Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

MENCINTAI PEKERJAAN TANPA MENJADIKAN BEBAN

02 March 2018
Category: SECRETARY
Penulis:         Ayun Dwi Oktora
MENCINTAI PEKERJAAN TANPA MENJADIKAN BEBAN

Banyak sebagian karyawan memandang pekerjaan sebagai beban. Mengapa? Hal ini dapat terlihat dengan sikap yang sering menunda-nunda pekerjaan, mengeluh atau stress ketika dikejar deadline. Sehingga pekerjaan ini terasa “menyiksa” dan menjadi beban setiap harinya. Jika Anda dalam kondisi tersebut, lalu bagaimana cara mencintai pekerjaan Anda tanpa menjadikan beban? Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

    1. Bersyukur bahwa Anda mendapatkan pekerjaan dan bekerjalah dengan ikhlas

    Ketika lulus kuliah, yang dicari salah satunya adalah mencari pekerjaan. Baik itu bekerja di perusahaan atau membuka usaha sendiri. Maka Anda harus bersyukur karena masih diberi pekerjaan. Masih banyak orang diluar sana yang juga mencari pekerjaan. Dengan bersyukur, pikiran Anda akan memberikan pengaruh positif sehingga Anda dapat mengerjakan pekerjaan dengan nyaman dan ikhlas. Sehingga apa yang Anda lakukan menjadi ibadah bagi Anda.

    Bersyukur dan ikhlas ini akan membuat Anda terus bersemangat karena getaran positif memenuhi pikiran Anda. Dengan getaran positif itu Anda akan terus bertindak menyelesaikan pekerjaan Anda. Di sinilah akan muncul rasa ketertarikan bekerja untuk Anda.

    2. Antusias dan melakukan yang terbaik terhadap pekerjaan

    Bila Anda tidak menyukai pekerjaan Anda, maka Anda akan merasa terbebani dengan tugas-tugas yang diberikan sehingga hasil kerja tidak akan maksimal dan ini dapat membuat Anda stress. Sebaliknya, bila Anda mengerjakan sesuatu yang disenangi tentu hal ini akan terasa menyenangkan.

    Oleh karena itu, Anda harus bersikap antusias terhadap pekerjaan Anda. Semudah atau seberat apapun pekerjaan Anda, lakukan yang terbaik. Hindari menunda pekerjaan karena berakibat pekerjaan tidak akan selesai dan semakin menumpuk. Tetapkan prioritas pekerjaan Anda agar pekerjaan yang penting bisa diselesaikan terlebih dahulu.

    Jangan menyelesaikan pekerjaan dengan asal-asalan, tetapi berikan yang lebih dari apa yang diperintahkan atasan. Anda juga dapat memotivasi diri Anda sendiri untuk memberikan yang terbaik. Tersenyum dan berdiri dengan tegak dapat membantu Anda untuk dapat bersikap antusias. Anda akan dapat merasakan benar-benar menyukai pekerjaan Anda.

    3. Bahagialah dalam menjalani pekerjaan

    Anda harus menjalani pekerjaan dengan bahagia. Mengapa? karena jika dari awal saja Anda sudah tidak bermental positif untuk bahagia atas pekerjaan yang akan Anda jalani, maka Anda tidak akan menjalani pekerjaan dengan sepenuh hati. Jika tidak sepenuh hati, maka tidak akan ada passion. Tanpa passion maka tidak akan mengusahakan pekerjaan tersebut dengan sebaik mungkin.

    4. Sasaran Karir Pekerjaan

    Mungkin karena Anda belum sepenuhnya mengerti, sehingga tugas kantor yang diberikan kepada Anda akan terasa berat. Maka, untuk itu Anda harus menambah pengetahuan dengan memperhatikan contoh-contoh yang ada di Perusahaan Anda. Dengan mengetahui lebih banyak, Anda akan lebih mudah melakukan pekerjaan Anda.

    Betapapun beratnya beban pekerjaan Anda, akan terasa ringan apabila mengingat sasaran karir Anda dalam bekerja. Anggaplah pekerjaan-pekerjaan yang sedang Anda hadapi sekarang sebagai tangga untuk meraih sasaran tersebut atau meningkatkan daya saing Anda. Semakin baik anda dalam mengelola dan menyelesaikan pekerjaan tersebut, sasaran Anda akan semakin cepat tercapai.

Dengan beberapa tips diatas tersebut, berusahalah untuk belajar mencintai pekerjaan Anda. Hindari sikap untuk membenci pekerjaan Anda karena ini akan membuat Anda semakin tertekan. Dan berakibat Anda akan cepat stress dan hasil pekerjaan tidak maksimal. Dengan Anda mencintai pekerjaan Anda, maka Anda mendapatkan hasil pekerjaan yang baik, pekerjaan tidak menumpuk, Anda memperoleh kepuasan, mendapatkan pujian dari atasan, promosi jabatan untuk karir Anda dan bukan tidak mungkin juga Anda mendapatkan gaji yang lebih baik lagi.

Selain itu hal yang paling penting adalah Anda harus selalu berpikir positif, sehingga semua pekerjaan Anda tidak menjadi beban. Anda akan selalu bersemangat karena semua pekerjaan dapat diselesaikan. Oleh karena itu, cintailah pekerjaan Anda saat ini untuk bisa menjadi yang lebih baik.

   For Further Information, Please Contact Us!