Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

Pentingnya Anggaran Bagi Bisnis Perusahaan

18 August 2017
Category: ACCOUNTING
Penulis:         Stephanie Margareth Wiguna, S.E.
Pentingnya Anggaran Bagi Bisnis Perusahaan

Seringkali kita mendengar kata anggaran dalam kegiatan sehari-hari. Tidak hanya dalam kegiatan sehari-hari saja, bahkan dalam dunia bisnis kita membutuhkan anggaran dalam mengatur keuangan perusahaan. Anggaran menjadi sebuah dasar untuk mengalokasikan uang yang perusahaan miliki. Dalam artikel ini kita akan bahas seberapa pentingnya anggaran bagi bisnis perusahaan.

Anggaran bisnis adalah rencana keuangan periodik dari kegiatan suatu perusahaan secara keseluruhan yang telah disahkan dan direncanakan secara tertulis yang dituangkan secara kuantitatif dan umumnya dinyatakan dalam satuan moneter ditujukan untuk masa yang akan datang.

Berikut adalah unsur utama anggaran bisnis:

    1.Merencanakan dan menentukan terlebih dulu kegiatan dan aktivitas apa saja yang akan dilakukan. Rencana tersebut dapat mempunyai spesifikasi tertentu seperti disusun secara sistematis, mencakup seluruh kegiatan perusahaan, dan dinyatakan dalam satuan moneter.

    2.Keseluruhan kegiatan yang akan dilakukan oleh semua divisi atau departemen dalam perusahaan, seperti: divisi produksi, divisi penjualan atau pemasaran, divisi pembelian, divisi administrasi, dan divisi personalia.

    3.Menentukan periode, tentunya ditujukan untuk masa yang akan datang.

Terdapat dua macam anggaran berdasarkan periode penyusunannya, yaitu:

    1.Budget taktis berlaku untuk jangka pendek (kurang dari satu periode akuntansi), yaitu: budget harian, mingguan dan bulanan. Contoh budget taktis adalah perusahaan mass production yang membuat budget produksi setiap bulan. Hal ini digunakan untuk menentukan perkiraan jumlah yang harus diproduksi agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen, serta tidak menyisakan terlalu banyak produk apabila tidak laku.

    2.Budget strategis berlaku untuk jangka panjang (melebihi satu periode akuntansi), yaitu: budget tahunan atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Contoh budget strategis adalah biasanya perusahaan membuat rencana anggaran biaya operasional setiap tahun. Tujuannya untuk memperkirakan kira-kira di tahun depan membutuhkan dana berapa, agar perusahaan juga dapat menentukan minimal target penjualan agar dapat menutupi beban operasional perusahaan. Anggaran bisnis biasanya dibuat oleh panitia penyusun anggaran yang terdiri dari pemegang masing-masing divisi.

Anggaran bisnis yang baik seharusnya mencakup seluruh kegiatan perusahaan secara lengkap, sering disebut sebagai budget komprehensif. Secara garis besar isi dari budget komprehensif terdiri dari:

    1.Forecasting Budget merupakan taksiran mengenai kegiatan perusahaan dan keadaan keuangan perusahaan di saat tertentu pada masa yang akan datang.

    2.Budget Variabel merupakan tingkat perubahan atau variabilitas biaya khususnya biaya yang termasuk dalam biaya semi-variabel berhubungan dengan produktivitas perusahaan.

    3.Analisa Statistika dan Matematika Pembantu, digunakan untuk membuat taksiran-taksiran serta evaluasi atau penilaian kinerja perusahaan.

    4.Laporan Budget adalah laporan mengenai suatu anggaran secara lengkap dengan tujuan untuk membandingkan antara budget dengan realisasinya, sehingga perusahaan dapat mengetahui jika ada penyimpangan yang terjadi beserta dengan sebabnya, sehingga dapat ditarik kesimpulan dan segera menentukan tindak lanjut yang perlu.

Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa anggaran memiliki banyak peran penting dalam bisnis perusahaan. Berikut adalah beberapa alasan perlunya dibuat anggaran dalam bisnis perusahaan:

    1.Sumber daya yang terbatas, sehingga apabila ada batasan maka orang-orang yang ada di dalam perusahaan dapat lebih berhemat.

    2.Sebagai pedoman dalam bekerja.

    3.Untuk koordinasi keseluruhan aktivitas atau divisi dalam sautu perusahaan.

    4.Untuk mengawasi dan mengevaluasi biaya-biaya yang hendak atau telah dikeluarkan. Hal ini berfungsi untuk menemukan serta meminimalisir biaya-biaya yang seharusnya tidak diperlukan.

Pada artikel berikutnya, saya akan lanjut membahas lebih dalam mengenai proses penyusunan laporan budget untuk perusahaan. Semoga artikel ini bermanfaat.


   For Further Information, Please Contact Us!