Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Adaptasi Lingkungan Kerja Baru

16 March 2017
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Diah Rachmawati, S. Psi
Adaptasi Lingkungan Kerja Baru

Apakah anda karyawan baru? Apa bingung bagaimana bersikap? Atau bagaimana cara anda membentuk chemistry dengan rekan kerja? Hal ini pastinya akan dirasakan oleh beberapa individu yang masuk dalam lingkungan kerja baru. Terkadang beberapa individu akan merasa kesulitan untuk berbaur kedalam lingkungan yang telah terbentuk sebelum individu tersebut masuk. Sehingga ketika didalam situasi tersebut, beberapa individu akan lebih banyak diam atau menutup diri. Namun, beberapa orang dapat dengan mudah berbaur dengan lingkungan yang baru dengan baik dan cepat.

Karyawan baru pastinya akan selalu ada dalam perusahaan pada tiap tahunnya, hal ini guna untuk mengembangkan organisasi menjadi lebih baik atau mengisi posisi yang kosong dan lain sebagainya. Setelah beberapa karyawan masuk dengan melalui proses rekrutmen seleksi yang panjang. Beberapa perusahaan akan menerapkan sistem orientasi, yakni proses penanaman dalam diri karyawan tentang sikap, standar, nilai-nilai, dan pola perilaku yang diharapkan oleh organisasi dan departemen. Dengan adanya orientasi ini dapat mempermudah karyawan baru dalam menjalin relasi dengan karyawan lama, serta dapat merasa menjadi bagian dari organisasi.

Keberhasilan masa orientasi ini akan mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam beradaptasi baik dari sisi tuntutan tugas maupun dalam lingkup personal dengan hubungan kerja dengan rekan. Oleh karena itu penting sekali dilakukan upaya-upaya tertentu agar dapat segera beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru, diantaranya:

    1.Cobalah untuk kenali lingkungan di sekitar anda

    Tentunya anda belum mengenali lingkungan disekitar. Mulailah untuk mengenali lingkungan seperti, sarana dan prasarana yang tersedia, hak dan kewajiban yang di dapatkan, budaya kerja dan budaya organisasi, serta memahami job desc di dalam organisasi.

    2.Cobalah untuk perkenalkan diri anda ke lingkungan sekitar

    Sebagai orang baru tentu anda dituntut untuk lebih proaktif dalam memperkenalkan diri. Bersikaplah terbuka untuk memperkenalkan diri ditengah lingkungan. Cobalah untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu.

    3.Cobalah untuk dapat lebih dekat dengan individu satu dengan individu lain

    Kenalkan diri tidak hanya pada kepada kelompok individu tertentu, melainkan pada seluruh anggota yang ada di lingkungan kerja. Hal ini akan membantu untuk lebih mengenal dan berkoordinasi hal-hal yang dibutuhkan didalam pekerjaan.

    4.Berbicaralah dan berperilaku sopan terhadap lingkungan sekitar anda

    Buatlah kesan positif di hadapan orang-orang disekitar dengan cara berbicara dan berperilaku secara sopan, misal berbicara dengan nada dan intonasi yang tepat serta mencerminkan ketertarikan untuk berkomunikasi. Boleh saja menganggap rekan-rekan sebagai teman, namun ketika bekerja cobalah untuk berbicara dengan santun dan tetap menjunjung professionalitas dalam bekerja.

    5.Buanglah cara penyesuaian di tempat kerja yang lama anda

    Sangat diperbolehkan untuk mengaplikasikan ilmu yang dimiliki sebelumnya, namun tidak semuanya dapat di aplikasikan di perusahaan yang baru. Maka, silahkan kenali terlebih dahulu pola/ alur kerja yang ada, sehingga lebih tepat dalam mengaplikasikannya.

Sebagai “pendatang” baru diperusahaan akan penting sekali untuk lebih aktif dalam mengenal lingkungan kerja yang baru. Hal ini tidak hanya tertuju pada kemampuan teknis atau kemampuan dalam menangani tuntutan tugas, namun juga lingkungan kerja yang nyaman sehingga hubungan didalam perusahaan akan berjalan baik dan dapat bekerjasama antar satu individu dengan lainnya.

   For Further Information, Please Contact Us!