Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

UPGRADE KEMAMPUAN DALAM MENCIPTAKAN KETERAMPILAN

02 June 2017
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Diah Rachmawati, S. Psi
UPGRADE KEMAMPUAN DALAM MENCIPTAKAN KETERAMPILAN

Apakah yang membuat perusahaan dapat berkembang? Perkembangan perusahaan apakah hanya didukung oleh bagian finance, sales atau produksi? Tentu saja TIDAK. Keberlangsungan perusahaan tidak hanya melihat bagaimana kondisi finansial dan aktivitas bisnis dapat menunjang stabilitas organisasi, namun bagaimana sumber daya manusia (SDM) di dalamnya dapat menerima dan mengkreasikan perubahan untuk mempertahankan keberlangsungan organisasi. Tidak semua SDM yang berada di perusahaan akan tepat dan dapat menunjang perusahaan, hanya mereka yang potensial dan kompetenlah yang akan menjadi aset penting sehingga memiliki daya saing dalam percaturan bisnis nasional.

Kurangnya informasi tentang kompetensi pegawai akan berdampak pada kurang maksimalnya kontribusi yang dapat diberikan bagi perusahaan. Oleh karena itu diperlukan peta seluruh sumber daya manusia yang ada, sehingga bisa membantu dalam membuat rencana pengelolaan SDM.

Langkah awal yang harus ditempuh oleh perusahaan adalahdengan mengetahui peta kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh setiap pegawai sehingga mengetahui aspek pengembangan bagi mereka. Seiring dengan tuntutan perkembangan perusahaan, tentu saja menuntut juga individu yang ada didalamnya untuk selalu meningkatkan kemampuannya sehingga mereka akan lebih terampil dalam menjalankan peran dan tuntutan tugas yang selalu berkembang. Berikut adalah hal-hal yang dapat mendukung karyawan dalam menciptakan keterampilan:

    1. Mengenali jobdesc dengan baik sehingga ia akan mengerti bagaimana pola kerjanya. Hal ini dapat membantu SDM dalam meningkatkan sistematika kerja, sehingga dapat bekerja secara maksimal.
    2. Kenali situasi dan permasalahan yang ada didalam lingkup jobdescnya, sehingga ia dapat mengikuti dan mengaitkan informasi yang relevan dengan permasalahan yang ada di lingkup pekerjaan.
    3. Ikutkan secara berkala pada seminar atau pelatihan mengenai topi-topik baru yang berkaitan dengan lingkup pekerjaan.
    4. Berikan dukungan dan menghargai terhadap SDM tersebut, sehingga akan memacu kemauannya dalam meningkatkan kemampuannya.
    5. Menciptakan rasa terus belajar, sehingga akan membantu karyawan dalam terus belajar dan belajar
    6. Jangan merasa puas diri ketika telah menguasai bidang tersebut. Namun, dapat mempelajari hal yang mulai berkembang seiring dengan tuntutan perkembangan yang sedang berjalan.
    7. Lakukan program coaching dan mentoring secara berkelanjutan. Disini butuh komitmen yang kuat dan tentunya juga dukungan dari management perusahaan.

    Pegawai yang dapat menerapkan hal tersebut, akan berdampak pada peningkatan kemampuan sehingga lebih terampil dalam menjalankan tuntutan tugas.

   For Further Information, Please Contact Us!