Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Let's Do Product And Service With Technology Base

22 November 2016
Category: MANAGEMENT SYSTEM
Penulis:         Natania Ongkowidjojo, S.E.
Let's Do Product And Service With Technology Base

Konsep technology-push menyarankan “kita harus berani menjual apa yang bisa buat, sehingga mendorong terciptanya produk baru”. Peran teknologi di sini adalah sebagai alat untuk pengambilan keputusan yang lebih efektif sehingga produk baru tercipta dengan cepat. Untuk mencapai keefektifan tersebut, perlu dipahami bahwa teknologi merupakan jantung bisnis perusahaan, disebut jantung bisnis perusahaan karena teknologi adalah cermin dari keseluruhan proses bisnis perusahaan secara transparan. Untuk menilai seberapa transparannya teknologi itu, maka bisa dinilai dari seberapa besar kemampuan software menyerap informasi dalam proses bisnis yang ada, bukan dilihat dari hadrware, jaringan, maupun infrastrukturnya.

Teknologi melibatkan seluruh komponen perusahaan, layaknya darah yang menggerakkan organ tubuh manusia, maka teknologi adalah penggerak komponen perusahaan dengan tujuan menggerakkan jalannya strategi. Salah satu contoh teknologi berperan sebagai penggerak jalannya strategi dalam perusahaa dalah pertan teknologi dalam membuat organisasi virtual. Organisasi virtual adalah wadah untuk mengunci pelanggan dan pemasok (loocking-in customers and suppliers), dengan adanya hubungan yang kuat antara pelanggan dan pemasok maka peluang masuknya pesaing sangat kecil. Contohnya adalah Bank BCA yang membangun sistem biaya perpindahan (switching cost) yang bekerja sama dengan PLN maupun Telkom.

Teknologi berperan juga dalam penentuan daya saing perusahaan untuk meningkatkan kinerja bisnis di masa yang akan datang. Teknologi digunakan oleh konsultan untuk penilaian dan meningkatkan Knowledge Management Capability dalam Organisasi, di mana Knowledge Management Capability dapat memberikan manfaat kompetitif serta meningkatkan kinerja organisasi. Oleh sebab itu teknologi dapat mempengaruhi kinerja perusahaan melalui Knowledge Management Capability. Contohnya Wal-Mart dengan kemudahan nya dalam bertransaksi sehingga menciptakan pelanggan dan pemasok menjadi bergantung pada perusahaan, akibatnya timbul rasa segan dari mereka. Rasa segan tersebut membuat para pemasok dan pelanggan tidak lerlalu perhitungan terhadapbiaya dan waktu jika terjadi masalah dalam wallmart.

Teknologi dalam industri seni berperan ketika teknologi mampu menggabungkan seni dan ilmu pengetahuan sehingga mempermudah arsitek maupun designer dalam menciptakan karya tidak dimensi, atau konsep ini juga dikenal dengan konsep Desain moduler. Konsep desain moduler dijalankan dengan bantuan perangkat teknologi bernama Computer-Aided Design (CAD), fungsi CAD adalah untuk mengembangkan dan mendokumentasikan produk. Di samping CAD, maka dalam dunia manufaktur juga dikenal Computer-Aided Manufacturing (CAM). CAM berperan dalam mengendalikan mesin. Dengan penggunaan CAD dan CAM maka biaya produksi dapat diminimalkan, kualitas produk ditingkatkan, waktu desain dipersingkat, dan filing data menjadi lengkap.

Dalam hal pelestarian lingkungan, Teknologi juga berperan dalam pencegahan pencemaran lingkungan, Konsep yang digunakan oleh teknologi adalah konsep Produksi Bersih (cleaner production) di mana teknologi bisa meminimalkan terbentuknya limbah, sehingga dapat melindungi kelestarian lingkungan hidup, hal ini bisa dilakukan dengan cara mengaplikasikan teknologi akrab lingkungan.

Tren teknologi dalam bisnis jasa adalah adanya konsep self service. Self service dapat mengurangi biaya tenaga kerja, meningkatkan keakuratan, kenyamanan dan kecepatan. Contohnya adalah aplikasi ATM dan online banking pada perbankan, vending machine dan order secara online pada restaurant, tutorial pada komputer dan distance learning pada dunia pendidikan. Berikut adalah beberapa cara peran teknologi dalam bidang jasa:

    -technology-assisted service encounter, hanya produsen yang memiliki akses ke teknologi. Contoh: jasa check in di bandara atau hotel, dimana hanya petugas yang memakai peralatan komputer.

