Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

MENGETAHUI CARA ANALISA LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN

04 January 2018
Category: MANAGEMENT SYSTEM
Penulis:         Natassia Irene, S.E.
MENGETAHUI CARA ANALISA LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN

Setiap perusahaan pasti ingin mengetahui laba rugi yang dihasilkan, aset yang dimiliki saat ini, berapa biaya yang dikeluarkan setiap bulan, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui hal tersebut, perusahaan mempunyai Bagian Akuntasi yang bertugas untuk membuat Laporan Keuangan. Laporan Keuangan pada umumnya dibuat setiap bulan yang menunjukkan kondisi perusahaan pada bulan tersebut. Hal ini merupakan kewajiban bagi perusahan untuk membuat Laporan Keuangan.

Secara umum, Laporan Keuangan terbagi menjadi lima jenis, yaitu:

    1.Neraca

    2.Laporan Laba Rugi

    3.Laporan Arus Kas

    4.Laporan Perubahan Modal

    5.Catatan atas Laporan Keuangan (CALK)

Laporan Keuangan hanya menjadi sekedar angka apabila pihak manajemen tidak mengetahui cara melakukan analisa Laporan Keuangan. Keuntungan analisa Laporan Keuangan adalah pihak manajemen dapat melakukan evaluasi kinerja perusahaan dan evaluasi tersebut digunakan untuk pengambilan keputusan pada masa yang akan datang. Untuk melakukan analisa tersebut, Laporan Keuangan yang dapat digunakan adalah Neraca, Laporan Laba Rugi, dan Laporan Arus Kas.

Berikut adalah beberapa teknik yang dapat digunakan untuk menganalisa Laporan Keuangan:

    1.Analisis Tren

    Analisis tren disebut juga sebagai analisis time-series. Analisis tren dapat digunakan untuk membantu manajemen keuangan mengetahui kinerja perusahaan dari waktu ke waktu. Salah satu cara yang digunakan untuk melakukan analisis tren adalah dengan menggunakan analisis rasio keuangan. Untuk menghitung rasio keuangan, diambil data Laporan Keuangan minimal dua tahun terakhir.

    2.Analisa Persentase Perubahan

    Analisa Laporan Keuangan ini melakukan perhitungan untuk tingkat pertumbuhan untuk semua akun yang terdapat pada Neraca dan Laporan Laba Rugi. Perhitungan tingkat pertumbuhan tersebut didasarkan pada tahun dasar. Manfaat dari analisa persentase perubahan ini adalah pihak manajemen dapat melihat peningkatan atau penurunan dari setiap akun yang ada di Neraca dan Laporan Laba Rugi.

    3.Analisis Common Size

    Analisis Common Size ini menganalisis Neraca dan Laporan Laba Rugi dengan menggunakan persentase. Dalam analisis ini, semua akun dalam Laporan Laba Rugi dinyatakan sebagai persentase penjualan.

    4.Analisis Industri

    Analisa ini membutuhkan perbandingan perusahaan dengan perusahaan lain di industri atau jenis perushaaan yang sama. Tujuan Analisis Industri adalah untuk mengetahui bagaimana perusahaan melakukan investasi secara finansial dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Perhitungan rasio keuangan yang sudah dilakukan perusahaan dapat digunakan untuk melakukan Analisis Industri. Namun, perusahaan juga membutuhkan rasio keuangan dari perusahaan lain yang sejenis.

Untuk teknik atau jenis analisis, perusahaan tidak perlu menggunakan semua teknik atau jenis analisis tersebut. Perusahaan dapat menggunakan teknis analisis yang dibutuhkan oleh perusahaan. Hal yang terpenting adalah Laporan Keuangan dibuat sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku sehingga dapat menghasilkan Laporan Keuangan yang tepat bagi perusahaan.

Jadi, bagi pemilik perusahaan dan stake holder perusahaan untuk dapat mengetahui cara Analisa Laporan Keuangan Perusahaan, sehingga dapat semakin mengembangkan perusahaan dan melakukan pengambilan keputusan dengan tepat.

Untuk membantu perusahaan, perusahaan juga dapat bekerja sama dengan pihak professional yang dapat melakukan analisa serta membaca laporan keuangan perusahaan serta dapat memberikan edukasi kepada pemilik bisnis, untuk membaca laporan keuangan tersebut. Dengan bekerja sama dengan professional, tentu saja pemilik perusahaan akan terbantu dan tidak salah jalan dalam melakukan pengambilan keputsan perusahaan.

   For Further Information, Please Contact Us!