Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Peranan Akuntansi Manajemen

08 March 2018
Category: ACCOUNTING
Penulis:         Ernatalia Sari, S.E.
Peranan Akuntansi Manajemen

Laporan keuangan merupakan unsur yang tidak bisa lepas dari terselenggaranya proses bisnis perusahaan. Bagi stakeholder baik itu internal maupun eksternal perusahaan, laporan keuangan dibutuhkan tidak hanya untuk mengetahui kondisi kestabilan perusahaan, melainkan juga sebagai sumber informasi dalam proses pertimbangan pengambilan keputusan, tujuan, dan strategi perusahaan.

Proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisis, penyusunan , interpretasi, dan komunikasi informasi kepada manajemen merupakan implementasi dari akuntansi manajemen. Nantinya informasi yang dihasilkan akan digunakan oleh manajemen dalam proses perancangan tujuan baik jangka pendek maupun jangka panjang, juga berguna dalam proses pengevaluasian dan pengendalian kinerja perusahaan.

Berikut adalah beberapa fungsi dari akuntansi manajemen :

1.Sebagai Bentuk Informasi

Berkaitan dengan kepetingan manajemen dalam pencapaian tujuan perusahaan, management accounting memberikan sumber informasi untuk proses pengambilan keputusan.

Karena dalam melaporkan setiap laporan keuangan, setiap divisi dalam perusahaan harus melaporkan hasil yang telah dilakukan oleh divisi-divisi tersebut. Dan laporan yang dihasilkan dari sebuah akuntansi manajemen akan dijadikan sebagai perencanaan program kerja kedepan pada setiap divisi.

2.Sebagai Identifikasi

Selain sebagai bentuk informasi, management accounting juga dijadikan sebagai identifikasi untuk melakukan penilaian terhadap divisi-divisi yang ada kepada pihak manajemen perusahaan. Terutama untuk mengkalkulasikan setiap biaya-biaya yang dikeluarkan, seperti biaya produksi, biaya pemasaran, serta biaya operasional.

Dengan demikian perusahaan dapat mengidentifikasi biaya-biaya yang dibutuhkan setiap divisi dan mengetahui kontribusi setiap divisi dalam pencapaian tujuan perusahaan.

3.Sebagai Alat Monitoring

Dengan memanfaatkan laporan keuangan yang dihasilkan dari divisi-divisi, akuntansi manajemen digunakan sebagai alat monitoring dan evaluasi bagi perusahaan.

4.Sebagai bahan Pengawasan Operasional

Dengan adanya management accounting akan dijadikan sebagai alat untuk pengawasanjalannya operasional perusahaan dari setiap lini. Sebagai alat monitoring dan evaluasi bagi perusahaan akuntansi manajemen dapat menghindari terjadinya penyelewengan dana operasional yang sudah diberikan kepada setiap divisi. Perusahaan juga dapat menghindari pengeluaran-pengeluaran yang tidak diperlukan perusahaan demi tercapainya efisiensi biaya operasional perusahaan.

5.Bahan Analisa Terbaik Bagi Perusahaan

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari akuntansi manajemen sebagai alat untuk menganalisa setiap rencana yang telah dijalankan, apakah sesuai dengan standar. Serta akan menjadi sebuah alat pertimbangan dalam mengambil keputusan dari setiap masalah yang hadir dalam setiap program yang dijalankan. Hal ini dijalankan apabila memang mendapati kendala ketika menjalankan setiap program kerja perusahaan.

Adapun pihak-pihak yang dapat memanfaatkan informasi yang dihasilkan oleh Akuntansi Manajemen adalah sebagai berikut:

a.Manajer Keuangan

Manajer Keuangan memegang peranan penting dalam melihat kemana aliran dana yang diperoleh digunakan. Seperti dana modal kerja, biaya produksi, dana investasi, rasio keuangan, tingkat pengembalian, dan proses keuangan lainnya.

b.Manajer Produksi

Manager produksi membutuhkan laporan keuangan sebagai informasi berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk produksi, membayar karyawan, dan biaya produk yang di produksi.

c.Manajer Pemasaran

Manajer pemasaran pun harus mengetahui informasi keuangan seperti berapa komponen produksi, sistem penjualan kredit atau tunai, berapa harga jual, dan berapa beban komisi, serta komisi yang dikeluarkan, serta diskon produk untuk meningkatkan volume penjualan.

d.Direksi Perusahaan

Hal terpenting, semua laporan keuangan yang dipegang oleh ketiga manajer di atas harus diketahui oleh direksi perusahaan secara keseluruhan. Karena merekalah yang akan memberi keputusan dalam penyusunan strategi, anggaran, meningkatkan usaha, dan menambah produksi.

Dengan demikian posisi akuntansi manajemen sangat penting bagi perusahaan dan dibutuhkan oleh setiap perusahaan, baik perusahaan kecil, menengah, dan juga besar untuk melakukan fungsi perencanaan, koordinasi, dan pengendalian.

   For Further Information, Please Contact Us!