menghindari persaingan, tapi maksimalkan persaingan itu menjadi sebuah peluang untuk menjadi lebih baik. Tentu saja hal ini dapat terjadi jika Anda melihat persaingan bukan dari sudut skala sempit atau negatif melainkan dari sudut pandang yang lebih luas. Melihat peluang dalam persaingan, juga akan lebih berarti bagi bisnis kita, daripada harus memikirkan setiap persaingan yang ada. Karena itu, tetaplah optimis pada bisnis Anda dan tentukan sejumlah upaya untuk memberikan nilai tambah dalam bisnis sehingga membuat pelanggan tidak mudah berpaling kepada pesaing.

4.Build Creativity

Diperlukan kreativitas dalam menjalankan suatu bisnis. Sehingga jangan pernah ragu, khawatir, berhenti dan membayangkan kekhawatiran akan munculnya kegagalan dalam merencanakan ide-ide baru. Mengingat ide dan kreativitas sangat dibutuhkan dalam memaksimalkan peluang bisnis. Hanya dengan ide dan kreativitas, bisnis akan terus bertahan terutama menyesuaikan diri dengan perkembangan terupdate guna menghadapi persaingan yang semakin pesat.

   For Further Information, Please Contact Us!