Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Keterkaitan Antara Seorang Sekretaris Dengan Seni Kreativitas

27 June 2016
Category: SECRETARY
Penulis:         Ika Kusella Ria Rosyhda
Keterkaitan Antara Seorang Sekretaris Dengan Seni Kreativitas

Dalam suatu organisasi atau perusahaan, pimpinan perusahaan pada umumnya dibantu oleh sekretaris. Sekretaris membantu pimpinannya salah satunya melalui kegiatan tata usaha. Seorang sekretaris yang profesional mempunyai syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi dengan baik, jika tidak pelaksanaan tugas dan fungsi kesekretarisannya akan berjalan dengan kurang baik. Secara umum, syarat untuk menjadi seorang sekretaris harus mempunyai minat untuk melaksanakan tugas kesekretarisan dan keahlian (skill) dibidang kesekretarisan.Dengan demikian, peranan sekretaris terhadap kelancaran pelaksanaan tugas dan tanggung jawab pimpinan sangat besar sehingga jabatan seorang sekretaris merupakan jabatan yang menuntut profesional yang tinggi. Jadi, kemampuan pribadi seorang sekretaris dan kemampuan melaksanakan tugas sehari-hari menjadi bagian penting yang tidak dapat dipisahkan pada tugas seorang sekretaris.

Pekerjaan sekretaris tidak dapat dianggap remeh dan mudah, karena membutuhkan keahlian dan keterampilan khusus sehingga perlu memperluas pengetahuan,pengalaman yang memadai,dan keterampilan dalam melaksanakan tugas kantor. Jika dalam setiap melaksanakan tugas kesekretariatan, sekretaris tidak memiliki jiwa seni ketrampilan yang kreatif maka dapat menghambat pekerjaannya. Maka akan memberikan efek hasil yang kurang bagus dan maksimal, misalkan dari segi look jika sekretaris tidak memiliki jiwa seni kreatifitas yang tinggi maka hasil pekerjaannya menjadi kurang ”eye catching”.

Seni dalam bahasa Inggris berarti ”Art”. Memiliki suatu asumsi bahwa seni adalah suatu ilmu. Seni termasuk dalam hasil tingkah laku manusia yang secara tidak sengaja menghasilkan sesuatu yang dapat memiliki nilai. Seni di dalamnya mengandung unsur keindahan. Pemahaman seni adalah yang merupakan ekspresi pribadi dan seni adalah ekspresi keindahan yang memiliki maksud dan arti yang berbeda.

Yang menjadi keterkaitan antara sekretaris dan seni adalah seni ketrampilan. Dilihat dari namanya, kita dapat mengetahui bahwa ketrampilan itu adalah buah karya seseorang untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat dan menarik. Sebagai contoh dalam seni ketrampilan yaitu surat menyurat, membuat company profile, atau membuat slide powerpoint yang biasa dan polos tidak menarik kemudian disulap menjadi karya yang berguna sehingga menarik perhatian. Dalam membuat ketrampilan, membutuhkan daya kreativitas dari seseorang yang cukup besar guna menghasilkan karya yang baik dan memuaskan pimpinan maupun klien perusahaan.

Kreativitas berasal dari bahasa Inggris ”create”. Memiliki suatu definisi menciptakan, menimbulkan, membuat. Kreatifitas dimiliki oleh orang yang memiliki daya pikir luas dan memiliki wawasan global, serta selalu ingin maju. Misalkan dalam kondisi dan situasi apapun, seseorang yang memiliki daya kreatifitas tinggi akan selalu cepat tanggap dengan suasana dilingkungan sekitarnya. Bahkan dalam keadaan darurat dapat dengan cepat mengantisipasi situasi seperti itu untuk menemukan suatu pemecahan masalah yang tepat. Kreatifitas juga dapat diartikan penemuan suatu hal baru atau terobosan baru yang sebelumnya belum dimiliki oleh siapapun, serta memiliki manfaat yang dapat dirasakan.

Dari pengetahuan mengenai seni dan kreativitas tersebut bahwa kedua komponen ini tidak dapat terpisahkan satu sama lain, komponen ini saling berkaitan erat. Seni yang termasuk suatu hasil tingkah laku manusia yang secara tidak sengaja menghasilkan sesuatu yang dapat bernilai akan lebih bermakna apabila didukung dengan daya kreativitas seseorang yang tinggi sehingga pada akhirnya akan menghasilkan hasil karya yang memiliki tingkat yang sangat tinggi dan memuaskan.

Pada dasarnya setiap orang memiliki rasa kepekaan yang sama terhadap keindahan. Demikian juga bagi seorang sekretaris. Yang membedakan hanyalah kadar kepekaannya, apabila kadar kepekaan terhadap rasa keindahan lebih tinggi, maka seseorang sekeretaris dapat memberikan tanggapan yang lebih dari yang lain. Kepekaan rasa terhadap keindahan bisa dilatih oleh seorang sekretaris dengan melalui kepekaan rasa yang dimiliki.

Sumber : http://www.kompasiana.com/umisalamah/keterkaitan-antara-seni-kreativitas-dan-estetika_55003ea4a33311376f5106f2

http://destinafull-admperkantoran.blogspot.co.id/2011/09/adm.html

   For Further Information, Please Contact Us!