Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Knowing Yours, Knowing Others

26 September 2016
Category: HUMAN RESOURCE
Penulis:         Deacy Anindya Putri, S. Psi
Knowing Yours, Knowing Others

Salah satu peran manusia adalah hidup sebagai makhluk sosial. Artinya, kita hidup tidak hanya sendiri, namun bersosialisasi dengan orang lain dan saling membutuhkan satu sama lain. Begitu pula di dalam sebuah perusahaan. Sesama rekan kerja pasti akan membutuhkan bantuan untuk melakukan suatu pekerjaan. Namun apa jadinya jika cara penyampainnya kurang berkenan bagi rekan Anda? Sudah ada beberapa kasus, sering terjadinya kesalahpahaman antar rekan kerja. Hal ini dapat dikarenakan mereka tidak saling mengenal satu dengan lainnya, sehingga komunikasi tidak terjalin dengan apik.

Mempertimbangkan hal di atas, ada baiknya kita lebih mengenal tidak hanya diri sendiri tetapi juga kepribadian rekan kerja kita. Ini karena karena setiap individu adalah unik dan memiliki kepribadian yang berbeda-beda.

Mengenal kepribadian akan mempermudah kita dalam bekerja sama di dalam sebuah tim kerja. Berikut ini panduan untuk mengenali tipe kepribadian manusia, yaitu: Sanguine, Melancholic, Choleric dan Phlegmatic :

1.Sanguine

Tipe ini merupakan sosok seseorang yang suka berbicara, percaya diri, proaktif, memiliki ras humor yang tinggi, periang dan penuh semangat. Terkadang dengan tipenya yang demikian, arah pembicaraan suka melebar, sehingga kita yang menjadi lawan bicaranya perlu mengarahkan pembicaraan ke topik semula. Namun dari beberapa sifat positifnya, sisi lain dari kepribadian ini adalah dia mudah sekali bosan dan pelupa.

2.Melancholic

Berkebalikan dengan tipe sanguine, kepribadian yang satu ini lebih introvert. Merupakan sosok orang yang tekun, analitis, ketika berbicara ia lebih rasional dan tipe ini adalah tipe orang yang mau berkorban untuk rekannya. Di sisi lain, tipe ini sedikit agak kaku, kurang spontan dan perfectionist, sehingga kita harus mampu meyakinkan tipe ini bahwa kita telah bekerja dengan baik dan benar.

3.Choleric

Seorang yang memiliki tipe kepribadian yang satu ini, merupakan orang yang ekstrovert dan lebih dominan dibandingkan dengan yang lainnya. Dengan demikian, tipe ini cocok menjdai seorang pemimpin, karena ia merupakan sosok yang dinamis serta aktif, berkemauan kuat, tegas dan tentu saja percaya diri. Namun dengan egonya yang cukup tinggi, jangan sampai Anda memojokkan atau menyalahkannya di depan orang banyak, hal ini akan membuatnya sangat malu dan down. Sisi negatifnya dari kepribadian ini adalah sosok orang yang angkuh dan sulit untuk mengakui kesalahannya.

4.Phlegmatic

Sama halnya dengan Melancholic, orang dengan kepribadian ini merupakan sosok yangintrovert. Phlegmatic lebih mengarah ke sosok yang rendah hati, santai, tenang dan sabar. Jika Anda ingin mencurahkan unek-unek terkait dengan pekerjaan atau kehidupan sehari-hari, sosok ini merupakan pendengar yang baik. Tetapi di sisi lain, tipe ini lebih sering menghindari konflik dan kurang menyukai perubahan.

Memahami 4 tipe kepribadian tersebut paling tidak akan membantu kita untuk memberikan cara yang tepat dalam menghadapi kebiasaan, sikap dan harapan yang berbeda antara diri kita dan orang lain. Pada akhirnya kita bisa lebih meningkatkan rasa empati dan bisa berdampingan secara harmonis dalam menjalankan peran dalam tim kerja kita.

   For Further Information, Please Contact Us!