Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

CARA MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA

06 June 2017
Category: MANAGEMENT SYSTEM
Penulis:         Erni Saputri Halim, S.E.
CARA MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA

Bekerja menjadi kewajiban dan kebutuhan seseorang dalam menjalani kehidupan. Kita boleh saja tidak bekerja, namun kehidupan kita akan terasa tidak lengkap atau terganggu. Hal ini disebabkan karena dengan bekerja kita bisa menambah pengalaman, pengetahuan serta relasi untuk membangun kehidupan yang lebih baik kedepannya.

Sebagai manusia kita tahu bahwa manusia tentu memiliki banyak keinginan dan kebutuhan yang berbagai macam sehingga harus dipenuhi satu persatu. Salah satu cara pemenuhan kebutuhan tersebut yaitu dengan bekerja. Namun kenyataanya, banyak orang yang justru malas untuk bekerja dan bergantung pada orang tua atau orang lain. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang rajin bekerja hingga menghasilkan apa yang menjadi impiannya. Lalu apa yang membuat orang tersebut rajin dan semangat untuk bekerja?

Manusia bekerja secara rajin dan semangat karena motivasi kerja yang sudah tertanam kuat di dalam dirinya. Motivasi kerja timbul dari kesungguhan dan kemauan diri sendiri bukan dari orang lain. Motivasi dari orang lain hanyalah dukungan dari luar yang bisa membuat kita semangat tetapi motivasi dari orang lain tidak akan berguna jika pribadi kita tidak memotivasi diri sendiri untuk melakukan usaha tersebut. Salah satu cara untuk membangkitkan motivasi kerja yang ada dalam diri yaitu dengan menanamkan dalam diri bahwa kita bekerja bukan untuk diri sendiri melainkan untuk orang lain seperti keluarga, customer, rekan kerja, serta pimpinan perusahaan. Dengan menanamkan pemikiran tersebut maka kita bisa memiliki semangat untuk menjalankan pekerjaan sehari-hari.

Terdapat berbagai cara untuk menjaga motivasi kerja dalam diri tetap tinggi. Kesadaran diri yang tinggi akan pentingnya bekerja dalam hidup juga merupakan salah satu cara untuk menjaga motivasi kerja. Cara lain untuk menjaga motivasi kerja dalam diri yaitu dengan melakukan peningkatan kualitas karakter diri. Kualitas karakter diri setiap orang cenderung berbeda-beda oleh sebab itu, kualitas karakter diri dapat menyebabkan kinerja seseorang dalam bekerja menjadi monoton dan terkesan biasa saja. Padahal karakter yang berkualitas akan menunjang seseorang dalam melakukan pekerjaannya. Berikut adalah enam langkah dalam meningkatkan kualitas karakter diri, yaitu :

    1.Cintai Diri Sendiri

    Jadilah pribadi yang berkualitas dengan mencintai diri sendiri. Dalam hal mencintai diri sendiri disini bukanlah menjadi pribadi yang egois melainkan menjadi pribadi yang dapat menerima kekurangan yang dimiliki oleh diri sendiri. Mencintai diri sendiri berarti anda selalu berpikir kedepan untuk mengembangkan kelebihan yang dimiliki. Janganlah bekerja dengan sibuk menutupi kekurangan yang ada dalam diri anda, melainkan buatlah kekurangan tersebut menjadi warna dalam melakukan pekerjaan untuk hasil yang lebih baik lagi. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang sempurna sehingga setiap pribadi pasti memiliki kekurangan. Tinggal bagaimana kita sebagai pribadi membuat kekurangan itu menjadi kelebihan kita dalam bekerja. Perlu diingat bahwa kita tidak perlu takut akan kekurangan yang kita miliki melainkan bagaimana kita membuat kekurangan itu tidak mempersulit kita dan mengembangakn kelebihan kita dalam melakukan pekerjaan.

    2.Penilaian terhadap Diri Sendiri

    Penilaian terhadap diri sendiri sangat diperlukan karena dengan cara ini seseorang akan mengetahui dimana letak kesalahannya. Penilaian terhadap diri sendiri tidak dapat dilakukan dengan hanya mempertimbangkan penilaian yang dilakukan oleh diri sendiri. Penilaian terhadap diri sendiri juga harus mempertimbangkan pendapat dari orang lain karena terkadang diri kita terlalu angkuh untuk mengakui kesalahan atau kekurangan yang ada didalam diri. Dengan adanya pendapat dari orang lain yang lebih objektif maka Anda akan mengetahui bagian mana yang kurang dari diri anda, bagian mana yang selayaknya dikembangkan dan bagian mana yang membutuhkan instropeksi. Penilaian terhadap diri sendiri dapat dilakukan jika Anda sudah memiliki karakter mencintai diri sendiri.

