Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

Pertimbangan Dalam Memilih Software Akuntansi

02 June 2017
Category: ACCOUNTING
Penulis:         Stephanie Margareth Wiguna, S.E.
Pertimbangan Dalam Memilih Software Akuntansi

Perkembangan teknologi informasi salah satunya komputer sangat pesat, aplikasi atau software yang ada didalamnya pun turut dikembangkan. Software mempermudah dalam melakukan berbagai macam pekerjaan. Misalnya, Microsoft Office yang memudahkan pekerjaan dalam urusan mengetik laporan (Word), olah data (Excel), dan presentasi (Power Point). Penguasaan Microsoft Office merupakan bekal standar dalam membuat laporan keuangan maupun laporan lain bagi seorang akuntan.

Namun menguasai Microsoft Office saja masih belum cukup, akuntan harus bisa menggunakan berbagai aplikasi komputer khusus akuntansi, agar lebih mudah dalam melakukan pekerjaannya. Ada banyak software akuntansi yang ada di Indonesia. Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan oleh orang-orang yang mengerti akuntansi tapi juga bagi orang awam yang baru mengenal akuntasi.

Dengan begitu banyak ragam software akuntansi dengan berbagai macam harga tentunya akan membingungkan bagi pengguna, terutama pemula. Berikut faktor-faktor yang perlu dipertimbangan dalam pemilihan software akuntansi:

1.Menentukan kebutuhan perusahaan.

Setiap kebutuhan perusahaan pasti akan berbeda antara satu dengan yang lain. Misalnya, kebutuhan perusahaan baru akan berbeda dengan perusahaan yang sudah berkembang. Semakin banyak kebutuhan perusahaan, maka akan semakin banyak fitur yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam software akuntansi.

2.Mempertimbangkan antara keinginan dan kebutuhan.

Perusahaan perlu mengetahui kebutuhannya, karena hal ini akan berdampak pada perancangan software akuntansi. Kebutuhan dapat dilihat berdasarkan jenis industri maupun proses bisnis yang ada dalam perusahaan. Jangan sampai perusahaan membeli software yang dijual secara umum, padahal proses bisnisnya unik. Jika perusahaan memiliki proses bisnis yang unik, maka lebih baik membeli software yang customize.

3.Menentukan budget perusahaan.

Harga software akuntansi bervariasi, bahkan ada software yang dibagikan secara gratis. Semakin simple atau sederhana fitur yang ada di dalam software maka harganya akan lebih terjangkau. Contohnya software paket, yang dapat kita temukan dijual secara umum. Apabila menggunakan software cuztomize maka harganya juga akan menyesuaikan dengan seberapa rumit dan banyaknya fitur yang perlu dibuat agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

4.Mempertimbangkan sistem keamanan software

Seberapapun bagus software yang digunakan jika tidak didukung dengan sistem keamanan yang baik maka akan menjadi sebuah bomerang bagi perusahaan. Data yang dimiliki oleh perusahaan adalah yang terpenting, maka kepentingan dalam mempertimbangan sistem keamanan software adalah yang utama. Perusahaan perlu mempertimbangkan sistem keamanan software tersebut agar tidak terjadi kebocoran data maupun risiko kehilangan data.

5.Mengetahui support dan layanan after sales

Hal ini sangatlah penting bagi pengguna software untuk berkonsultasi sewaktu terjadi permasalahan pada software atau bahkan crash. Sehingga memerlukan penanganan yang cepat agar bisa melanjutkan pekerjaannya.

6.Mengetahui kemampuan staff di perusahaan

Software terbaik dan terlengkap belum tentu cocok dengan perusahaan. Karena semakin lengkap fitur software maka semakin rumit dan sulit untuk digunakan. Perusahaan perlu juga membeli software yang sesuai dengan kemampuan staff di perusahaan.

Inilah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih software akuntansi dalam sebuah perusahaan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

   For Further Information, Please Contact Us!