Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

INTERNAL CONTROL COSO

15 June 2017
Category: INTERNAL AUDIT
Penulis:         Faisal Yoga Restukumala, S.E.
INTERNAL CONTROL COSO

Apa itu Internal control coso?

Baik mari kita bahas pa itu pengertian dari pengendalian internal COSO. Pengendalian internal adalah cara atau system yang digunakan di dalam perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan secara efektif dan efisien. Secara umum fungsi dari pengendalian internal untuk mengatur system di bagian-bagian operasi perusahaan agar tidak terjadi penyalahgunaan atau kecurangan. Secara ringkas pengendalian internal dapat didefinisikan sebagai suatu “proses”, karena hal ini memiliki hubungan dari proses kegiatan operasi perusahaan dari awal hingga akhir. Pengendalian internal sebaik apapun di rancang, hanya memberikan keyakinan yang memadai dan tidak sepenuhnya efektif dalam pelaksanaan pengendalian internal.

Apa tujuan dari internal control COSO?

Tujuan dari pengendalian internal yaitu:

·Objek Operasi

Pengendalian internal memiliki tujuan operasi untuk mencapai visi dan misi dari perusahaan. Tujuan operasi ini meliputi kenaikan kinerja dari perusahaan, produktivitas dan peningkatan keuangan perusahaan.

·Objek Pelaporan

Objek pelaporan ini memiliki tujuan untuk pihak-pihak kepentingan seperti stakeholder. Pelaporan finansial memiliki karakteristik untuk menyesuaikan kebutuhan dari pihak eksternal. Karakteristik dari pelaporan non finansial untuk digunakan dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dalam kelangsungan bisnis perusahaan

·Objek Kepatuhan

Hukum dan peraturan yang ada merupakan sebuah standar yang harus dipatuhi di dalam perusahaan. Perusahaan diharapkan untuk menggabungkan aturan tersebut sebagai bagian dari tujuan perusahaan.

Komponen COSO

Lingkungan Pengendalian

Lingkungan pengendalian akan menciptakan suasana di dalam lingkungan kinerja organisasi. Lingkungan pengendalian yang baik akan membentuk suasana kerja yang disiplin dan terstruktur. Berdasarkan COSO lingkungan pengendalian merupakan sebuah proses dan struktur yang mendasari dalam pelaksanaan pengendalian internal di dalam organisasi. COSO memberikan penjelasan ada lima prinsip yang harus ada di dalam lingkungan pengendalian, agar lingkungan pengendalian berjalan secara efektif:

    1.Perusahaan yang memiliki struktur organisasi meliputi dewan direksi, manajemen dan jajarannya harus menunjukkan integritas dan nilai-nilai etika

    2.Dewan direksi harus independen dalam mengawasi kinerja manajemen

    3.Kinerja manajemen yang diawasi oleh dewan direksi harus menunjukkan performa yang baik dalam melaksanakan kendali perusahaan.

    4.Perusahaan atau organisasi menunjukkan komitmen pengembangan individu di dalam perusahaan.

    5.Organisasi meyakinkan terhadap masing-masing individu bahwa tanggung jawab atas tugas merupakan salah satu cara dalam pengendalian internal.

Penilaian Risiko

Menurut pengertian dari COSO, penilaian risiko merupakan proses yang dinamis untuk mengidentifikasi dan menilai risiko terhadap perusahaan. Tujuan dari penilaian risiko ini yaitu berdampak kepada perusahaan, karena risiko akan mempengaruhi perusahaan dari segi jangka pendek maupun jangka panjang. Ada beberapa prinsip penilaian risiko menurut COSO sebagai berikut:

    1.Organisasi menetapkan tujuan bahwa perusahaan akan mengidentifikasi risiko yang berdampak terhadap perusahaan.

    2.Organisasi dalam menilai risiko akan mempertimbangkan kecurangan-kecurangan yang terjadi.

    3.Organisasi mengidentifikasi beberapa perubahan yang dapat mempengaruhi system pengendalian internal.

Aktivitas Pengendalian

Menurut definisi dari COSO aktivitas pengendalian adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh organisasi sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan, tindakan-tindakan ini memiliki tujuan untuk mengurangi risiko terhadap pencapaian tujuan. Aktivitas pengendalian bermacam-macam yang dilakukan di dalam perusahaan sesuai dengan kebijakan perusahaan seperti: Otorisasi, rekonsiliasi, verifikasi, prestasi kerja dan menjaga asset perusahaan.

Informasi dan Komunikasi

Menurut COSO penjelasan mengenai informasi sangat penting bagi setiap perusahaan untuk melaksanakan pencapaian tujuan-tujuannya.

Pengendalian Pengawasan

Menurut COSO pengendalian pengawasan merupakan sebuah cara yang dilakukan oleh organisasi dalam pengawasan secara optimal untuk aktivitas-aktivitas di dalam perusahaan dalam menjalankan kinerja dan tanggung jawabnya dengan baik. Pengendalian pengawasan akan berperan penting di dalam proses produksi perusahaan karena apa yang dikerjakan oleh seorang karyawan atau setiap divisi harus di otorisasi dengan baik sehingga timbul efektifitas dan efisiensi dari proses produksi.

   For Further Information, Please Contact Us!