    -Technology-facilitated service encounterkonsumen dan produsen mempunyai akses dan berinteraksi ke teknologi. Contoh:konsultasi untuk penyusunan rencana keuangan menggunakan komputer secara bersama.

    -technology-mediated service encounter. Konsumen dan produsen tidak bertemu maupun bertatap muka. Contoh: call center, sistem GPS pada kendaraan.

    -technology-generated service encounter, prodsen digantikan oleh peralatan berteknologi.Contoh ATM, checkout scanning, airport kiosk dan website penyedia informasi.

E-commerce adalah penggunaan teknologi untuk menjual barang dan jasa (e-bussiness). Contoh : Amazon.com, Yahoo dan America Online. Perusahaan tersebut memperkerjakan orang-orang yang sangat update pada media sosial untuk mengelola account dari brand mereka. Perusahaan konsultan Indopacific Edelman melakukan survei dan mendapatkan hasil bahwa blog merupakan sumber informasi yang bisa dipercaya setelah Koran, web berita, dan televisi. Profesi ini disebut whiz, sedangkan orang-orang yang bekerja di dalamnya disebut dengan whizer. Ada tiga jenis whizer yaitu:

    -Whizer merupakan narasumber blog yang khusus direkrut oleh perusahaan untuk mengelola brand perusahaan tersebut.Gajinya bisa mencapai ratusan juta rupiah per bulan.

    -Whizer merupkan karyawan perusahaan yang memiliki hobimenulis blog, sehingga perusahaan menjadikan karyawan tersebut sebagai whizer.

    -Whizer freelance, di mana tidak ada ikatan dengan perusahaan.

Cara kerja Whizer adalah secara rutin (biasanya setiap minggu), para whizer melakukan diskusi dengan perusahaan untuk membaha apa saya yang orang biacarakan terkait produk mereka dan bagaimana cara menjawab nya agar tercipta citra positif terhadap brand tersebut. Menurut seorang konsultan kehumasan Radityo Djajuri, prospek bisnis ini akan semakin bagus ke depannya karena didukung kemudahan akses internet melalui ponsel dan tarif yang murah. Bahkan akses gratis melalui hotspot dan Wi-Fi.

Dunia periklanan juga mulai berganti konsep dari surat kabar ke iklan online, dengan fitur web yang menarik maka iklan online menjadi pilihan perusahaan karenalebih murah dan lebih cepat. Sama halnya dengan bisnis online di mana lebih ekonomis baik dari segi waktu dan modal. Para penjual dan pembeli tidak perlu menunggu lama untuk melakukan transaksi karena bisa diakses melaui jaringan internet. Pada prinsipnya peran teknologi dalam pemasaran adalah sebagai alat untuk mempermudah proses pemasaran itu sendiri.

Teknologi menciptakan banyak peluang baru bagi masyarakat, contohnya masyaratkan bisa memasang iklan properti melalui mediaAirbnb, daripada properti tersebut tidak digunakan dan memakan biaya sewa terus menerus. Sepeda motor maupun mobil yang digunakan untuk pulang pergi kantor, kini bisa digunakan untuk mengikuti usahaGo-Jek atau Uber. Berikut adalah ilustasi yang menggambarkan titik teknologi memiliki peluang yang sangat besar :

Pemerintah juga sangat mendukung perkembangan teknologi, di mana dalam konsep Good Governance mewajibkan adanya kesetaraan peran antara pemerintah, masyarakat dan swasta, sehingga pemerintahpun juga harus menguasai dan mengembangkan teknologi informasi yang populer sekarang dengan sebutan E-Goverment. Namun di samping banyaknya hal positif terkait penggunaan teknologi, ternyata teknologi juga memberikan dampak negatif yaitu yang pertama adalah adanya kesenjangan sosial karena perbedaan penggunaan teknologi yaitu rendah atau tinggi. Dampak negatif yang kedua adalah dalam bidang sosial dan teknologi dimana teknomogi menjadi salah satu faktir terjadinya revolusi industri. Oleh karena itu penggunaan teknologi memang memberikan banyak manfaat bagi penggunanya, namun sebagai user kita harus cerdas dalam memilih penggunaan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan kita.


   For Further Information, Please Contact Us!