Articles

Read the articles about accounting,internal audit, tax, human resource,information and technology

Pentingnya Integritas, Loyalitas, Dan Kejujuran Untuk Sekretaris

29 January 2016
Category: SECRETARY
Penulis:         Elyzha Restri
Pentingnya Integritas, Loyalitas, Dan Kejujuran  Untuk Sekretaris

Berpenampilan cantik, modis, dan elegan. Itulah penilaian banyak orang terhadap seorang sekretaris. Namun saat ini hal itu bukan lagi menjadi ciri dari seorang sekretaris yang professional. Karena seorang sekretaris dapat dikatakan sebagai sekretaris yang profesional jika dia bisa membawakan dirinya untuk tampil menarik dihadapan pimpinannya dengan keahlian yang dimilikinya. Dengan keahlian yang dimiliki pimpinan bisa memberikan kepercayaan atas rahasia dan hal penting dari perusahaan yang dia pimpin pada sekretarisnya. Sehingga ketika pimpinan mendapat kendala, maka sekretaris dapat memberikan pendapatnya untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut, juga ketika pimpinan tidak dapat hadir dalam suatu pertemuan maka sekretaris dapat menggantikannya.

Memiliki integritas yang tinggi menjadi hal yang penting bagi seorang sekretaris, karena diharapkan sekretaris dapat mempunyai prinsip yang kuat untuk dapat bertahan dalam situasi yang tidak menentu dalam perusahaan. Seringkali terjadi permasalah di dalam suatu perusahaan dan membuat seseorang harus bisa memilih mana yang benar dan mana yang salah, disituasi itu lah seorang sekretaris harus bisa konsisten atas tindakan yang harus dilakukan dengan nilai dan prinsip yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Perkembangan suatu perusahaan juga harus didukung dengan kesetiaan dari para karyawannya. Dalam hal ini loyalitas dari sekretaris juga menjadi aspek yang penting dalam penilaian pimpinan. Dengan sering terjadinyaturn overpegawai dalam suatu perusahaan, maka tingkat loyalitas sering ditanyakan. Tentu saja dengan adanya hal tersebut loyalitas sekretaris sangat dibutuhkan, dengan pembuktiaan loyalitas yang tinggi dari seorang sekretaris terhadap perusahaan atau pemimpinya maka dapat disimpulkan sekretaris tersebut telah menjalankan otoritas yang memang harus dipatuhi. Dan pimpinan akan lebih mempercayai sekretarisnya, karena pekerjaan sekretaris sangat berkaitan dengan kerahasiaan informasi perusahaan ataupun pribadi pimpinan.

Selain loyalitas seorang sekretaris harus memililki sifat jujur. Karena loyalitas terhadap pekerjaan harus diikuti dengan kejujuran. Kejujuran menjadi hal yang mendasar karena tanggung jawab dari seorang sekretaris sangat tinggi. Selain itu jugauntuk membina hubungan yang baik, karena menunjukan moral yang dimiliki dari seseorang. Ketika sekretaris jujur maka hal ini berdampak juga pada kepercayaan yang akan diberikan oleh pimpinan pada sekretarisnya. Dalam suatu perusahaan tentu banyak hal yang mungkin dirahasiakan dari staff yang bekerja didalamnya. Namun adakalanya seorang pimpinan harus memberikan kepercayaan atas rahasia tersebut pada seseorang, sehingga diharapkan orang tersebut dapat membantu memberikan pendapat untuk memecahkan permasalahan tersebut. Jika yang diberikan kerpercayaan tersebut adalah sekretaris maka dia harus bisa menjaga rahasia tersebut dengan baik, bukan hanya rahasia terkait dengan pekerjaan namun juga bisa jadi rahasia yang bersangkutan langsung dengan kehidupan pribadi dari pimpinannya.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Integritas, loyalitas, dan kejujuran merupakan aspek penting yang harus dimiliki dari sosok sekretaris. Dengan menguasai ke tiga aspek tersebut, maka kinerja dari sekretaris untuk dapat mencapai sekretaris yang dapat dipercaya dalam menyimpan rahasia perusahaan dan dapat diandalkan oleh pimpinan dapat mudah untuk dicapai.

   For Further Information, Please Contact Us!