Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

PENTINGNYA TALENT MAPPING

14 July 2017
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Yuanita Agatha, S. Psi
PENTINGNYA TALENT MAPPING

Dewasa ini istilah mengenai talent mapping sudah sering terdengar. Orang-orang dari kalangan SDM mulai berlomba lomba untuk melakukan talent mapping. Talent mapping sendiri akan berkaitan dengan program pengembangan dalam perusahaan. Hanya memang saat ini permasalahan yang ada pada perusahaan-perusahaan adalah terkadang perusahaan berusaha dengan sekuat tenaga untuk menarik karyawan ke perusahaan mereka, namun hanya meluangkan sedikit waktu dalam menggunakan dan mengembangkan bakat mereka.

Pada dasaranya talent mapping dilakukan untuk mengetahui bakat/ potensi yang dimiliki oleh karyawan di sebuah perusahaan untuk kemudian dilakukan pemetaan/ pengelompokan berdasarkan potensi tersebut. Tujuannya adalah perusahaan dapat menempatkan karyawan pada posisi yang tepat sehingga mereka dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh karyawannya. Bagi perusahaan pada dasarnya akan lebih mudah mendidik seseorang yang memiliki bakat/ potensi daripada seseorang yang hanya bekerja berdasarkan aturan maupun kewajiban yang diberikan.

Setiap orang sebenarnya memiliki modal dalam melakukan pekerjaan dengan lebih maksimal. Syarat yang paling penting adalah mereka menjalankan peranan sesuai dengan potensinta tersebut. Ketika menjalankan aktivitas dan peranan yang sesuai dengan potensi, setiap orang akan mampu menghasilkan kinerja dan produktivitas yang optimal dengan mudah, ringan, dan menyenangkan, karena semua sudah benar-benar sesuai dengan pola pikir, perasaan, dan perilakunya.

Didalam pemilihan karir pribadi, mengenal bakat/ potensi akan membantu seseorang menemukan jalur karir yang paling baik. Sedangkan didalam oraganisasi atau perusahaan mengenal bakat/ potensi karyawan akan membantu setiap orang memilih posisi dan peranan yang tepat, juga membantu pimpinan untuk mengoptimalkan sumber daya manusia yang telah dimiliki organisasi. Ketika setiap orang berada di posisinya yang paling tepat dan mengetahui cara untuk saling mendukung dan bekerja sama, maka organisasi tersebut akan berjalan dengan kapasitas yang paling baik. Disisi lain dengan adanya proses talent mapping/ pemetaan kemampuan karyawan, maka perusahaan akan menemukan kader-kader baru sebagai penggerak roda perkembangan organisasi.

   For Further Information, Please Contact Us!