    3.Belajar

    Berdasarkan penilaian terhadap diri sendiri yang sudah dilakukan, maka kita akan mengetahui dimana letak kekurangan dan keunggulan yang dimiliki. Saat kita sudah mengetahui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki maka sewajarnya perlu dilakukan instropeksi diri dan belajar agar dikemudian hari tidak terjadi kesalahan yang sama. Selain itu, kita juga harus belajar untuk meningkatkan dan mengembangkan keunggulan yang kita miliki. Hal ini dilakukan karena keunggulan yang kita miliki bila tidak kita asah atau kembangkan maka dengan seiring berkembangnya jaman akan tertinggal juga.

    Belajar yang dimaksud disini bukanlah belajar di sekolah, melainkan belajar bisa dimana saja dan kapans aja. Misalnya saja belajar dari internet atau mendengarkan cerita pengalaman dari rekan kerja dapat membantu kita untuk menambah pengetahuan sekaligus memahami karakter orang tersebut.

    4.Kinerja dan Tanggung Jawab

    Saat seseorang sudah memutuskan untuk bekerja pada suatu perusahaan itu berarti orang tersebut sudah memiliki tanggung jawab yang harus diberikan kepada perusahaan tersebut. Terkadang banyak orang yang terbuai dengan pujian. Hal ini berpengaruh terhadap pekerjaan yang sedang dilakukan, yaitu bisa jadi kinerja semakin meningkat atau malah kinerja semakin menurun atas pujian tersebut. Untuk itulah diperlukan sebuah tanggung jawab yang harus dimiliki seseorang saat sudah memutuskan untuk bekerja pada suatu perusahaan dan atas tugas yang sedang dilakukan. Adanya kesadaran diri akan tanggung jawab pekerjaan, membuat kinerja seseorang akan tetap berjalan stabil atau malah semakin meningkat.

    5.Ciptakan dan Jaga Hubungan Kerja

    Dalam melakukan pekerjaan, jangan terlalu fokus pada diri sendiri dan pekerjaan Anda. Namun perhatikanlah sekeliling ruangan kantor juga. Bekerja merupakan salah satu cara untuk membangun suatu relasi dengan orang lain diluar dari keluarga. Karena kita perlu untuk menciptakan hubungan yang baik dengan rekan kerja dalam kantor kita. Menjaga hubungan dengan rekan kerja sangat diperlukan untuk membantu kita dalam melakukan kerja tim. Suasana yang terbentuk didalam ruang kerja akan menjadi luar biasa baik, harmonis dan penuh dengan kreatifitas serta hubungan kerja akan menjadi lebih baik. Komunikasi dan relasi yang terbentuk dalam lingkungan pekerjaan menjadi salah satu faktor kesuksesan pekerjaan kita. Suasana positif yang dibawa di dalam ruang kerja dapat mempengaruhi kinerja seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan.

    6.Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

    Tubuh manusia tidaklah sekuat yang dilihat. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk mengistirahatkan tubuh terutama pikiran anda dari segala macam pekerjaan yang sedang anda lakukan. ;Hal ini diperlukan untuk menghindari stress yang didapat setelah menghadapi berbagai macam kegitan atau pekerjaan. Gunakan waktu luang anda untuk berekreasi, menonton tv, atau hanya sekedar untuk tidur. Dengan mengistirahatkan tubuh dan pikiran anda, maka anda juga membantu diri anda untuk bersiap melakukan pekerjaan lagi. Saat tubuh sudah mulai melemah maka kinerja dan motivasi kerja kitapun juga akan melemah oleh sebab itu perlu untuk memberikan istirahat sejanak pada tubuh dan pikiran kita sebelum melakukan pekerjaan atau kegitan berikutnya.

Berdasarkan keenam poin diatas, kita dapat belajar dari Google, Inc. Pelajaran yang dapat kita lihat yaitu Google, Inc. memberikan sebuah ruangan istirahat, perpustakaan dan fasilitas lain yang dapat digunakan karyawannya untuk beristirahat dan mencari ide-ide di ruangan tersebut. Dengan adanya ruang istirahat maka karyawan dapat meluangkan waktu untuk diri sendiri (poin 6) dan melepaskan stress yang didapat dari pekerjaan yang telah dilakukan. Sebagai imbal baliknya, karyawan Google, Inc. tetap memiliki tanggung jawab (poin 4) terhadap pekerjaan mereka yang telah diberikan oleh perusahaan dengan menciptakan inovasi-inovasi baru untuk perusahaan dan membawa perusahaan menuju kesuksesan. Selain itu, dengan adanya ruangan-ruangan tersebut perusahaan juga membantu karyawannya untuk membangun suatu hubungan atau relasi kerja yang baik antar satu sama lainnya (poin 5).

Dari contoh diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kita sebagai pribadi yang menginginkan kehidupan lebih baik dari waktu ke waktu tentu membutuhkan motivasi kerja yang tetap terjaga dan selalu stabil dimana saja dan kapan saja. Oleh sebab itu, perlu untuk dilakukan peningkatan kualitas karakter diri untuk dapat mengevaluasi dan mengembangkan diri untuk menjadi pribadi lebih baik untuk menghasilkan pekerjaan yang baik pula.

   For Further Information, Please Contact Us!