Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Shaping Sustainable Future In Your Business

23 January 2017
Category: MANAGEMENT SYSTEM
Penulis:         Evelyn Sharlica, S.Ak.
Shaping Sustainable Future In Your Business

Di era sekarang ini banyak perusahaan yang bersaing demi keunggulan dan keuntungan yang ingin diraih oleh perusahaannya. Ketika sudah mencapai keunggulan dan keuntungan yang diraih, perusahaan akan mulai ingin mempertahankan perusahaannya, mempertahankan bisnis berkelanjutan atau dalam jangka yang panjang memang bukan hal yang mudah, apalagi banyaknya perusahaan atau pesaing baru yang sering kali membuat pihak manajemen perusahaan harus dipaksa untuk mengembangkan bakat dan idenya untuk dapat membuat perusahaan tetap bertahan. Pertama kita harus mengetahui terlebih dahulu apa si bisnis yang berkelanjutan itu? Definisi dari bisnis yang berkelanjutan itu sendiri adalah kemampuan perusahaan untuk dapat meningkatkan nilai jangka panjangnya bagi pemegang saham.

Dalam mempertahankan perusahaan, biasanya konsumen menilai bahwa usia tua perusahaan merupakan bukti kematangan perusahaan jadi sering kali perusahaan yang berusia tua mendapat apresiasi khususdari konsumen, mungkin karena perusahaan yang sudah berusia matang biasanya sudah berhasil menyajikan barang maupun jasanya dan berhasil mendapat tempat khusus di konsumen. Dalam mempertahankan perusahaan banyak juga tuntutan-tuntutan pasar yang dipicu oleh perkembangan yang terjadi sekarang. Bagaimanapun perlunya pembentukan perusahaan yang berkelanjutan bagi bisnis anda adalah salah satu hal yang utama dalam meraih kesuksesan, lantas bagaimana cara yang tepat untuk membentuk perusahaan yang berkelanjutan? Mari kita mulai dengan hal yang sederhana.

    1.Buatlah rencana strategi yang matang untuk masa depan perusahaan.

    ·Pentingnya pembuatan rencana dan persiapan yang matang, perencanaan dibuat untuk menggapai tujuan yang diharapkan oleh pihak manajemen dalam perusahaan. Perencanaan yang dibuat seharusnya mampu menjadi wadah bagi perusahaan untuk dapat mengembangkan usahanya ke depan.

    2.Berpikirlah bahwa perusahaan akan menjadi besar jika perusahaan mampu untuk berkembang dan jangan takut untuk berkembang.

    ·Dengan berpikir bahwa perusahaan menjadi besar jika perusahaan mampu untuk berkembang adalah hal yang paling sederhana yang dapat dilakukan, karena jika perusahaan tidak berpikir untuk dapat berkembang maka perusahaan akan susah untuk mempertahankan kesuksesan dari perusahaan itu sendiri

    3.Lakukanlah analisa terhadap pasar yang diterjuni oleh perusahaan.

    ·Analisa terhadap keadaan pasar yang diterjuni oleh perusahaan adalah salah satu langkah yang dapat mendukung perkembangan perusahaan, perlunya analisa pasar karena meskipun pasar dapat diciptakan tetapi dengan keadaan persaingan yang cukup ketat seperti sekarang ini lebih bijaksana jika dilakukan analisa pasar terlebih dahulu untuk dapat melihat pasar tersebut memang menguntungkan, dan selalu ikuti perkembangan apsar yang terjadi dengan mengikuti perkembangan pasar maka secara tidak langsung dapat menguasai pasar dengan lebih baik

    4.Wajib senantiasa untuk melakukan perbaikan dan pengembangan serta sadar akan ketidaktahuan yang dimiliki perusahaan.

    ·Keberhasilan dalam sebuah perusahaan juga ditentukan sejauh mana perusahaan tersebut sadar akan keahlian yang dimilikinya, semakin perusahaan sadar akan keahlian yang dimilikinya maka akan semakin mudah untuk perusahaan dapat meraih keunggulan yang diharapkan

    5.Selalu memperluas koneksi serta mempertahankan koneksi yang ada

    ·Perusahaan baik kecil ataupun besar pasti membutuhkan koneksi yang tentunya semakin luas dan luas, meskipun perusahaan tersebut sudah berdiri sejak lama tetapi koneksi baru tetap diperlukan untuk menjamin kehidupan dari perusahaan itu sendiri. Ketika sudah berhasil mendapatkan koneksi yang baru, tetaplah dijaga agar koneksi tidak terputus karena jika koneksi tidak terpelihara dengan baik maka kehidupan perusahaan pun akan diragukan.

Kemudian dari hal-hal tersebut, wajib kita lihat visi dan misi dari perusahaan. Kenapa begitu? Karena dari kedua hal tersebut, dari visi dan misi tersebut dapat terlihat apa motif dari pendirian perusahaan tersebut. Hampir setiap perusahaan menempatkan profit sebagai misi utama, hal tersebut memang tidak salah namun seringkali perusahaan yang sangat beroritentasi pada profit tidak berumur panjang, karena yang dipikirkan hanyalah bagaimana mendapat profit tetapi tidak memikirkan bagaimana caranya untuk mempertahankan keberhasilan tersebut, sebaliknya perusahaan yang menempatkan pengembangan untuk dapat menghasilkan yang terbaik sebagai posisi yang utama dapat mempertahankan keberlangsungan perusahaannya dan secara tidak langsung mendapatkan profit juga. Jika hanya berorientasi pada keuntungan atau profit saja yang diharapkan dari berdirinya perusahaan keuntungan memang dapat diperoleh secara langsung tetapi tidak bertahan lama, dengan kata lain jika konsumen melakukan pembelian terhadap barang atau jasa suatu perusahaan yang hanya berorientasi pada keuntungan kemungkinan pembeli akan melakukan pembelian berulang akan kecil, karena biasanya perusahaan yang seperti itu tidak seberapa mementingkan kualitas yang dihasilkan.

Banyak orang yang mengatakan lebih sulit untuk mempertahankan kesuksesan daripada meraihnya, namun biasaya setiap perusahaan mempunyai manajemen yang sudah mempunyai rencana atau strategi tersendiri untuk tetap mempertahankan kesuksesannya. Jadi kesimpulannya setiap perusahaan pasti menginginkan bahwa perusahaannya dapat meraih kesuksesan dalam jangka yang panjang untuk itu setiap perusahaan hendaknya membentuk terlebih dahulu dari awal untuk perusahaan yang dapat bertahan ke dalam jangka yang panjang.

   For Further Information, Please Contact Us!