Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

PENTINGNYA GROOMING BAGI SEKRETARIS

09 March 2018
Category: SECRETARY
Penulis:         Annisa Lupita Rachmi, S.E.
PENTINGNYA GROOMING BAGI SEKRETARIS

Dalam dunia bisnis modern, penampilan atau pribadi dari karyawan menjadi sesuatu yang tidak dapat dihindarkan. Hal tersebut berlaku untuk karyawan yang berinteraksi langsung dengan pelanggan maupun back office terlebih lagi sekretaris. Penampilan yang baik mampu menciptakan kesan yang baik di mata atasan maupun pelanggan. Sekretaris yang berpakaian rapi dapat menimbulkan rasa hormat bagi siapapun yang bertemu atau berinteraksi dengannya. Setiap perusahaan tentu saja memiliki standar berpenampilan yang berbeda-beda. Standar tersebut umumnya dibakukan dalam Standar Operating Procedures (SOP). Setiap karyawan yang memiliki ikatan dengan perusahaan wajib mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Grooming berasal dari kata wellgromed yang berarti berpenampilan serasi, yaitu penampilan seseorang yang terjaga kerapiannya. Jadi grooming adalah penampilan diri seorang petugas yang terjaga dan selalu rapi pada saat dia bekerja baik diluar maupun diluar kantor. Menurut Sugiyarto (1999:18), penampilan adalah bentuk citra diri yang terpancar dari diri seseorang, sekaligus merupakan sarana komunikasi antara orang yang satu dengan orang lain. Berpenampilan menarik merupakan hal yang sangat penting, terutama pekerjaan yang banyak berinteraksi dengan para pelanggan.

Grooming, atau kerapian yang lebih luas, meliputi kerapian luar dan dalam. Kerapian berkaitan dengan sifat yang peduli dengan kebersihan lingkungan kerja dan sekitarnya, tidak jorok, dan memiliki kebiasaan rapi. Sedangkan kerapian luar merupakan tampilan yang tampak, seperti cara berpakaian dan berdandan.

Sekretaris identik dengan pekerjaan yang teratur dan menjadi ikon sebuah perusahaan. Seperti halnya public relation, seorang sekretaris juga dituntut punya penampilan menarik dan profesional. Karena tidak menutup kemungkinan sekretaris harus mendampingi atasan ketika bekerja atau meeting diluar kantor. Sekretaris harus memperhatikan grooming seorang sekretaris itu sendiri.

Rasa percaya diri seseorang akan lebih besar ketika menggunakan pakaian yang cocok dan nyaman. Cara berpakaian, make-up, gaya berjalan, body language, cara makan minum, serta cara berbicara merupakan hal yang sangat penting dalam Grooming itu sendiri. Dalam kualitas pelayanan prima, maka sikap yang harus ditonjolkan sekretaris harus mencerminkan sikap dewasa dan professional, sehingga atasan merasa senang dan bangga dengan kinerja kita.

Berikut kami sampaikan cara berpenampilan menarik, yaitu:
1. Tata cara berpakaian. Cara berbusana yang mencerminkan kewibawaan bagi yang memakainya. Dalam memilih busana perhatikan untuk bahan yang digunakan, ukuran dan lain sebagainya. Busana kerja harus mampu mencerminkan bahwa kita adalah pegawai yang professional dan mencerminkan profesi kita. Beberapa uang harus diperhatikan yaitu citra diri yang ingin ditampilkan, kerapihan dan variasi model atau warna yang enak dilihat. Hindari menggunakan pakaian yang berbahan kaos, karena itu menunjukkan bahwa kita kurang rapi dan tentu saja tidak profesional.
2. Tata cara berhias. Make-up bukan hanya rias wajah, melainkan termasuk perawatan kulit agar menjadi bersih. Gunakan bahan make up yang cocok dengan wajah dan sesuaikan dengan karakter kita. Sekretaris wajib mengetahui cara merawat dan memakai make up secara benar. Cara berhias bagi sekretaris yaitu pakailah alas bedak seperlunya. Gunakan eyeshadow/blusson sesuai dengan pembawaan anda. Gunakan eyeliner agar mata terlihat segar. Hindari menggunakan lipstick terlalu tebal. Yang terakhir dan yang paling penting adalah gunakan parfum.
3. Kelengkapan menggunakan aksesoris. Pakailah aksesoris secukupnya dan tidak berlebihan. Misalnya untuk baju yang polos, gunakan kalung untuk mempermanis penampilan anda. Gunakan jam tangan agar terlihat professional. Usahakan memakai higheels dan hindari menggunakan sandal.

Walaupun make up yang yang tidak belebihan atau natural, seseorang dapat memperlihatkan kecantikannya dengan menumbuhkan citra diri yang positif. Citra diri adalah persepsi/paradigma/konsep sendiri tentang dirinya, identitas, kemampuan dan martabat. Innerbeauty tidak muncul hanya dari riawan wajah saja, yang lebih penting adalah citra positif mampu membuat kita selalu berpikir positif.

Penampilan adalah pembentukan diri seseorang baik secara fisik maupun kepribadian yang baik sehingga dapat menimbulkan daya tarik bagi orang yang memandangnya. Grooming atau penampilan diri yaitu suatu penampilan seseorang yang dapat mencerminkan kepribadian seseorang. Penampilan utama seorang sekretaris dapat diukur dari kepribadiannya. Oleh karena itu, seorang sekretaris hendaknya berperilaku sesuai dengan norma dan etika seorang sekretaris.

   For Further Information, Please Contact Us!