Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology.

SEBERAPA PENTING ADMINISTRASI BAGI USAHA ANDA?

09 May 2017
Category: MANAGEMENT SYSTEM
Penulis:         Evelyn Sharlica, S.Ak.
SEBERAPA PENTING ADMINISTRASI BAGI USAHA ANDA?

Pada umumnya perusahaan mempunyai masalah dalam melakukan pencatatan terhadap kegiatan usaha yang dijalankan, mengapa? Alasannya adalah setiap perusahaan tidak membiasakan bahwa hal-hal kecil sekalipun dalam kegiatan usaha wajib diadministrasikan atau dicatat dengan benar, rapi, dan dapat memberikan informasi.

Banyak perusahaan yang mengabaikan pencatatan kegiatan operasional yang dilakukan, padahal banyak dampak yang terjadi jika suatu kegiatan dilakukan tanpa pencatatan yang baik. Salah satu contohnya adalah perusahaan tidak mencatat penjualan yang terjadi pada laporan penjualan, lalu apa dampaknya? Jelas saja dampaknya adalah sebuah perusahaan tidak dapat mengetahui penjualan yang sedang terjadi. Biasanya perusahaan hanya mementingkan penjualan yang terjadi tetapi mengabaikan pencatatannya, padahal bagaimana perusahaan tersebut dapat mengetahui laba/ untuk atau rugi sekalipun jika tidak dicatat dengan baik? Jadi sebenarnya apa yang dimaksud dengan administrasi? Dan apa keuntungannya? Kenapa harus dilakukan?

Secara teori, Administrasi adalah kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan, atau mengatur semua kegiatan di dalam mencapai suatu tujuan. administrasi juga merupakan kegiatan sekelompok manusia melalui tahapan-tahapan yang teratur dan dipimpin secara efektif dan efisien, dengan menggunakan sarana yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam implementasinya, administrasi semakin berkembang dan mempunyai tugas-tugas yang biasa disebut sebagai fungsi. Secara umum, dapat dikatakan bahwa administrasi dapat terlaksana jika banyak orang berkepentingan yang melakukan administrasi itu sendiri. Hal ini diperlukan untuk mengatur pelaksanaan guna mencapai tujuan yang diharapkan. Kuncinya adalah suatu administrasi dapat dijalankan dengan baik, jika semua orang yang terkait saling melakukan kerjasama sesuai dengan wewenang, tanggungjawab, dan cara-cara yang sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Dalam masa usaha yang modern ini, prinsip administrasi juga sangat membantu sekali dalam pengembangan perusahaan. Guna menggerakan proses kegiatan usahanya, sebagai wirausaha harus memahami sistem adminsitrasi adn organisasinya. Jika seorang wirausaha sudah memahami sistem adminsitrasi pasti usahanya dapat berkembang dengan baik. Kemudian, apa prinsip yang harus ada dalam administrasi?

  • Adanya sekelompok orang yang melakukan kegiatan dalam perusahaan yang saling terikat.
  • Adanya tujuan yang diharapkan akan tercapai oleh perusahaan.
  • Adanya saling kerjasama untuk menjalankan suatu kegiatan dalam perusahaan

Pada prinsipnya administrasi dalam perusahaan apapun tak terkecuali perusahaan dagang, jasa, manufaktur wajib dijalankan dengan sebaik-baiknya. Lantas apa tujuan dari administrasi itu sendiri?

  • Untuk mengembangkan usaha yang berjalan karena dapat menjadi penggerak kegiatan dalam perusahaan.
  • Dapat menjadi bahan evaluasi bagi perusahaan untuk dapat mengukur kinerjanya.
  • Untuk menyusun program pengembangan usaha yang dilakukan.
  • Agar pemilik perusahaan dapat menunjukkan bukti-bukti kegaitan usaha yang dilakukan dalam perusahaannya.
  • Sebagai pertimbangan pemilik perusahaan untuk dapat mengambil keputusan baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek.
  • Sebagai monitoring perusahaan dalam mengontrol usaha yang dilakukan dalam perusahaan.

Contoh lainnnya adalah selain dengan pencatatan kegiatan operasional yang dilakukan, ada pentingnya juga jika perusahaan melakukan pencatatan keuangannya dengan baik. Kenapa? Kenapa pencatatan keuangan juga harus dicatat dengan baik?

  • Untuk mengetahui kondisi usaha sedang dalam keadaan yang untung ataupun rugi, dan dapat menjadi tolak ukur atau pembanding dengan periode-periode yang berlanjut kedepannya.
  • Menjadi warga negara yang baik dengan melaporkan hasil pajak usaha berdasarkan dengan kegiatan perusahaan yang dilakukan berdasarkan neraca atau laporan laba rugi.
  • Dapat menjadikan laporan keuangan sebagai dasar penentuan untuk kelayakan usaha yang dilakukan dan dapat dilihat usaha yang dilakukan ini sehat atau tidak.
  • Dan adanya pencatatan keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan dengan melihat perkembangan keuangan dari waktu ke waktu yang dapat digunakan untuk pengambilan investasi misalnya.

Pentingnya pencatan dalam suatu dunia usaha sebaiknya juga harus didukung oleh pengetahuan dari pemilik perusahaan. Jadi kesimpulannya adalah seberapa penting adminsitrasi bagi usaha anda? Jawabannya adalah sangat penting karena administrasi juga merupakan penggerak atau bisa dikatakan sebagai fungsi dari perusahaan untuk mengambil keputusan, mengevaluasi kegaitan usaha yang dilakukan bahkan dapat sampai mengetahui sehat atau tidaknya perusahaan yang sedang dijalankan, dan sekali lagi ditekankan bahwa administrasi dapat berjalan dengan baik jika adanya hubungan saling kerjasama dengan pihak-pihak yang terkait dan yang mempunyai wewenang tugas tanggung jawab yang dijalankan.

   For Further Information, Please Contact Us!