Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

HOW TO BE A PART OF CHANGE MANAGEMENT ?

21 April 2017
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Yuanita Agatha, S. Psi
HOW TO BE A PART OF CHANGE MANAGEMENT ?

Dewasa ini untuk mencapai tujuan yang lebih baik dalam perusahaan, karyawan dituntut pula untuk melakukan perubahan dalam organisasi, baik itu dalam skala yang besar ataupun kecil. Perubahan organisasi terbilang penting karena memiliki sasaran yang cukup berdampak bagi perkembangan oganisasi itu di masa yang akan datang, baik dari sisi efektivitas organisasi sebagai susatu system yang terbuka maupun sebagai bentuk pengembangan potensi para karyawan. Sebelum ambil bagian dalam perubahan ada tiga jenis perubahan yang penting untuk diketahui oleh karyawan:

  1. Perubahan rutin, yaitu perubahan yang memang sudah menjadi rencana dari organsiasi. Perubahan ini biasanya terjadi secara periodic, sehingga relative bisa diprediksi oleh karyawan.
  2. Pengembangan, yaitu perubahan yang biasanya dilakukan sebagai bentuk dari koreksi/ perbaikan dari system maupun prosedur yang sudah ada sebelumnya. Perubahan ini biasanya menimbulkan pro kontra dari karyawan, namun relative bisa diterima jika management menjelaskan alasan dari adanya perubahan ini.
  3. Inovasi, yaitu jenis perubahan yang menuntut pegawai untuk menciptakan pola kerja yang baru dan berdampak jangka panjang. Perubahan ini memang di design sebagai langkah untuk menuju kebutuhan organisasi di masa yang akan datang. Biasanya membutuhkan waktu lebih panjang untuk membuat karyawan bisa ambil bagian didalamnya.

Memang tidak semua orang mau menerima perubahan, hal ini karena mereka sudah terlanjur berada di zona nyaman. Lantas bagaimana sebaiknya karyawan menyikapi perubahan, bahkan bisa ikut menjadi bagian dalam perubahan ?

  1. Menikmati adanya perubahan, yakni menerima perubahan sebagai bagian dari perkembangan organisasi.
  2. Berani mengambil resiko, yakni berani untuk terlibat dan menerima resiko dari adanya perubahan.
  3. Ingin berperan pada perubahan dan masa yang akan datang, yakni tidak hanya berperan sebagai pengamat melainkan ikut berpartisipasi dalam perubahan.
  4. Memiliki banyak ide bagi perubahan dan lebih proaktif.
  5. Melakukan identifikasi mengenai kemungkinan konsekuensi dari perubahan, sehingga dapat mempersiapkan diri dengan lebih matang.

Setiap perubahan pasti akan menimbulkan reaksi tertentu dari karyawan yang terlibat didalam organisasi itu. Sikap yang ditampilkan tersebut akan mempengaruhi proses dari perubahan yang terjadi. Oleh karenanya sebagai bagian dari organisasi yang memiliki peranan dalam kemajuan organisasi akan lebih optimal bilamana bisa menyikapi perubahan dengan langkah yang lebih positif dan ikut ambil bagian didalamnya.

   For Further Information, Please Contact Us!